Rangkaian Penyaluran Program YDSF November 2022

Rangkaian Penyaluran Program YDSF November 2022

30 November 2022

Alhamdulillah, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) kembali dapat merealisasikan semua amanah dana dari donatur melalui program-program terbaik. Pada penyaluran kali ini, YDSF juga berkesempatan memberikan bantuan hingga mancanegara. Berikut kami rangkum penyaluran program YDSF pada Ragam November 2022:

Peduli Banjir Pakistan, YDSF Kirimkan Tenda dan Selimut

Merespon bencana alam banjir Munson di Pakistan, awal September lalu, YDSF melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan bantuan berupa 10 tenda (kapasitas pertenda 30 orang) dan 750 selimut. Bantuan itu senilai Rp75 juta. National Disaster Management Authority (NDMA), badan penanganan bencana di Pakistan menyebutkan, 33 juta orang terdampak, serta lebih dari 1.000 orang tewas dalam bencana itu.

 

Kenzie, Balita Hidrosefalus Mulai Membaik

Penyaluran kembali dilakukan YDSF kepada Kenzie, balita pengidap Hidrosefalus pada akhir bulan September. Kenzie yang dulunya tinggal di Madiun, kini dibawa keluarganya tinggal di Dusun Pohjenggel, Desa Katikan, Kedunggalar, Ngawi untuk pemeriksaan dan terapi alternatif. Balita usia 2,5 tahun tersebut sudah mulai bisa merasakan syaraf rasa sakit setelah mendapatkan terapi Topung (totok punggung). Hingga saat ini, tidak ada gejala yang mengindikasikan penyakitnya semakin memburuk pasca operasi pemasangan dua selang di belakang kepala. Lingkar kepala tidak mengalami pembesaran, serta detak jantung terpantau normal. YDSF menyalurkan bantuan Rp3 juta.

 

YDSF Bantu Biaya Hidup Pemilik Rumah Tak Layak Huni


YDSF datangi salah satu rumah tidak layak huni di Jalan Jedong, Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Surabaya. Bekerjasama dengan Lentera Today.com, portal berita di Surabaya, YDSF menyalurkan bantuan Rp3 juta untuk tambahan biaya hidup. Sementara Lentera Today menghimpun donasi untuk perbaikan rumah. Rumah tak layak huni itu diisi tiga kepala keluarga dengan kondisi memprihatinkan. Atap bocor, dinding kayu lapis lapuk, dan kondisi lantai rendah. “Bocornya banyak. Saat hujan kebanjiran,” ujar Indra Setiawan (53), pemilik rumah yang bekerja sebagai penyapu jalan. 

 

Penderita Kelumpuhan Terima Bantuan YDSF

Dana Rp1,5 juta kembali disalurkan oleh YDSF dalam progam bantuan On The Spot (OTS) di Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, akhir September lalu. Bantuan diberikan kepada Supriyo (39), penderita kelumpuhan. Ayahnya, Yateni (69), selalu membopong ke manapun Supriyo butuhkan, baik untuk sekedar buang air besar atau kecil. Kondisi keluarga semakin diperparah lantaran Lamah (59), ibu Supriyo baru saja sembuh dari tumor rahim. Untuk bertahan hidup, keluarga ini bekerja serabutan.

 

Dhuafa Jombang, Ponorogo dan Ngawi Dapat Bantuan Biaya Hidup

Pada akhir September kemarin, YDSF kembali salurkan bantuan di pedalaman Kabupaten Ngawi. Tepatnya di Dusun Grogol, Desa Bangunrejo Lor, Kecamatan Pitu. Penyaluran bantuan bermitra dengan Unit Pengumpul Infaq Zakat (UPIZ) Al Ikhlas Magetan. Dana disalurkan senilai Rp37,5 juta untuk 75 dhuafa. Masing-masing penerima mendapatkan bantuan Rp500 ribu, dengan rincian Rp300 ribu untuk kebutuhan hidup dan sisanya Rp200 ribu akan dikelola untuk kebutuhan cocok tanam. Sementara itu, program yang sama juga dilakukan di pelosok Ponorogo. Sekitar 50 dhuafa warga Desa Tugurejo dan Desa Tumpuk Kecamatan Sawoo menerima bantuan senilai Rp25 juta. “Matursuwun bantuannya,” kata Masnun (65), saat menerima bantuan.

Di Jombang YDSF juga menyalurkan bantuan bagi warga Kecamatan Wonosalam dan Kecamatan Kabuh. Sebanyak 98 dhuafa terdiri dari lansia dan janda menerima bantuan senilai total Rp49 juta.

 

Program Supervisi Dai Peternak Domba Bangkit dari PMK

YDSF kembali melakukan supervisi program Dai Pemberdaya di Mondokan, Tuban. Program kali ini adalah peternakan domba yang dikelola oleh Ustadz Fauzi Prayitno, dai YDSF. Setelah mendapatkan bantuan dana Rp50 juta pada tahun 2020, hingga kini perkembangan dan kebermanfaatan peternakan semakin terasa. Saat ini peternakan domba diisi 25 ekor. Nantinya akan ada rencana penambahan kandang ternak yang mampu diisi sekitar 20 ekor lagi. Akibat wabah PMK, sekitar 25 domba mati. Setelahnya, polanya diubah dari perkembangbiakan (breeding) menjadi penggemukan domba.

 

YDSF-KPI Gelar Pelatihan Transformasi Guru Merdeka Belajar

YDSF kembali fokus dalam membangun pendidikan yang berkualitas sejak dini. Bekerjasama dengan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI), mengadakan program Transformasi Guru Merdeka Belajar atau Guru Pelopor di beberapa daerah seperti Bojonegoro, Probolinggo, Tulungagung, Sumenep, Madiun, Jombang, Gresik dan Lumajang. Ratusan guru ikut dalam program yang dilakukan di bulan September dan Oktober itu. Materi yang diangkat dalam program tersebut adalah Pembelajaran Diferensiasi dan Proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Anggaran yang disalutrkan untuk program itu mencapai Rp350 juta.

 

Penyaluran Air, Al-Qur’an dan Santunan Guru Ngaji di Pulau Kangean

Sebanyak enam guru mengaji di Pulau Kangean menerima apresiasi dari YDSF. Masing-masing guru itu mendapatkan Rp500 ribu. Penyaluran dilaksanakan di Madrasah Ibu “As-Sholehah” Desa Sawah Sumur, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean, Sumenep. Saat bersamaan, YDSF juga menyalurkan Al-Qur’an untuk TPQ dan TPA serta Madrasah Diniyah (Madin). Sebanyak 40 Al-Qur’an dibagikan. Penyaluran salah satunya untuk Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Darun Najah, Desa Torjek, Kecamatan Kangayan. Aksi sosial lainnya juga dilakukan berupa distribusi air bersih untuk warga Pulau Bungin Nyarat, Desa Saobi dan warga Dusun Pabeta, Desa Batuputih, Kangayan. Sekitar 14.000 liter air bersihdiberikan pada 350 kepala keluarga.

 

Bantu Siswa Berkebutuhan Khusus di Yogyakarta


Untuk mengantisipasi anak putus sekolah, pada awal Oktober lalu YDSF Yogyakarta kembali menyalurkan bantuan untuk siswa-siswi yang membutuhkan. Dana sebesar Rp3 juta disalurkan kepada tiga siswa SLBN 1 Bantul, Yogyakarta. Nantinya, bantuan yang didapatkan akan digunakan sebagai biaya hidup di asrama.

 

Dukung Anak Yatim Piatu Tetap Lanjut Sekolah

Pada pertengahan September lalu, YDSF Banyuwangi salurkan bantuan Beasiswa Yatim Non Panti. Bantuan diberikan kepada M. Sidiq, anak yatim piatu yang tinggal bersama saudaranya. Bersama dengan sekolahnya, MTs At-Taufiq, uang tunai disalurkan senilai Rp 800 ribu beserta paket perlengkapan sekolah. Selain itu, peduli pada lansia dhuafa, YDSF Banyuwangi menyalurkan 175 karung beras untuk masyarakat yang membutuhkan di pelosok Banyuwangi dan sekitarnya. Masing-masing penerima bantuan mendapatkan 3 kg beras.

 

Gebyar Maulid Nabi saw. & Bantuan Sembako di Bawean

Dalam rangka gebyar Maulid Nabi 1444 H, YDSF turut berpartisipasi bersama Masjid Agung Gresik dan beberapa LAZNAS dalam melakukan sederet acara Maulid Fair selama sepekan. Acara yang dihadiri sekitar 1.000 peserta, ditutup dengan pengajian umum bersama Gus Muwafiq yang berlangsung di aula masjid. Tidak hanya itu, dalam menutup rangkaian acara selama sepekan, YDSF juga mengadakan santunan yatim untuk siswa-siswi tingkat sekolah dasar. Di tempat terpisah, YDSF kembali salurkan bantuan sembako merespon naiknya harga kebutuhan pokok. Bekerja sama dengan pemerintah Desa Sungai Rujing, Sangkapura dan Balai Desa Teluk Jati, Tambak, Bawean dan komunitas Sahabat YDSF, menyalurkan 200 paket sembako untuk kaum dhuafa. "Alhamdulillah, saya sangat berterima kasih kepada donatur YDSF sudah membagikan sembako gratis untuk kami," kata Siti, salah seorang warga.

 

Bantuan Beasiswa Yatim, Air Bersih dan Tandon Air

Demi atasi kesulitan air, akhir September lalu, YDSF Lumajang distribusikan 4 tandon berkapasitas 2.000 liter dan jeriken untuk masyarakat di Dusun Jenggrong dan sekitarnya,. Total bantuan yang disalurkan mencapai Rp20 juta. Tahap selanjutnya setelah pengadaan tandon, YDSF berlanjut memfasilitasi dropping air bersih. YDSF juga kembali menyalurkan bantuan pendidikan berupa material bangunan dan fasilitas penunjang sekolah. Penyaluran untuk tiga lembaga, di antaranya MI Al Hikmah Kedawung Padang, MI Nurul Islam Tegal Randu Klakah & Lembaga Pendidikan Daerah Pandanwangi. Jumlah dana yang disalurkan senilai Rp30 juta. Selain itu, bantuan juga diberikan untuk anak yatim tingkat SD dan SMP. Sebanyak lima siswa SMP Pondok Pesantren Darul Muhajirin Gucialit mendapatkan beasiswa total senilai Rp4.4 juta untuk membayar SPP.

 

Tunaikan Zakat, Infaq, Sedekah, & Wakaf

 

 

 

Artikel Terkait:

Safari Dakwah dan Bakti Sosial YDSF di Lereng Merbabu, Semarang | YDSF
KONSULTASI ZAKAT DARI TABUNGAN GAJI DI BANK | YDSF
5.100 Paket Buka Puasa dan Takjil Bernutrisi YDSF untuk 11 Provinsi
ZAKAT PENGHASILAN SUAMI-ISTRI BEKERJA | YDSF
YDSF dan Mahasiswa UMSIDA Bantu Penderita Syaraf Tepi di Sidoarjo
HUKUM LELANG DAN JUAL BELI WAKAF DALAM ISLAM | YDSF

 

Bantu Korban Cianjur



Tags: Ragam penyaluran program ydsf, program ydsf, program ydsf november 2022

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: