YDSF Salurkan Rp1,4 Miliar Beasiswa Pena Bangsa untuk 2.284 Siswa Kurang Mampu

YDSF Salurkan Rp1,4 Miliar Beasiswa Pena Bangsa untuk 2.284 Siswa Kurang Mampu

25 September 2023

Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) kembali merealisasikan bantuan berupa beasiswa Peduli Anak Bangsa (Pena Bangsa) total Rp1,4 Miliar untuk 2.284 siswa kurang mampu di Indonesia. Program ini merupakan salah satu agenda rutin yang diselenggarakan YDSF, dalam upaya memberikan semangat kepada para siswa tersebut agar lebih giat bersekolah dan mencapai cita-cita terbaiknya.

Meski realisasinya dilakukan melalui rekening masing-masing siswa, tetap diselenggarakan acara sebagai simbolisasinya. Kegiatan yang juga terdapat seminar parenting bersama Bagus Sanyoto (Konselor Pendidikan dan Keluarga) itu, berlangsung di Masjid Baitussalam Ketintang, Surabaya.  Jauhari Sani mengatakan, beasiswa yang disalurkan merupakan salah satu amanah yang diberikan oleh donatur kepada YDSF untuk mengelola dan memberikan kepada yang berhak menerimanya. Pada realisasi kali ini, masing-masing siswa langsung mendapatkan bantuan untuk dua semester.

"Dengan rincian untuk tingkat sekolah dasar persemester mendapat Rp210 ribu, SMP Rp420 ribu, dan untuk jenjang SMA Rp480 ribu," katanya.

Jauhari menjelaskan jumlah penerima beasiswa itu terbagi dalam rincian untuk SD sebanyak 1.474 anak, SMP 441 anak, dan SMA 370 anak. Untuk memudahkan distribusi, bantuan langsung dimasukkan melalui rekening yang difasilitasi oleh bank BRI. Sehingga lebih aman dan transparan.

"Penyaluran model ini akan lebih mudah dan dipastikan tidak ada potongan. Karena bank BRI juga memberikan saldo awal di rekening masing-masing," ujarnya.

Selain bantuan berupa biaya sekolah, lanjut Jauhari, para siswa penerima nantinya juga akan mendapatkan pembinaan untuk meningkatkan prestasinya berupa pendampingan ruhiyah, akhlak, dan akademis. Sehingga masih ada kontrol dan pantaun pasca menerima bantuan.

Zainal (42), orang tua siswa penerima bantuan merasa bersyukur bisa mendapatkan bantuan itu. Warga Pegirian, Surabaya itu mengatakan sangat terbantu dengan beasiswa itu karena  bisa menutupi biaya sekolah anaknya. Apalagi, honor dari pekerjaannya sebagai petugas kebersihan jalan tidak seberapa.

Hal yang sama juga dirasakan Irin (38). Warga Kenjeran, Surabaya itu sangat gembira sekali dengan adanya bantuan biaya sekolah yang diberikan YDSF.

"Alhamdulillah sekali dapat bantuan ini. Meskipun saya nanti masih nambahi biaya, tapi saya bersyukur sekali anak saya masih mendapatkannya," kata Irin, yang sehari-hari sebagai single parent itu.

Menurut data YDSF, setiap tahun ada sekitar 3.500 hingga 4.000 anak asuh yang bisa dibantu melalui program beasiswa Pena Bangsa. Sementara ada sekitar 3.000 siswa lainnya masih mengantri untuk mendapatkan bantuan serupa.

 

Sedekah Mudah di YDSF

 

 

Artikel Terkait:

PERBEDAAN ZAKAT PROFESI DAN ZAKAT PERTANIAN | YDSF
Keutamaan Puasa Senin Kamis | YDSF
ZAKAT DALAM ISLAM | YDSF
Tips Mendidik Anak Berkarakter | YDSF
ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PAJAK | YDSF
Peresmian Pesantren Wakaf Ihya Ul Qur’an Wosossalam, Jombang
APA ITU WAKAF? PENGERTIAN, DALIL, DAN HUKUM WAKAF | YDSF

 

Hidup itu Menunggu Shalat | Ust. Jazir ASP, Dewan Pembina YDSF


Tags: pena bangsa ydsf, beasiswa pena bangsa ydsf, pena bangsa, ydsf, beasiswa ydsf, beasiswa kurang mampu, beasiswa kurang mampu ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: