UPDATE NEWS

...

Tuesday, 11 April 2017 12:00

Mengalami Masalah Pencernaan, Gastritis Kah ?

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum wr.wb.

Saya gadis 18 tahun, sudah satu tahun mengalami penyakit pencernaan. Sering sendawa, apalagi kalau sedang stres, capek, atau makan tak teratur. Kadang nyeri di ulu hati. Berbagai pengobatan sudah saya lakukan, sudah ke dokter berkali kali, ikut pijit, ikut terapi akupunktur, dan minum garcia. Ada yang mengatakan saya menderita gastritis, apa betul dok? Obat apa yang harus saya minum agar sembuh? Apa saja larangan untuk saya? Mohon jawaban, saya ingin cepat sembuh dok. Terima kasih.

 

Jawaban :

Wa’alaikumsalam wr.wb.

Memang diantaranya Anda mengalami gastritis, tetapi dari uraian Anda, penyakit Anda kambuh kalau sedang stres, capek, atau makan tak teratur, sangat mungkin psikologis Anda mudah terganggu. Karena sebagian dari individu yang psikologisnya mudah tergangggu, ya lebih mudah stres, lebih mudah lelah dan lebih mudah mengabaikan nutrisi tubuh (makan tak teratur). Bila seseorang mudah terganggu kondisi psikologisnya, berbagai bentuk gejala bisa terjadi, seperti tidak mampu se rajin orang lain, tidak mampu se telaten orang lain, tidak mampu semandiri orang lain, mudah sedih bila menghadapi kendala hidup, tenaga kurang optimal, kurang mampu bermanfaat bagi semua orang, mudah konflik dengan orang lain, mudah merasa di bully dan banyak lagi. Adalah juga diantara nya yang terjadi pada Anda sebagian dari gejala gejala tersebut?

Gangguan psikologis ini semakin memungkinkan terjadi bila masa pengasuhan dan lingkungan Anda kurang optimal, misal dari kecil sesorang sering sakit-sakit; sehingga di protek orang-tua; orang tua terlalu memanjakan; kurang mendapat kesempatan dari kecil untuk mandiri sesuai usianya; orang-tua terlalu kaku, dominan dan otoriter; orang-tua terlalu pemarah; tidak diasuh orang-tua kandung, lama di pondok pada usia kecil, dan lain-lain. Adakah sebagian faktor tersebut pada diri Anda?

Untuk kepastiannya, Anda perlu berkonsultasi ke psikiater secara teratur, selain ke dokter interna untuk pengobatan gastritis nya. Oleh psikiater Anda akan di eksplor, di wawancara mendalam, mungkin akan dilakukan beberapa tes. Sehingga dokter mengetahui kondisi psikologis Anda. Demikian nya untuk gastritis nya, perlu kontrol teratur ke dokter internis. Kondisi gangguan psikologis, memang erat kaitannya dengan gastritis, artinya gangguan psikologis dapat memicu gastritis tambah parah atau sulit stabil, dan gastritisnya bisa memicu kondisi psikologis Anda tambah parah, karena biasanya individu yang seperti itu, tidak kuat dengan nyeri, langsung nelongso ke hati, ke psikologis.

Diperlukan pengobatan yang menyeluruh, teratur, usahakan pada dokter yang sama, kecuali kalau anda benar benar tidak nyaman betul. Karena jenis penyakit anda, bukanlah jenis yang mudah sembuh sempurna, tetapi bisa diusahakan kondisi stabil, asal kontrol teratur dan mengikuti anjuran dokter dengan telaten. Sekali lagi, sangat mungkin Anda bisa stabil, bila berobat teratur, tetap sering kali sulit untuk sembuh sempurna.

Larangan bagi Anda? Dari segi makanan : yang pedas, kecut, kopi, merica, bumbu-bumbu yang menyengat dan makan minum yang iritasi lambung. Terkait psikologis, Anda akan diajarkan psikiater mengenal diri, apa saja potensi anda, apa yang saat ini belum mampu Anda lakukan, bagaimana secara perlahan meningkatkan kemampuan Anda menghadapi problem kehidupan dan lain-lain. Mengenai obat minum, mungkin dalam jangka waktu tertentu Anda butuhkan, dan mungkin juga dalam jangka waktu yang cukup panjang, tergantung hasil pemeriksaan Anda saat ke dokter. Demikian, semoga bermanfaat.

(dr. khairina, Spkj & Dr. Eko Budi Koendhori, M.kes)

Kirim pertanyaan anda ke:

majalahalfalah@gmail.com

WA/SMS: 0816-1544-5556 

Share: