Ragam Penyaluran (Program) YDSF Juli 2022

Ragam Penyaluran (Program) YDSF Juli 2022

3 Agustus 2022

Alhamdulillah berkat dukungan Sahabt Donatur, mitra, dan seluruh pihak, Yayasan Dana Sosial al-Falah telah merealisasikan penyaluran program selama periode Juli 2022. Berikut ringkasannya:


Bantuan untuk Penyintas Banjir ROB Semarang

Banjir ROB (naiknya permukaan air laut ke daratan yang disebabkan oleh air laut pasang) menerjang Semarang, Jateng, beberapa waktu lalu, YDSF langsung ambil peran. Air pasang laut setinggi  dua meter yang meneggelamkan kawasan pesisir Kota Semarang, akhir Mei lalu itu mengakibatkan beberapa lokasi terendam. Tim Unit Aksi Cepat (UAC) Yayasan Dana Sosial al Falah bergerak di dua lokasi terdampak Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak dan di Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Selain mendistribusikan paket susu dan makanan bergizi untuk anak sebanyak 100 paket, YDSF juga mendistribusikan paket bahan pangan berupa beras dua kuintal, minyak goreng 7 karton, sosis 8 karton, energen, dan aneka minuman penghangat lainnya untuk 400 KK.

 

Sunatan Massal untuk Warga Muallaf Donggala, Sulteng


YDSF bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), pada pertengahan Mei lalu, menggelar Sunatan Massal bagi warga muallaf Dusun Simantaomo, Kecamatan Dampelas, Donggala, Sulawesi Tengah. Bakti sosial tersebut diikuti oleh 97 anak. Wilayah Dusun Simantaomo sebagian besar adalah muallaf yang menjadi binaan kantor Kementrian Agama setempat. “Kami berusaha memfasilitasi warga khususnya para muallaf yang anaknya belum disunat. Umumnya mereka enggan sunat mandiri karena faktor biaya. Untuk itu, kami dari Kemenag Donggala mengucapkan banyak terima kasih kepada YDSF yang telah membantu sunatan massal beberapa kali di Sulawesi Tengah ini,” kata Darwin, panitia acara.

 

Lagi, Belasan Masjid dan Mushala Terima Bantuan YDSF

YDSF kembali menyalurkan bantuan untuk masjid dan mushala. Sebanyak 15 lembaga mendapatkan bantuan tersebut.  Penerima manfaat antara lain dari Surabaya, Mojokerto, Jombang, Trenggalek, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan serta dari provinsi NTT, dengan total bantuan senilai Rp 134 juta. Imam Zakaria, Penanggung jawab Program Masjid mengatakan, bahwa bantuan itu merupakan realisasi ketiga di tahun 2022, dari target satu tahun sebesar Rp 2 miliar untuk 90 lembaga. “Bantuan dirupakan material bangunan serta sound system sesuai pengajuan proposal masing-masing lembaga,” ujar Imam Zakaria.

 

Unit Huntara Bantuan Donatur YDSF Siap Huni

15 Unit Huntara di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang telah siap dihuni. Masing-masing huntara dibangun dengan ukuran 6 x 4,8 meter di atas tanah seluas 10 x 14 meter. “Huntara ini merupakan kontribusi sahabat donatur YDSF, #orangbaik, kitabisa.com dan dari Lembaga Pendidikan Islam Al Hikmah Surabaya. 15 Unit Huntara kini sudah siap huni yang diperuntukkan pada penyintas Semeru,” kata Imron Wahyudi, Kadiv Pendayagunaan YDSF. Bangunan Huntara itu, bagian depannya telah dilengkapi dengan Huntap (Hunian Tetap) dari Pemerintah.

 

Pelatihan Parenting “Ayah Bunda Hebat Generasi Hebat”

YDSF dan PG TK Sinergi Tropodo, Waru, Sidoarjo menggelar acara Talk show Parenting bertema Ayah Bunda Hebat Generasi Hebat, pertengahan Juni lalu. Kegiatan yang di gelar di Hotel Premiere Place Juanda  itu diikuti 100 peserta. Ustadz Suhadi Fajaray, sebagai pemateri menjelaskan tentang penanaman ilmu dan pondasi agama pada anak. “Prestasi terhebat anak bagi orang tua adalah menjadi anak yang shalih dan shalihah yang mau mendoakan kedua orang tua nya,” kata Ustadz Suhadi, saat memberikan materi. Nur Hikmaiyah,S.Pd, Ketua Panitia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada wali murid dan YDSF atas kerja sama dalam acara itu. Di kesempatan lain, YDSF Sidoarjo meneruskan program bagi-bagi bingkisan lebaran untuk lansia pada Ramadhan lalu, hal serupa kembali dilakukan. Sekitar 10 lansia mendapatkan bantuan itu.

 

Gelar Pelatihan Nugget Berbahan Ikan Mujaer


Melihat hasil panen ikan mujaer yang melimpah di Desa Sambo Gunung, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, YDSF menggelar pelatihan pembuatan nugget dari bahan ikan mujaer, awal Juni lalu. Pembuatan nugget yang diikuti sekitar 30 orang itu dilakukan lantaran hasil panen ikan yang melimpah tapi tidak banyak terjual sehingga menumpuk. Warga banyak menyiasati dengan menjadikan ikan asin. “Wali murid kami, termasuk juga beberapa guru memiliki tambak yang dibuat budi daya ikan mujaer. Ketika hasil produksi tidak bisa terserap oleh pasar, maka kami mencari terobosan dan bertemu dengan YDSF diajari cara membuat nugget dari ikan mujaer,” kata Endang, salah seorang pemilik tambak yang jadi peserta pelatihan. Mereka berharap, pendapatan dan kesejahteraan para pembudidaya bisa lebih baik setelah mengikuti pelatihan itu.

               

Penyaluran Bantuan Beras untuk Siswa Penghafal Al-Qur’an

YDSF Sidoarjo kembali menyalurkan bantuan untuk guru Al-Qur’an di beberapa Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di wilayah Sidoarjo, akhir Juni lalu. Pada penyerahan kali ini, bantuan yang diberikan senilai Rp 22,5 juta untuk 45 guru. “Alhamdulillah,  di bulan ini YDSF kembali salurkan insentif guru Quran di Sidoarjo. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kebutuhan sehari-hari,” ujar Subagyo, Kepala YDSF Sidoarjo. Sementara itu, beberapa hari sebelumnya, YDSF Sidoarjo fast respon pada kondisi warga yang mengalami sakit dengan memberikan bantuan berupa kursi roda. Bantuan itu diberikan untuk Ririt Sugianto, warga Desa Lajuk, Kecamatan Porong.

 

Bantuan Modal Usaha untuk Pasangan Tuna Netra

YDSF Banyuwangi menyalurkan bantuan biaya hidup dan modal usaha kepada Andri (34) dan Arin (29). Keduanya adalah pasangan suami istri tunanetra warga Jatirejo, Kecamatan Purwoharjo. YDSF rencananya akan memberikan bantuan modal usaha Rp 500 ribu perbulan selama setahun. Bantuan pertama telah diserahkan pada pekan pertama Juni lalu. Andri merupakan sosok yang sangat inspiratif karena dengan keterbatasannya tidak mengeluh dalam berikhtiar untuk mencari penghidupan buat keluarganya.

 

Korban Kebakaran di Banjarmasin Terima Bantuan YDSF

Merespon bencana kebakaran yang menghanguskan rumah di Kampung Tunjung Raya, Maya Ujung, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada akhir Mei lalu, YDSF langsung memberikan bantuan untuk korban. Melalui YDSF Yogyakarta, bantuan senilai Rp 5 juta langsung disalurkan lewat relawan yang ada di Banjarmasin. “Kami berharap, bantuan ini bisa meringankan beban warga yang terkena musibah,” kata Galeh, koordinator Penghimpunan YDSF Yogyakarta.

 

Penderita Stroke Terima Bantuan Biaya Pengobatan

YDSF Jakarta kembali memberikan bantuan biaya berobat untuk Agus Dimyati (43), penderita stroke warga Desa Cilowa, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Bantuan yang diberikan senilai Rp 5 juta itu nantinya akan dipergunakan untuk berobat dan kebutuhan lainnya penunjang proses penyembuhan. “Terima kasih atas bantuannya. Semoga tambah berkah rezekinya para donatur Al Falah,” ujar Agus, saat menerima bantuan yang diberikan langsung oleh Kepala YDSF Jakarta, M. Fahmi.

 

 

Tunaikan Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf di YDSF:


 

Artikel Terkait:

KORBAN BENCANA BOLEH TERIMA ZAKAT | YDSF
Adab Bercanda dalam Islam | YDSF
CARA MENCARI BERKAH (TABARRUK) ALLAH SESUAI SYARIAT ISLAM | YDSF
Berdoa dengan Menyebut Nama Perantara (Tawassul) Orang yang Sudah Meninggal | YDSF
YDSF SALURKAN BANTUAN 600 PAKET APD KITABISA FT. AGHNIA PUNJABI
Mudahnya Membayar Zakat di YDSF

 

Wakaf Sumber Air Samigaluh YDSF



Tags: Ragam penyaluran program ydsf, program ydsf, program ydsf juli 2022

Share:


Baca Juga

Berinfaq/Bersedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: