Upacara Kemerdekaan RI ke-75 tahun di Zona Hijau Bawean | YDSF

Upacara Kemerdekaan RI ke-75 tahun di Zona Hijau Bawean | YDSF

25 Agustus 2020

Indonesia merayakan kemerdekaan ke-75 tahun meski masih harus berada di tengah suasana pandemi covid-19 yang belum mereda.

Untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, YDSF bekerjasama dengan perangkat Desa Sungairujing menyelenggarakan upacara yang juga unik. Desa Sungairujing merupakan kawasan zona hijau yang berada di wilayah Pulau Bawean.

Upacara dilaksanakan di pantai Wisata Bahari Selayar (WBS) sekitar pukul 9 WIB, Senin (17/08/20), dan dipimpin oleh Darul Alam (Koramil Sangkapura). Upacara yang diikuti oleh 100 nelayan dari 7 dusun di Desa Sungairujing ini berjalan dengan khidmat.

Hampir seluruh elemen masyarakat terlibat, di antaranya Pak Ali, Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) yang bertindak sebagai pembina upacara; serta Ibu-ibu PKK dan para istri nelayan tergabung dalam paduan suara.

"Suasana kemerdekaan di tengah pandemi menggerakkan kami untuk bisa membantu desa ini, dari bunda yatim, yatim, dan para nelayan. Insyaa Allah dengan sedekah bisa menolak bala," kata Aries Munandar, Kepala Cabang YDSF Gresik saat menyampaikan sambutannya di tengah upacara.

Para nelayan dengan antusias berdiri memberikan hormat di atas perahu masing-masing saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan.

Sekitar satu jam upacara berlangsung. Dan dilanjutkan dengan pembagian sembako untuk 100 nelayan yang berisikan 5,5 kg beras, santunan untuk 60 bunda yatim senilai Rp500 ribu per orang, serta beasiswa untuk 62 anak yatim dengan total senilai Rp31 juta.

Pasca upacara suasana Pantai Selayar semakin ramai, dikarenakan adanya perlombaan peringatan kemerdekaan. Mulai dari menggambar untuk ana-anak, menulis cerpen, panjat pinang, nasi tumpeng, hingga lomba selfie.

"Di lokasi ini saya lebih menjiwai karena sesuai profesi saya, semoga Indonesia makin maju dan memperhatikan kesejahteraan kami para nelayan," kata Din (46) yang sudah 6 tahun menjadi nelayan.

 

Baca juga:

YDSF SALURKAN BANTUAN 600 PAKET APD KITABISA FT. AGHNIA PUNJABI

PROSES PEMILIHAN PEMIMPIN UMAT ISLAM PASCA-RASULULLAH | YDSF

Gerakan Shalat dan Terapi untuk Kesehatan | YDSF

UJIAN ALLAH UNTUK MENGUATKAN KITA | YDSF

JARI-JARIMU DIHISAB | YDSF

 

Tags:

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: