Syawal Menjadi Sebuah Awal | YDSF

Syawal Menjadi Sebuah Awal | YDSF

3 Mei 2022

Bulan Syawal ditandai menjadi salah satu bulan awalan. Yaitu awalan untuk tetap istiqomah dalam melakukan amalan-amalan baik seusai Ramadhan. Dalam kalender Hijriyah, bulan Syawal merupakan bulan kesepuluh, berada setelah bulan Ramadhan dan sebelum bulan Dzulqaidah.

Namun, sebelum masa Islam, masyarakat saat itu memiliki banyak mitos buruk di bulan Syawal. Alhamdulillah, setelah era Islam, status bulan Syawal menjadi baik. Bahkan pada tanggal pertama di bulan Syawal, merupakan hari penting untuk umat Islam, yaitu perayaan Idul Fitri.

Namun, ternyata ada banyak hal penting yang juga terjadi di bulan Syawal. Apa sajakah itu?

6 Hal Penting di Bulan Syawal

1. Sunnah Rasulullah saw. Menikah

Mungkin kita sering mendengar bahwa Rasulullah saw. menikah dengan Aisyah r.a. di bulan Syawal. Padahal, bukan hanya bersama Aisyah saja. Di bulan Syawal pada tahun-tahun yang berbeda, Rasulullah saw. juga melakukan pernikahan dengan istri beliau lainnya, seperti Ummu Salamah.

Oleh karena itulah, bulan Syawal menjadi bulan yang sangat dianjurkan untuk menunaikan ibadah menikah.

2. Perang Uhud

Perang yang terjadi pada tahun ketiga hijriyah ini menjadi peristiwa yang penuh pelajaran bagi umat muslim. Pada awal pertempuran, umat muslim telah unggul meski secara jumlah pasukan jauh di bawah kaum musyrik. Ternyata, keunggulan yang diberikan Allah Swt. ini membuat lengah. Dan, akhirnya, pasukan musyrik yang saat itu juga terdapat Khalid bin Walid pun membalik keadaan. Dikisahkan pula bahwa pada Perang Uhud, Rasulullah saw. sempat mengalami luka yang cukup berat.

Baca juga: Hukum Puasa Weton dalam Islam | YDSF

Usai menghadapi kondisi yang demikian, Allah Swt. tetap memberikan kemenangan di pihak kaum muslim. Sayangnya, saat melihat kaum musyrik bertebaran kabur, justru beberapa kaum muslim sibuk mengumpulkan harta yang ditinggalkan oleh kaum musyrik di medan perang.

3. Perang Khandaq

Khandaq berarti parit. Penamaan perang ini sesuai dengan strategi perang yang diusulkan oleh Salman Al Farisi saat itu. Perang yang terjadi pada tahun kelima hijriyah ini merupakan respon yang diberikan kaum muslimin saat mendengar kaum kafir Quraisy yang saat itu berkomplot dengan Bani Sualim, Kinanah, penduduk Tihamah dan Al-Ahabisy ingin kembali menghancurkan muslim.

4. Perang Hunain

Perang yang terjadi di lembah Hunain ini terjadi beberapa saat setelah peristiwa fathu Makkah. Yang mana terdapat beberapa kabilah kaum kafir yang khawatir akan mendapatkan serangan lanjut (penghancuran berhala, dsb.) dari kaum muslim. Rencana penyerangan bermula dari suku Hawazih dan Tsaqif.

5. Penaklukan Mada'in

Mada’in merupakan kota yang berada di wilayah Babilonia. Kota ini masuk di bawah naungan muslim di pada abad ke-7 M. Penaklukannya dilakukan di bawah pimpinan Saad bin Abi Waqqas. Kota ini sempat menjadi pusat metropolitan kuno. Namun, sejak era Abbasiyah muncul, kota ini “tenggelam” karena pusat ekonomi berpindah ke Baghdad.  

6. Kelahiran Imam Al-Bukhari

Imam Al-Bukhari, merupakan salah seorang imam besar Islam. Beliau lahir di Bukhara, 13 Syawal 194 H. (asm)

 

Sedekah Mudah di YDSF:

 

Artikel Terkait:
Perbedaan Nazhir dan Wakif dalam Wakaf | YDSF
Hikmah dari Ikhlas | YDSF
ZAKAT UNTUK HARTA CICILAN | YDSF
Doa Pagi Hari Ajaran Nabi Muhammad saw. | YDSF
Amalan dan Doa Ketika Turun Hujan | YDSF

Tags: syawal menjadi awal, syawal, peristiwa penting syawal

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: