YDSF Adakan Pelatihan “UKM: Pahlawan Masa Kini”

YDSF Adakan Pelatihan “UKM: Pahlawan Masa Kini”

10 November 2023

YDSF adakan pelatihan bertajuk ‘UKM: Pahlawan Ekonomi Masa Kini’ sebagai wujud kepedulian terhadap pelaku usaha kecil menengah (UKM) terhadap laju digitalisasi yang semakin pesat. Pada pelatihan ini membahas tentang digitalisasi usaha kecil agar memiliki daya saing di era kekinian.

Digelar di Gedung Pascasarja Lt. 6 Polieknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Jalan Raya ITS, Surabaya, 41 peserta hadir antusias dalam acara yang dilangsungkan selama dua hari ini (8-9/11). Mayoritas peserta berasal dari kalangan ibu pekerja rumah yang tergabung dalam Komunitas Usaha Mandiri (KUM) YDSF. Beragam usaha dikembangkan peserta mulai dari menjual makanan, minuman, pakan ternak, hingga menyewakan kamar kos.

Menurut Olivia, Penanggung Jawab dalam kegiatan ini menjelaskan jika materi pelatihan yang kali ini digelar merupakan ilmu dasar digital. Bobot materi disesuaikan dengan latar belakang peserta yang mayoritas merupakan ibu pekerja berumur sekitar 40 hingga 50 tahun.

“Namun tidak menutup kemungkinan usia yang lebih di atas 50 tahun mengikuti kegiatan hari ini,” lanjut Olivia.

Beberapa materi yang dipaparkan dalam pelatihan lebih mengarah pada optimalisasi penggunaan aplikasi Whatsapp. Aplikasi tersebut dipilih karena mayoritas masyarakat Indonesia menggunakannya. Selain digunakan sebagai media interaksi, optimalisasi fitur Whatsapp juga digunakan sebagai bentuk digital marketing yang paling sederhana digunakan.


Sambutan dari pihak PENS dalam pelatihan UKM YDSF

Peserta juga dilatih tentang teknik foto produk. Dengan menggunakan perangkat smartphone, peserta diharapkan dapat menampilkan produk sehingga layak dijual. “Jadi tidak hanya asal mengambil foto, tapi ada teknik-tekniknya, mungkin dari pengambilan lighting atau mungkin titik fokusnya,” ujar Olivia.

Materi tentang penulisan caption sederhana juga diajarkan guna membekali peserta. Penulisan caption dinilai dapat memberikan sentuhan tersendiri terhadap produk yang dijual agar lebih menarik. 

Dr. Bambang Sumantri, S.T., M.Sc., Wakil Direktur Bidang Akademik PENS turut mengapresiasi gelaran kerja sama yang dilakukan YDSF, PENS, dan Bank Syariah Indonesia ini. Menurutnya, acara ini merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat kecil yang sangat perlu dibantu.

“Setidaknya PENS bukan menjadi menara gading saja, tapi bisa membumi memberikan kebermanfaatan ke masyarakat,” lanjut Bambang. Bambang juga menambahkan jika jalinan kerja sama ini diharapkan dapat terus berlanjut.

Sejalan dengan itu, Direktur Pelaksana YDSF Jauhari Sani memaparkan jika dana yang digunakan untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat kecil bukan hanya sebatas bantuan saja, tapi diharapkan menjadi keberkahan. “Sebagai lembaga amil zakat dan wakaf, tentu kami mengajak untuk mensyiarkan gerakan bersedekah, infaq, zakat dan berwakaf, sehingga dana ini bisa digulirkan kebermanfaatannya,” lanjut Jauhari.


Simbolisasi penyerahan bantuan rombong dari Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Dharmawangsa Surabaya

Kegiatan ini juga turut membagikan 5 rombong bagi pelaku usaha kecil. Simbolisasi penyerahan bantuan 5 rombong dengan total nilai Rp25 juta, akan dibagikan untuk 5 penerima. Adanya rombong ini, merupakan wujud bantuan yang dikolaborasikan YDSF bersama BSI.

 

 

Zakat Berdayakan Umat

 

Artikel Terkait

SASARAN DISTRIBUSI PENERIMA SEDEKAH | YDSF
YDSF Buat Warung Sedekah, Siapapun Bisa Mampir Makan Gratis
ZAKAT PENGURANG PENGHASILAN KENA PAJAK | YDSF
Fidyah dalam Islam dan Ketentuannya | YDSF
ZAKAT, DIBERIKAN KE TETANGGA ATAU LEMBAGA? | YDSF
Hukum Zakat Penghasilan dalam Islam | YDSF
6 AMALAN PEMBUKA REZEKI | YDSF
2 Jenis Harta Benda Wakaf | YDSF

 

Panen Raya Porang YDSF bersama Wakil Bupati Madiun


Tags: pelatihan ukm, pahlawan, ukm ydsf, kum ydsf, ekonomi ydsf, bantuan ekonomi ydsf, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: