UPDATE NEWS

...

Monday, 3 September 2018 09:00

Bersama YDSF Bangkitkan Kejayaan Lombok

Lombok, Nusa Tenggara Barat, masih terus diguncang gempa bumi. Sebulan lebih sejak gempa pertama dirasakan pada 29 juli 2018. Gempa bumi merupakan bencana yang tidak dapat dihindari. Terlebih lagi Indonesia secara geologis dan geografis merupakan daerah rawan bencana gempa bumi.

Bencana yang menimpa Lombok menimbulkan kerugian dan kerusakan parah. Bukan hanya bagi masyarakat Lombok yang terluka, tetapi seluruh warga Indonesia turut berempati dan bersimpati. Bantuan terus berdatangan dari penjuru negeri sebagai upaya penanganan bencana dan membangkitkan kejayaan Lombok.

Kamis (30/8), Tim Gabungan YDSF mengirimkan bantuan logistik yang merupakan amanah dari para donatur. Bantuan berupa pakaian, selimut, terpal, sembako, perlengkapan bayi dan wanita dikirimkan menuju Lombok. Dengan harapan bantuan ini dapat meringankan dan memenuhi kebutuhan korban di posko-posko penungsian.

Bantuan tiba di Lombok Utara pada  Jumat (31/08) pukul 24.00 di pos pengungsian bencana Lombok, Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara.

Tim Gabungan YDSF akan terus mengirimkan bantuan  dan mendampingi korban bencana di Lombok hingga fase recovery. Tim Gabungan YDSF turun tangan langsung untuk melakukan pemetaan di Desa Medana, Kabupaten Lombok Utara. Sabtu-Minggu (01-02/09) Tim Gabungan YDSF masih berada di Desa Medana bersama warga turut membersihkan reruntuhan rumah mereka yang roboh.

Rumah serta fasilitas umum yang ada di Desa Medana saat ini rusak akibat guncangan gempa. Warga sangat dibutuhkan Hunian Sementara (Huntara), tempat ibadah darurat, sekolah darurat, toilet/WC portabel, air bersih dan sanitasi. Huntara sendiri ditaksir membutuhkan biaya sekitar 6 Juta per unit dengan ukuran 5m x 5m yang terbuat dari gedeg (anyaman bambu) dan tiang bambu.

Selain itu, posko-posko pengungsian didominasi oleh manula, ibu hamil serta anak-anak. Sehingga dibutuhkan keperluan-keperluan khusus seperti susu, makanan bagi ibu hamil dan bayi, popok dan  berbagai perlengkapan wanita dan bayi lainnya.

Mari kita bahu membahu membangun kembali rumah dan kehidupan dari ribuan masyarakat yang ada di Lombok. YDSF siap menjadi mitra Anda untuk menyalurkan bantuan bagi korban bencana di Lombok, Nusa Tenggara Barat.  

 

 

ditulis oleh : Filda Adelina Nur
Editor : Ahmad Ilham Habibi

Share: