YDSF Resmikan Masjid Al Ikhlas Bondowoso

YDSF Resmikan Masjid Al Ikhlas Bondowoso

1 April 2022

Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) bersama Wakil Bupati Bondowoso H. Irwan Bachtiar, S.E., M.Si., melakukan peresmian Masjid Al Ikhlas pada Jumat (25/03/2022).

Masjid yang beralamat di Dusun Petung, Desa Kretek, Kecamatan Taman Krocok - Bondowoso ini, merupakan Masjid yang dibangun oleh YDSF melalui dana yang terhimpun dari masyarakat dan donatur tetap YDSF.

Pembangunan Masjid Al Ikhlas dimulai sejak bulan Oktober 2021 lalu, karena kala itu kondisi bangunan lama Masjid sudah tak layak digunakan untuk beribadah. Alhamdulillah, pembangunan telah selesai pada bulan Maret 2022. Selama proses pembangunan masjid tersebut, dana yang digunakan sebesar Rp201.000.000,-.

InsyaAllah Masjid Al Ikhlas akan dimanfaatkan dalam ibadah dan kegiatan yang lain oleh sekitar 200 Kepala Keluarga. Semoga amal Jariyah dontur dan Masyarakat mendapatkan balasan terbaik dari Allah SWT.” Terang Mashari Penanggungjawab Program Dakwah dan Masjid YDSF.

Kawasan Bondowoso merupakan salah satu wilayah dakwah dari Dai YDSF, yaitu Ustadz Zakaria. Penduduk kawasan Taman Krocok mayoritas berprofesi sebagai petani. Dengan penghasilan yang tak menentu, maka  dapat dipetakan bawah 80% masyarakatnya merupakan dhuafa.

Sehingga, dalam acara peresmian masjid tersebut, juga terdapat pembagian sembako untuk 150 KK. Serta dilakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat secara gratis oleh YDSF yang bekerja sama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kabupaten Bondowoso.

Tidak hanya soal masjid, di kawasan tersebut pun juga masih ada beberapa wilayah yang belum terjamah oleh listrik. Utamanya, bagi kawasan yang terletak di perbukitan. Bahkan, kawasan tersebut juga sering mengalami kekeringan di musim kemarau.

Meski berada dalam kondisi yang serba kekurangan, ternyata tidak membatasi semangat masyarakat untuk mempelajari Islam. Hal ini dibuktikan dengan semangat jumlah hadir masyarakat dalam acara Tarhib Ramadhan 1443 H YDSF yang juga bertepatan setelah peresmian Masjid Al-Ikhlas.

Tarhib yang disampaikan oleh Ustadz Zakaria, Dai YDSF, juga menyinggung soal bagaimana kita sebagai umat muslim dapat meramaikan Ramadhan dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an.  


Donasi untuk Masjid:


Artikel Terkait:
Perbedaan Zakat, Sedekah, dan Wakaf | YDSF
FIDYAH DALAM ISLAM DAN KETENTUANNYA | YDSF
Allah Lebih Melihat Keikhlasan | YDSF
BOLEHKAH SEDEKAH DARI HARTA HARAM? | YDSF
Maksimalkan Pendayagunaan Dana, YDSF Buka Kantor di Semarang, Jateng


Tags: masjid bondowoso, masjid ydsf, ydsf bondowoso

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: