Tips Menjaga Kesehatan Secara Islami | YDSF

Tips Menjaga Kesehatan Secara Islami | YDSF

17 Januari 2023

Ada banyak tips yang dapat kita gunakan untuk menjaga kesehatan sebaik mungkin. Namun, sebagai seorang muslim tentunya kita juga harus melihat apa saja langkah yang perlu dilakukan guna menjaga kesehatan secara islami. Mengingat, kita pun memiliki contoh yang begitu nyata. Rasulullah saw. dan sepanjang kehidupan beliau yang selalu memperhatinkan kondisi kesehatan baik secara jasmani dan rohani. Serta bagaimana beliau mendidik istri dan para sahabat untuk mengikutinya.

Pada hakikatnya, kesehatan seseorang mempunyai makna komprehensif dan utuh. Meliputi fisik, psikis, spiritual, dan sosial. Manusia disebut memiliki kesehatan utuh, bila keseluruhan unsur pada dirinya dalam kondisi baik dan berfungsi normal.

Iman kepada Allah kalau keseluruhan rukun iman yang enam terpenuhi, akan membuat seorang individu menjadi pejuang yang hebat agar bisa mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Menurut dr. Khairina, Sp.KJ., kebahagiaan versi Islam maknanya seseorang mencapai kepatuhan terhadap aturan Allah Swt. Tentu saja disesuaikan dengan potensi setiap individu. Misalnya, sikap legowo dengan takdir Allah, selalu tawakal dan berprasangka baik terhadap Allah Swt. sehingga posisinya selalu dalam keadaan bersyukur. 

Memang bukan sesuatu yang mudah diraih. Memerlukan semangat juang yang berkesinambungan. Tentu saja salah satu yang penting adalah kesehatan yang prima dan stabil. Dengan iman serta kesehatan yang baik akan membuat banyak amal sesuai perintah Allah yang bisa dilakukan.

Kesehatan manusia mencakup fisik, psikis, spiritual, dan sosial. Seluruh unsur tersebut dapat dijaga keseimbangannya, dengan mengupayakan masing-masing sama-sama optimal atau meningkat. Tidak ada yang lebih didahulukan, sedangkan yang lain terabaikan.

“Apalagi keempat hal itu saling terkait, saling membantu, dan bisa saling menjatuhkan jika tidak seimbang,” kata dokter yang menamatkan Pendidikan Subspesialis Kedokteran Jiwa di Universitas Airlangga ini. Cara menjaganya, lanjutnya, adalah dengan mengenali diri seperti apa kondisi fisik yang kita miliki.

Jika ada fisik yang lemah, bagian mananya, apa upaya agar bisa membaik dan apa yang harus dihindari agar tidak menurun. Demikian juga dengan psikis, selalu perlu dievaluasi dan dikenali kelebihan yang bisa dimanfaatkan secara optimal.

Evaluasi bersifat dinamis dan perlu dilakukan terus-menerus. Kita disarankan merenung setiap hari menjelang tidur. Atau setidaknya, lakukan muhasabah diri sekali dalam sepekan.

Kemampuan menginternalkan dan menginherenkan nilai-nilai dari Al-Qur’an dan hadits, tergantung dari kondisi kesehatan fisik dan psikis kita. Kehidupan sosial yang bisa dinilai dari sejauh mana individu memberi manfaat pada sekelilingnya adalah buah dari kondisi fisik, psikis dan spiritual individu.

Pengenalan diri, melakukan beragam amal kebaikan, meningkatkan kondisi fisik dan psikis, mengevaluasi berkesinambungan seperti muhasabah diri, sehingga tahu mana yang bisa ditingkatkan dan mana yang perlu dihindari. Ini kerja panjang tiada henti sampai akhir hidup.

Baca juga:

5 Tips Membersihkan Hati, Pikiran, dan Niat | YDSF

Tips Meraih Pahala Terbaik dari Allah | YDSF        

Berpengaruh

Tingkat keshalihan yang diwujudkan dalam menjalankan ajaran dan ritual keagamaan berpengaruh secara signifikan terhadap kesehatan manusia, terutama kesehatan mental. Melaksanakan tuntunan Al-Qur’an dan Hadist merupakan pekerjaan hebat dan berat, tapi menyenangkan bagi individu yang mengejar kebahagiaan akhirat.

Lebih lanjut, dr. Khairina, Sp.KJ., menjelaskan bahwa daya juang dipengaruhi oleh berbagai kemampuan mental seperti kreativitas, kemandirian, rasa sayang pada sesama sehingga ingin banyak berbuat baik, telaten, dan tidak mudah menyerah. Selain itu, jika sempat terperosok akan bangkit dengan cepat. Kendala yang ada dianggap tantangan untuk peningkatan diri.

Banyak lagi aspek mental lainnya yang berpengaruh terhadap daya juang individu dalam melakoni hidup demi kebahagiaan di akhirat.

Setiap manusia selalu berusaha melakukan ritual agama seperti shalat, puasa, juga bersedekah. Masing-masing perlu dilakukan seimbang, dengan pengetahuan dan rasa cinta terhadap Allah Swt.

Memang, ada saatnya seseorang yang terlihat memiliki fisik sempurna, namun tidak mempunyai daya juang maupun semangat untuk bertahan hidup sehingga hanya bisa pasrah dan melakukan aktivitas sederhana saja. Dari sisi spiritual, pemahaman yang dimilikinya baru di fase mengerjakan perintah ibadah ritual.

Bagaimana membantu agar dirinya bisa menjalani hidup dengan mandiri dan memaksimalkan fungsinya sebagai hamba Allah.  Boleh jadi fisiknya yang sempurna tak didukung psikisnya. Perlu dinilai oleh ahlinya agar produktivitas hidupnya dieksplorasi lewat evaluasi dan tata laksana secara bertahap.

Sebab, kondisi mental yang bagus sangat dipengaruhi oleh pengasuhan orangtua dan lingkungan pada masa perkembangannya. Dengan pengenalan diri akan terlihat bagian mana yang bisa ditingkatkan dan bagian mana yang masih destruktif agar diminimalkan dampak negatif dari sifat-sifat destruktif tersebut.

Kekurangan diri yang dialami seseorang tidak sepenuhnya hanya saham pribadinya. Banyak juga andil orangtua dan lingkungan yang mengasuhnya. Berdasarkan pengetahuan dan pengalaman, Allah Swt. akan membantu individu dengan syarat jika individu tersebut selalu berupaya optimal sesuai potensi yang dia punya.

Bantuan Allah tidak selalu sama dengan kemauan individu.  Yakinlah apa yang Allah Swt. berikan, maka itulah yang terbaik. “Maka berbaik sangka pada Allah sangatlah penting,” tutur Khairina.

 

Sumber Majalah Al Falah Edisi Januari 2023

 

Artikel Terkait:

Doa Minta Rezeki Halal dan Berlimpah Sesuai Sunnah | YDSF
HUTANG, BISAKAH MENJADI FAKTOR PENGURANG ZAKAT? | YDSF
Waktu Terbaik Terkabulnya Doa | YDSF
BOLEHKAH UMRAH TAPI BELUM ZAKAT MAAL? | YDSF
Ragam Penyaluran Program YDSF Desember 2022
WAKTU MEMBAYAR ZAKAT MAAL | YDSF

 

Sedekah di YDSF


 

Keutamaan Sedekah



Tags: tips menjaga kesehatan secara islami, menjaga kesehatan secara islami, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: