Wakaf Tunai di YDSF

Wakaf Tunai di YDSF

15 September 2022

Saat ini untuk dapat menunaikan wakaf tunai sangatlah mudah. Namun, Sahabat tetap harus melakukan seleksi terhadap calon nazhir yang akan diamanahkan mengelola harta wakafnya.  Alhamdulillah, kini Sahabat Donatur Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) juga telah bisa menunaikan wakaf tunai melalui lembaga kami.

Sejak menerima lisensi nazhir dari Badan Wakaf Indonesia (BWI) bernomor 3.3.00278, YDSF semakin percaya diri dalam mengelola dana wakaf untuk umat. Setiap kembaga atau perseorangan yang ingin menjadi nazhir, wajib memeroleh lisensi dari BWI.

Pada zaman dahulu, penunaian wakaf hanya terbatas pada aset-aset saja. Seperti rumah, tanah, dan benda-benda lain yang “nampak”. Namun, pada perkembangannya sekarang, penunaian wakaf sudah dapat dengan uang (secara tunai) bahkan juga dengan saham.

Program Wakaf YDSF 2022

Agar dapat mengelola dana wakaf Sahabat dengan amanah dan profesional, YDSF telah menyiapkan beberapa program yang dapat dijadikan sebagai jembatan untuk mendistribusikan harta wakaf yang masuk.

Di tahun 2021, YDSF telah sukses melakukan pembangunan wakaf untuk pondok pesantren yang berada di Wonossalam, Jombang.


Guna melanjutkan menebarkan kebaikan lebih luas lagi, program-program wakaf YDSF pun semakin beragam. Yaitu:

- Wakaf Sumber Air

Titik pertama yang akan mendapatkan wakaf sumber air adalah di Dukuh Krajan Tengah, Ponorogo. Survey dan supervisi penentuan telah dilakukan sejak 2021. Untuk material pembuatan pipanisasinya sudah dibelikan (saat ini disimpan di warehouse mitra). Namun, karena ada perubahan posisi tandon (menjadi lebih tinggi), akan dilakukan supervisi lanjutan di dalam waktu dekat untuk fiksasi posisi tersebut.

Bila posisi tandon sudah ditentukan, maka akan dibentuk kelompok kerja yang melibatkan warga dalam penggarapannya. Lalu, membuat timeline pengerjaan dan barulah dibangun pipanisasinya.

- Wakaf Perahu

Inisiasi adanya wakaf perahu adalah karena ingin membantu para nelayan dhuafa yang selalu meminjam perahu dan terlilit rentenir agar dapat mandiri dan berdaya. Titik pertama yang akan mendapatkan wakaf perahu dari YDSF adalah Desa Brondong, Lamongan.

Insya Allah, dalam waktu dekat akan dilakukan perbelanjaan material kayu untuk pembuatan perahunya. Kemudian, akan dibuat timeline pembuatan perahu. Yang akan dibuat adalah bagian bawah perahu yakni lambung dan lunasnya.

- Wakaf Tanah Kompleks Dakwah Yogyakarta:

Pada September 2021 lalu, YDSF telah menerima sebidang tanah wakaf seluas 2.800 m² untuk pembangunan kompleks dakwah tersebut. Rencananya, kompleks terdiri dari masjid, rest area, pondok tahfidz & asrama, serta peternakan yang akan dikelola langsung oleh para santri. Namun, untuk mewujudkannya dibutuhkan penambahan tanah lagi seluas 2.000 m².

Untuk progres pembangunannya, adalah sebagai berikut:

·         Pembangunan Masjid YDSF telah selesai 100%. Disertai dengan fasilitas berupa tempat wudhu dan kamar mandi untuk pria dan wanita.

·         Pembangunan rumah glamping dalam pengerjaan 50% dari target. Bangunan ini dapat digunakan untuk tempat istirahat (singgah sementara dan menginap) bagi pengunjung, donatur, dan mitra.

·         Pembangunan asrama santri telah mencapai 85% dari yang diharapkan. Pembangunan gedung asrama pertama ini terdapat 10 kamar yang terbagi dalam dua lantai.

Allah Swt. berfirman, “Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui.” (QS. Al-Imran: 92)

YDSF mengajak Sahabat untuk dapat berpartisipasi langsung meraih jariyah yang abadi melalui program-program wakaf di atas. Insya Allah, saat kita melancarkan proyek-proyek Allah maka segala urusan dalam hidup kita pun juga akan dipermudah oleh-Nya.

 

Wakaf di YDSF:


 

Artikel Terkait:

APA SAJA YANG HARUS DISIAPKAN SEBELUM MENUNAIKAN WAKAF? | YDSF
Akhlak Baik, Cerminan Hati Bersih | YDSF
PERBEDAAN NAZHIR DAN WAKIF DALAM WAKAF | YDSF
Amalan yang Merusak Amalan Lainnya | YDSF
BOLEHKAH UMRAH TAPI BELUM ZAKAT MAAL? | YDSF
Usia 6,5 Tahun, Anak Masih Takut di Sekolah
BATAS PENGHASILAN WAJIB ZAKAT | YDSF

 

Kisah Sukses Wakaf Sumber Air YDSF


Tags: wakaf ydsf, ydsf, wakaf tunai ydsf, sedekah ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: