Supervisi Kandang Qurban 2024 YDSF

Supervisi Kandang Qurban 2024 YDSF

8 Mei 2024

Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) mengadakan supervisi kandang hewan qurban sebagai upaya memastikan hewan qurban yang didistribusikan kelak berkualitas. Pada pemberangkatan supervisi kandang hewan qurban YDSF kali ini, dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada Jumat (3/5) dan Senin (6/5) lalu dengan lima titik yang berbeda. Kegiatan ini juga dalam rangka mengevaluasi persiapan hewan qurban dalam program Ekspedisi Qurban YDSF tahun ini.

Pertama, kegiatan dilaksanakan pada lima kandang, yaitu tiga kandang domba di kecamatan Kencong, Kabupaten Jember dan dua kandang di Kecamatan Banyuanyar dan Wonokerto, Kabupaten Probolinggo.

Adanya kandang ternak YDSF yang berada di dua kabupaten tersebut nantinya akan mendistribusikan hewan qurban ke beberapa daerah sekitar. Di antaranya seperti Lumajang, Jember, Probolinggo, Pasuruan, hingga Malang.

Supervisi kali ini menyoroti langkah-langkah penggemukan hewan qurban sehingga dapat memenuhi standar bobot yang ditetapkan YDSF saat hari raya nanti. Selain itu, kegiatan ini juga untuk memastikan kesejahteraan hewan qurban seperti pemenuhan kadar nutrisi pakan hingga terpenuhinya syarat sah hewan qurban.

Hadi Nur Wahid peternak domba di kandang YDSF Desa Kraton Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember menjelaskan bahwa kebutuhan nutrisi pakan banyak diberikan berupa asupan pakan kering.

“Untuk campurannya ada jagung, kulit kedelai, kangkung kering, dan ada konsentrat,” ungkap Hadi.

Ia juga menjelaskan bahwa rata-rata berat domba saat ini berada di kisaran 24 hingga 25 kilogram.

Ketua Panitia Ekspedisi Qurban YDSF kali ini, Purnomo, menjelaskan bahwa dalam jangka waktu sekitar 45 hari mendatang, domba-domba diproyeksikan akan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan, mencapai 5-6 kilogram.

“Itu kita sampling, di mana yang paling kecil sekarang sudah bobot 26 kilogram. Diharapkan di hari qurban besok, yang masih ada 45 hari bisa naik antara 5 sampai 6 kilo. Sehingga memenuhi target kita maksimal 33 kilo,” ujar Purnomo saat melakukan supervisi.

Sampling dilakukan dengan menimbang beberapa hewan qurban. “Ada 3 hewan qurban yang kita sampling, khususnya domba. Kami menimbang domba yang kecil, sedang, dan besar untuk kemudian dapat diketahui rata-rata beratnya,” Purnomo menambahkan.

Baca juga: Meraih Qurban Terbaik | YDSF

Dengan menjelang tibanya hari raya Iduladha nanti, Purnomo kembali mengajak sahabat donatur untuk kembali bersama berjibaku dalam menyemarakkan bulan kemenangan nanti. Menurutnya, tema ‘Ekspedisi Qurban: Hadirkan Kebahagiaan di Setiap Perjalanan’ diluncurkan sebagai spirit YDSF dalam menyalurkan hewan qurban sebagai sumber kebahagiaan warga-warga di pelosok desa.

Berikutnya, Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) melanjutkan survey tahap dua di Nganjuk dan Kediri.  Untuk mendapatkan bobot yang sesuai standar YDSF dan kesehatan yang memenuhi syari serta veterinarian, salah satu teknik yang dilakukan adalah breeding dan fattening. Hal tersebut telah diterapkan oleh mitra kandang hewan qurban YDSF yang berada di Kediri.

Breeding sendiri pakannya pakai rumput yang sudah kita silase, ada tambahan nutrisi berupa kosentrat. Tapi kalau untuk fattening atau pengemukan disendirikan dengan pakan full kosentrat. Soalnya untuk memenuhi kebutuhan daging,” jelas pemilik kandang bernama lengkap Bagus Dwi Prasetyo ini.

Kandang Nganjuk dan Kediri ini untuk memasok kebutuhan hewan Qurban wilayah Jawa Timur bagian barat. Tak hanya kendang domba, tim mensurvey kandang  sapi di Nganjuk. Dibyo Hadi Saputro, selaku PJ Pengadaan Qurban, menyatakan bahwa tahun ini YDSF telah siap menyambut Qurban dengan menyediakan hewan Qurban yang berkualitas. “Qurban para Sahabat Donatur nantinya akan didistribusikan ke wilayah pelosok yang jarang mendapatkan daging qurban. Mari sambung amal usai Ramadhan dengan berqurban di YDSF,” ujarnya.

 

Ekspedisi Qurban YDSF


 

Artikel Terkait

Siapa Saja Penerima Qurban? | YDSF
DAKWAH YDSF DI BALI
MENUNAIKAN QURBAN DENGAN UANG | YDSF
Wakil Bupati Halmahera Selatan Hadiri Khitanan Massal YDSF
Tips Menyimpan Daging Qurban | YDSF
YDSF Kelola Potensi Wakaf demi Umat

 

Supervisi Kandang Qurban YDSF



Tags: supervisi kandang qurban ydsf, qurban ydsf, ydsf, survei kandang qurban ydsf, survei kandang ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: