UPDATE NEWS

...

Friday, 26 October 2018 10:00

Lembaga Kursus Al-Qur’an Al-Falah Surabaya Donasikan Dana Tanggap Bencana Senilai 230 Juta

Forum Komunikasi Santri (FOKUS) Lembaga Kursus Al-Qur’an Al-Falah Surabaya menyerahkan donasi tanggap bencana gempabumi dan tsunami Palu—Donggala senilai RP. 231.885.300,- kepada YDSF Surabaya.

Prosesi penyerahan donasi dilaksanakan pada Rabu (24/10) mulai pukul 13.00 WIB di ruang Darussalam Masjid Al-Falah Surabaya. Prosesi penyerahan dihadiri oleh Kepala Lembaga Kursus Al-Qur’an Al-Falah; Drs. H. M. Ibnu Mundzir, Ketua Dewan Pembina FOKUS; Hj. Mumayyizah S. Ag. M. Pd., Ketua FOKUS Bapak Soewarno, dan anggota Fokus yang lainnya.

Dalam sambutannya Drs. H. M. Ibnu Mundzir mengatakan bahwa umat muslim hendaknya senantiasa tolong-menolong. “...Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran... (QS. Al-Maidah: 2). Beliau juga meningatkan  jangan lupa ber-fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan).

Dana Tanggap bencana ini dikumpulkan selama 4—20 oktober 2018. Proses penggalangan dilakukan dengan cara memberi surat kepada santri kemudian dikumpulkan ke pengurus FOKUS, dengan minimal donasi seribu rupiah. Mengapa seribu?  Harapannya seribu rupiah bisa dibelikan satu nasi bungkus. “Kalau disini kita bisa makan, minimal kita bisa memberi sebungkus makanan untuk saudara kita” harap Ustadzah Mumayyizah.

Ternyata kalimat seribu rupiah ini menggugah para santri untuk berbagi. Donasi yang diberikan pun bervariasi; ada yang membawa tabungan uang koin senilai RP. 700.000, ada yang berdonasi  5 Juta yang senilai dengan satu unit Huntara, dan yang terbesar sampai  15 Juta.

Bukan kali ini saja FOKUS terlibat dalam kegiatan sosial bersama YDSF Surabaya. Hampir seluruh penjuru jawa timur sudah pernah diadakan baksos. Mulai dari Sampang, Sumenep, Bangkalan, Ponorogo, Bojonegoro, Jember, Lumajang, sampai Probolinggo. 

Tahun 2015, FOKUS mengadakan kegiatan khitanan massal di Surabaya dan pembagian seribu sembako, dengan satu paket sembako senilai Rp. 150.000,-

FOKUS mempunyai motto “Ilmu yang amaliah dan amal yang ilmiah”. Artinya ilmu yang mereka terima dari Lembaga Kursus Al-Qur’an Al-Falah bisa diamalkan, dan amal yang mereka lakukan berdasarkan ilmu yang benar.

Anggota FOKUS merupakan santri dan alumni Lembaga Kursus Al-Qur’an Al-Falah Surabaya yang rela menyisihkan waktunya untuk mengurusi kegiatan umat. FOKUS bergerak dibidang dakwah, dengan mengadakan  kajian bulanan.  Kegitan silaturahmi antar anggota dan kegiatan sosial lainnya.

Program Tanggap Bencana ini merupakan wadah bagi santri Lembaga Kursus Al-Qur’an Al-Falah untuk menyalurkan semangat berinfaq, mengambil bagian untuk bersedekah dan berbagi dengan saudara sesama muslim. (Habibi)

Share: