Tips Menjaga Semangat Sepanjang Masa | YDSF

Tips Menjaga Semangat Sepanjang Masa | YDSF

1 Agustus 2022

Ketika kita melakukan aktivitas sehari-hari, pasti adakalanya semangat kita penuh, dan bahagia menjalaninya. Namun, terkadang juga malas, suntuk, dan badmood hingga membuat aktivitas kita menjadi kacau balau. Lalu, bagaimana sih tips agar semangat kita tetap terjaga sepanjang masa? Simak jawabannya dalam artikel ini!

Banyak yang bisa membangun semangat, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Namun, hanya sedikit yang mampu mempertahankan semangat sepanjang hari. Beberapa orang yang mampu menjaga semangat, pasti bisa mewujudkan mimpi dan keinginannya. Sebagaimana pepatah Arab mengatakan, “Man jadda wa jadda” (Barangsiapa yang bersungguh-sungguh pasti ia akan berhasil).

Agar semangat tetap bertahan juga meningkat, perlu treatment khusus yang harus kita lakukan. Berikut beberapa tips menjaga semangat sepanjang masa:

1.    Meluruskan Niat

Dalam Islam, niat menjadi pondasi awal bagi kita ketika akan melakukan suatu perkataan dan perbuatan. Tanpa niat yang kuat, pasti akan membuat kita goyah ketika akan mencapai tujuan. Dalam sebuah hadits, Rasulullah saw. bersabda,

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niat dan setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan.” (HR. Bukhari & Muslim)

Dengan memperbaiki niat yang kita punya, maka semangat kita pun akan mengikuti. Sebab, niat yang kuat memberi output kesungguhan dalam diri kita, dan kesungguhan tersebut mendatangkan semangat yang tinggi pula.

Baca juga: TIPS MENJADI MUSLIM BERKUALITAS | YDSF 

2.  Berbaur dengan Lingkungan yang Baik

Dalam Al-Qur’an, Allah Swt. menyatakan bahwa alasan paling utama para Sahabat Nabi tetap beriman dan semangat berdakwah, yakni karena keberadaan Rasulullah saw. di antara mereka. Hal ini secara jelas disebutkan dalam Al-Qur’an surah Ali ‘Imran ayat 101,

Bagaimana mungkin (tidak mungkin) kalian menjadi kafir, sedangkan ayat-ayat Allah dibacakan kepada kalian, dan Rasul-Nyapun berada ditengah-tengah kalian? Dan barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah maka sesungguhnya dia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.”

Inilah mengapa lingkungan yang kita tempati akan sangat berpengaruh dengan kehidupan kita. Begitupun semangat yang kita miliki. Jika kita berada di lingkungan yang baik, semangat dalam melakukan hal-hal positif, semangat beribadah dan berbuat kebaikan, maka secara tidak sadar pasti kita akan mengikuti mereka.

3.  Memanfaatkan Waktu

Waktu akan terus berjalan sebagaimana mestinya. Entah kita bermalas-malasan atau rajin beraktivitas, waktu akan tetap berjalan. Oleh karenanya, memanfaatkan waktu sebaik mungkin menjadi hal yang harus kita lakukan.  Jika kita menghabiskan waktu hanya untuk bermalas-malasan, bermain gadget (membuka hal yang tidak baik), atau rebahan sepanjang hari,  tanpa melakukan kegiatan yang bermanfaat, maka rugilah kita. Sebagaimana Allah Swt. berfirman,

Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.” (QS. Al-‘Asr: 1-3)

Jika saat ini kita masih belum bisa mengatur waktu yang kita miliki dengan baik. Maka, mulailah sedikit demi sedikit untuk memperbaikinya. Belajar untuk tidak terus-menerus menjalani aktivitas yang sia-sia dan mengubahnya dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat.  Misalnya, jika seharian hanya rebahan ubahlah dengan bangun pagi, olahraga, membersihkan rumah, dan masih banyak lagi yang bermanfaat. Sepele, namun jika kita tidak memulainya dari sekarang, maka akan tetap seperti itu.

Dari Abu Hurairah r.a., Nabi saw. bersabda, “Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah.” (HR. Muslim)

Baca juga: MENUMBUHKAN KEBIASAAN BERBAGI MENJADI SEBUAH KEBUTUHAN HIDUP | YDSF

4.  Perbanyak Doa kepada Allah

Salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan ialah doa kita kepada Allah Swt. Sebab, apapun yang kita sebut dalam doa, Allah akan mengabulkannya. Kalaupun belum dikabulkan, pasti Allah memberikan yang terbaik untuk kita.

Allah sangat memuji setiap orang yang beriman yang selalu berdoa kepadaNya, meminta keteguhan iman, termasuk meminta semangat dalam kebaikan. Dalam Al-Qur’an, Allah Swt. berfirman,

Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertaqwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah  (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang sabar. Tidak ada do’a mereka selain ucapan: ‘Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan teguhkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir‘. Karena itu Allah memberikan kepada mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Ali ‘Imran: 146-148).

 

Sedekah dari Rumah:


Artikel Terkait:

Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat Menurut Islam | YDSF
Pentingnya Mengembangkan Bakat dan Minat | YDSF
Bagaimana Seorang Muslim Menyikapi Musibah | YDSF
Membuat Nafkah Menjadi Berkah | YDSF
Tangguh Menghadapi Persoalan Hidup | YDSF
Berpikirlah Positif dan Berbahagia | YDSF
Tips Meraih Pahala Terbaik dari Allah | YDSF

Tags: tips, tips menjaga semangat, semangat hidup

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: