YDSF Gandeng YBM PLB, Bahagiakan Dua Panti di Surabaya

YDSF Gandeng YBM PLB, Bahagiakan Dua Panti di Surabaya

26 Januari 2023

YDSF bekerja sama dengan Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) UP3 Surabaya Utara merealisasikan bantuan untuk dua panti yatim di Surabaya, Kamis (26/01). Dengan total bantuan senilai Rp35,1 juta.

Inisiatif YBM PLN menggandeng YDSF dalam realisasi beasiswa bertujuan agar penyaluran dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat sasaran. “Saat ini kami sedang melakukan kolaborasi dengan YDSF dalam penyaluran dana kemanusiaan,” ujar Moch Yanu Umar Wahyudi, Ketua YBM PLN UP3 Surabaya Utara. Yanu yakin bahwa YDSF memiliki jaringan dan informasi yang akurat dalam data penerima manfaat yang berhak disalurkan.

Bantuan dengan total Rp16,5 juta berupa meja belajar lipat, perlengkapan sekolah, dan uang saku untuk 30 anak yatim di Panti Asuhan Rodhiyatul Jannah, Kedung Cowek, Kedinding. Berikutnya, bantuan dengan total Rp18,6 juta berupa lemari, meja belajar lipat, perlengkapan sekolah, dan uang saku diberikan kepada 23 anak yatim di Panti Asuhan Aisyahtong Maryam, Perak Timur.

Panti Asuhan Rodhiyatul Jannah didirikan pada 1991 dengan penuh lika-liku perjuangan. “Anak didik kita ada dari berbagai daerah, ada yang dari Jakarta, ada juga yang dari Malaysia,” ujar H. Fachtur Rochman, Pengurus panti.

Di tahun 2012, panti yang terletak di Jl. Kedung Cowek 220, Surabaya ini pernah menerima seorang anak yang statusnya tidak jelas. Bayi berusia 21 hari tersebut dititipkan hanya dengan berbekal selimut dan satu pakaian saja oleh seorang perempuan yang mengaku sebagai budhenya. Yang kemudian memberikan alamat palsu kepada pihak panti. Alhamdulillah kini, bayi tersebut telah tumbuh dengan baik dan menginjak kelas 6 SD.

Kisah lain, datang dari seorang anak yatim yang mengalami kecelakaan nahas saat ikut orang tuanya bekerja sebagai tukang becak. Pascakejadian tersebut, orang tua si anak meninggal dunia. Sayangnya, sanak kerabatnya menitipkan si anak ke Panti Asuhan Rodhiyatul Jannah.

Barcelona, salah satu anak asuh di panti Rodhiyatul Jannah ini mengaku cukup senang mendapatkan paket perlengkapan sekolah tersebut. “Ini dapat tepak, pensil, krayon, spidol, bolpoin, buku gambar, penggaris, buku tulis dan sepatu,” ujar anak kelas 4 SD yang akrab disapa Barca. Sedangkan bagi Rama, seorang yatim yang saat ini duduk di kelas 5 SD mengatakan bahwa bantuan sepatu yang ia dapatkan akan langsung dikenakan setelah ini juga.

Berikutnya, untuk Panti Asuhan Aisyahtong Maryam didirikan sejak tahun 1979. Selain menghidupi 23 anak yatim, panti yang terletak Jl. Perlis Selatan No. 12, Surabaya ini juga berusaha menyejahterahkan masyarakat sekitar panti dengan membagikan bantuan sembako yang juga melibatkan anak-anak yatim.

Alhamdulillah telah terlaksana kegiatan kita hari ini yaitu pemberian santunan dari YDSF dan YBM. Anak-anak sangat senang sekali mendapatkan sepatu, dapat juga uang saku. Ini sangat bermanfaat bagi kami dan bagi anak-anak kami,” ujar Ustadz Furkon Abidin, Pengurus panti.

Widodo AS, Kadiv Penghimpunan YDSF, mengatakan bahwa adanya kolaborasi antara YDSF dan YBM PLN ini dapat berlanjut dengan program-program lain yang juga memberikan manfaat untuk masyarakat, khususnya di Surabaya bahkan di Indonesia.

Setiap harta yang kita memiliki sesungguhnya terdapat hak orang lain. Semoga setiap pemanfaatan dari rezeki yang dimiliki dapat selalu berada di jalan Allah Swt.

Barakallahufiikum. (tim)


Artikel Terkait:

YDSF Salurkan Rp134 juta untuk Masjid & Mushala
HUTANG, BISAKAH MENJADI FAKTOR PENGURANG ZAKAT? | YDSF
Wakil Bupati Halmahera Selatan Hadiri Khitanan Massal YDSF
BOLEHKAH UMRAH TAPI BELUM ZAKAT MAAL? | YDSF
Ragam Penyaluran Program YDSF Desember 2022
WAKTU MEMBAYAR ZAKAT MAAL | YDSF

 

Zakat di YDSF


Zakat dari Hasil Panen


Tags: penyaluran yatim ydsf, ydsf, yatim ydsf, ydsf ybm pln

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: