UPDATE NEWS

...

Monday, 12 November 2018 08:00

Usia 6,5 Tahun, Anak Masih Takut di Sekolah

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb.

Dokter, saya mau bertanya tentang kondisi  anak perempuan saya. Usia anak saya sekarang 6,5 tahun. Selama ini dia kalau mau berangkat  sekolah selalu rewel. Dan sampai di sekolah.  dia menangis histeris ingin terus dijaga ibu atau ayahnya dan harus duduk di sebelahnya sampai pelajaran berlangsung hingga pulang sekolah.

Kalau sudah sampai rumah saat ditanyai orangtua kenapa selalu menangis. Dia jawab dia takut tidak bisa menyelesaikan tugas di sekolah, takut tidak punya teman. Mohon penjelasannya. Terima kasih banyak dokter.

Ny. X di Pasuruan

 

Jawaban:

Waalaikumussalaam wr wb.

Apakah anak Ibu baru satu? Kalau lebih, apakah Ibu dan suami sempat mempelajari bagaimana menyiapkan seorang anak untuk punya adik? Kalau masih anak tunggal, apakah sejak dini sudah dibiasakan untuk sosialisasi bertemu berbagai orang lain, disapa orang-orang sehingga mulai usia satu tahun lebih sedikit mulai bermain-main dengan selain orang tuanya. Bisa jadi karena kurang biasa berinteraksi dengan orang lain di waktu kecil, mungkin kurang diberi keleluasaan  untuk ‘mandiri’ seusai usia nya, atau terlalu ‘ditelantarkan’, kurang diurus waktu usia sebelumnya. Intinya ada cara pengasuhan yang kurang optimal, pengasuhan yang dibutuhkan anak. Bukan hal-hal yang dipikirkan orang tua, tanpa mempelajari dengan baik.

Saat ini anak merasa cemas berpisah dengan orang tua, kurang mandiri untuk sesuai usianya, jadi ditelateni saja secara bertahap. Yang mungkin bisa dilakukan anak selangkah demi selangkah. Setiap ada kemajuan meski seujung rambut pun, beri anak hadiah yang mendidik. Misal diberi jempol atau diberi tabungan uang yang ke depan bisa dipakai sesuai keinginan anak asalkan suatu hal yang positif. Ketika tabungannya sudah terkumpul untuk jangka waktu tertentu bisa untuk yang bermanfaat. Tentu ini butuh ketelatenan ekstra. Demikian semoga bermanfaat.

 

Oleh: dr. Khairina, SpKJ & Dr. Eko Budi Koendhori, M.Kes

Share: