UPDATE NEWS

...

Monday, 1 October 2018 12:00

YDSF Respon GEMPA dan TSUNAMI PALU - DONGGALA SULTENG

Belum pulih luka Ibu Pertiwi setelah tercekam suasana gempa Lombok. Tak lama (28/09) 17.02 WIB, gempa kembali menggoncang disertai dengan tsunami di Kota Palu, Donggala, dan sekitarnya.

Menurut BMKG, berdasarkan analisis peta guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Donggala, Palu, dan Poso. Info dari masyarakat di lapangan, telah pula terjadi tsunami pada sejumlah titik di Donggala.


Dahsyatnya gempa tak hanya meratakan Kota Palu dan sekitarnya, namun juga membuat terputusnya sarana komunikasi. Hal ini pun berdampak pada proses pendataan jumlah korban. Saat itu (28/09), tercatat 1 orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka, dan sejumlah rumah serta bangunan rusak.

Hingga saat ini proses evakuasi masih terus dilakukan oleh sejumlah petugas dan relawan. Pendataan dan penanganan darurat pun masih sedang dilakukan. Beberapa gempa susulan sampai malam ini masih sering berlangsung.

 



YDSF melalui Unit Aksi Cepat merespon musibah tersebut. Kami telah bersiap menurunkan tim ke lokasi bencana dan mengajak seluruh masyarakat untuk turut memberikan kepedulian terbaik.

Senin (01/10), alhamdulillah tim UAC YDSF bersama rombongan, telah tiba pada Lokasi Bencana Gempa dan Tsunami di Palu. Adapun hal yang dilakukan tim UAC yakni pemetaan kondisi di lapangan.



UPDATE SITUASI TERKINI DI KOTA PALU (01/10):

  • 1. Saat ini korban jiwa telah mencapai 1193 orang.
  • 2. Suasana malam seperti kota mati. Listrik dan sinyal susah.
  • 3. Penjarahan di mana-mana. Toko-toko dan warung rata-rata tutup. Bensin langka. Air susah, banyak yang memanfaatkan situasi hingga ada yang jual air 100 ribu rupiah pergalon.
  • 4. Bandara tutup. Ada penerbangan hercules tapi antri, prioritas untuk tenaga medis.
  • 5. Untuk yang mau menyalurkan bantuan, pastikan gak membebani relawan. Jangan terlalu banyak pakaian apalagi yang belum disortir. Mereka lebih butuh selimut, tenda, obat-obatan, serta makanan dan minuman.
  • 6. Di lapangan Universitas Tadulako ribuan orang butuh tenda, kemarin sempat kehujanan.
  • 7. Daerah Petobo, Biromaru, Jono Oge, dan Sidera banyak korban terendam lumpur setinggi 3 meter, butuh bantuan evakuasi.
  • 8. Hotel Roa-Roa yang runtuh diperkirakan banyak korban masih hidup, terdengar suara-suara di reruntuhan. Demikian juga hotel Mercure, ada korban yang update status minta tolong dari balik reruntuhan. Di hotel Swissbel juga ada yang masih terjebak dalam kamar.

Mari bantu doa dan semangat untuk saudara-sudara kita di Palu, Donggala, dan sekitarnya.
Serta mari salurkan donasi terbaik kita untuk mereka.

Donasi Kemanusiaan

BNI Syariah 0999.9000.27 (kode bank 427)
BNI 0049.838.571 (kode bank 009)
Mandiri Syariah 700.116.2677 (kode bank 451)
(Sertakan kode unik 29 saat transfer)
a.n Yayasan Dana Sosial Al Falah

Konfirmasi Transfer
081 333 093 725
081 615 44 5556

Format Konfirmasi
donggala#POL#NAMA#NOMINAL#BANK

Call Center
031 505 66 50/54

Donasi Online
Klik www.ydsf.org/ayodonasi

pilih SIAGA BENCANA : GEMPA PALU - DONGGALA

#ydsfku #ydsf #peduligempa #donggala #sulteng #gempa #siagabencana #gempapalu #palu #gempadonggala #gempasulteng #infogempa #breakingnews #tsunami

 

Share: