SMA AL-HIKMAH BATU BOARDING SCHOOL DONASIKAN HASIL BERKEBUN UNTUK LOMBOK

SMA AL-HIKMAH BATU BOARDING SCHOOL DONASIKAN HASIL BERKEBUN UNTUK LOMBOK

19 September 2018

Gempa bumi yang terus-menerus terjadi di Lombok menggugah semamangat kemanusian seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu meringankan beban korban Lombok. Tak terkecuali Siswa SMA Al-Hikmah Batu Boarding School.

Uniknya, para siswa memberikan bantuan untuk korban Lombok melalui hasil penjualan sawi yang  mereka tanam sendiri. “Ketika awal masa ospek, kami dan ustadz-ustadz berinisiatif ingin membuat kebun, awalnya hanya untuk makan-makan bersama” cerita Akmal Sajid Taqiyudin, siswa Siswa SMA Al-Hikmah Batu Boarding School asal Surabaya. “Kemudian kami kepikiran agar hasil penjualan digunakan untuk membantu sesama, akhirnya disumbangkan ke Lombok” lanjut Sajid.

Setiap hari siswa SMA Al-Hikmah Batu Boarding School harus bangun pukul 03.30 pagi untuk menjalankan salat tahajud, kemudian salat subuh dan dzikir pagi. Pembelajaran di kelas dilakukan sampai pukul 14.30 sore, kemudian malam masih belajar mandiri. Ditengah kesibukan yang mereka jalani, mereka masih menyempatkan menanam dan merawat sawi. Dinataranya adalah dengan menyirami dan memberi pupuk.

Hasil panen mereka jual kepada orang tua siswa yang datang berkunjung ke sekolah. Karena SMA Al-Hikmah Batu Boarding School menerapkan sistem Boarding jadi anak-ank tidak pulang setiap hari. Apalagi ketika masa ospek selama dua bulan orangtua tidak boleh menjenguk atau datang ke sekolah. Hal ini bertujuan untuk melatih kemandirian siswa.

Momen orangtua berkunjung ke sekolah inilah yang mereka manfaatkan untuk menjual hasil berkebun mereka. Sistem penjualannya juga menarik, orangtua bebas mengambil berapapun dan bebas membayar berapapun. Hasil penjualan sawi memperoleh dana sebesar Rp. 5.300.000 yang semuanya akan disumbangkan untuk korban Lombok melalui YDSF.

“Terima kasih banyak atas kehadiran YDSF dalam rangka menyalurkan infaq dan sedekah anak-anak untuk saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di Lombok. Disini anak-anak berusaha membuat program yang produktif dan edukatif untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap sesama. Yaitu dengan menanam sawi yang hasilnya akan disumbangkan ke Lombok” tutur Ustadz Eko Ariyanto selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMA Al-Hikmah Batu Boarding School. “Mungkin secara jumlah tidak seberapa, tapi ini adalah bentuk empati dan kepedulian anak-anak kita dalam rangka membantu saudara sebangsa dan setanah air” pungkasnya. (Habibi)

Tags:

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: