Ragam Penyaluran Program YDSF Desember 2022

Ragam Penyaluran Program YDSF Desember 2022

29 Desember 2022

Berkat amanah para Donatur, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) telah mendistribusikan beberapa penyaluran bantuan program untuk periode Desember 2022. Berikut ringkasan distribusi program YDSF selama periode Desember 2022:

Bersama Donatur, YDSF Berencana Bangun Masjid di Rest Area 725 A Tol Mojokerto-Surabaya

Pada akhir Oktober, YDSF membersamai salah satu donatur berencana membangun masjid di Rest Area KM 725 A, Tol Mojokerto-Surabaya. Pembangunan masjid di Rest Area sebagai niat baik donatur dan YDSF serta PT Jasamarga Related Business sebagai penyedia akses lokasi pembangunan masjid. Masjid akan dibangun di atas tanah seluas 500 m2. Diperkirakan pembangunan masjid akan rampung dalam waktu 5 bulan ke depan. Sehingga masjid sudah dapat digunakan dalam momen lebaran tahun 2023. Sebagai langkah awal, pengukuran arah kiblatpun sudah dilakukan oleh Kementerian Agama Provinsi Jatim pada pertengahan November kemarin.

Hafidz Cilik dan Pesantren di Bali Dapat Al-Qur’an dari YDSF

Penyaluran Al-Qur’an kembali dilaksanakan YDSF di Provinsi Bali pada pertengahan bulan Oktober lalu. Guna menunjang dakwah Islam di kawasan minoritas, YDSF bagikan Al-Qur’an di dua titik pesantren. Penyaluran pertama, sebanyak 80 eksemplar disalurkan untuk santri cilik penghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wadda’wah Desa Pengulon, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Penyaluran kedua ditujukan untuk pesantren terdampak banjir bandang. Sejumlah 60 eksemplar ditujukan untuk Pondok Pesantren Thariqul Mahfudz, yang berada di Desa Melaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.

Ceria Bersama Donatur Cilik, Dhuafa dan Yatim Lewat NCP

Membangun kebersamaan antara donatur cilik serta anak yatim dhuafa, YDSF adakan outbond dalam program Nanda Cerdas Peduli (NCP) di Grande Garden Café, Kecamatan Prigen, Pasuruan. Kegiatan yang mengusung tema ‘Cerdas dalam Kebaikan’ itu, diikuti sekitar 150 peserta dari kalangan anak donatur dan berbagai lembaga serta komunitas di Surabaya dan Gresik. Kegiatan yang dilaksanakan pada akhir Oktober ini bertujuan sebagai bentuk memperkenalkan donatur cilik dengan mustahik anak yang mendapatkan kebermanfaatan dari donasi-donasi yang rutin diberikan. Sehingga akan terjalin keakraban dan saling mengenal satu sama lain.

YDSF Peduli Anak SLB di Magetan

YDSF turut serta menunjang kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di wilayah Magetan, Jawa Timur. Pada pertengahan Oktober lalu, melalui Sekolah Luar Biasa (SLB) Panca Bhakti, YDSF merealisasikan bantuan senilai Rp 25 juta untuk 50 siswa berkebutuhan khusus dalam program Zakat Untuk Mustahik (ZUM). Sebanyak 75% orang tua siswa bekerja sebagai buruh tani, bahkan tidak sedikit pula siswa berstatus yatim maupun yatim piatu.

Siswa TK hingga SMP Al Falah Surabaya Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir Malang

YDSF kembali bersinergi dengan Lembaga Pendidikan Al-Falah (LPF) Surabaya untuk menyalurkan donasi penyintas banjir. Dalam kurun 24-28 Oktober 2022, terhimpun donasi senilai Rp 11, 5 juta. Bantuan itu merupakan wujud donasi dari berbagai jenjang pendidikan di LPF, mulai dari KB/TK, SD, dan SMP. Bertempat di Graha Zakat YDSF, prosesi penyerahan donasi secara simbolis dilaksanakan pada awal November dan beberapa hari setelahnya langsung ke lokasi terdampak di Dusun Krajan 2, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading. “Ini merupakan upaya melatih jiwa kemanusiaan, sosial, empati, dan rasa peduli kepada sesama pada siswa,” ujar Gatot Purwanto, Kepala Bagian Humas LPF Surabaya.

Salurkan Bantuan untuk Mualaf Dhuafa & Dukung Santri Lanjut Sekolah

Savitri adalah seorang mualaf dan janda dhufa yang dua tahun lalu resign dari guru honorer lantaran harus merawat ibunya yang sakit hingga wafat sekitar tiga bulan yang lalu. Saat ini, Savitri tinggal sebatang kara di Desa Jogotrunan, Lumajang. Merespon hal itu, YDSF Lumajang menyalurkan bantuan biaya hidup senilai Rp1 juta sebagai modal usaha di depan rumahnya. Di kesempatan yang lain, beasiswa yatim non panti juga disalurkan untuk tiga santri tingkat Madrasah Aliyah, Pondok Darul Muhajirin Gucialit.. Bantuan disalurkan untuk masing-masing santri sebesar Rp 800 ribu dengan total senilai Rp 2,4 juta. Nantinya, bantuan beasiswa akan digunakan untuk pembayaran SPP.

Realisasi Bantuan Biaya Hidup, Modal Usaha dan Beasiswa Pendidikan

Pada awal November kemarin, YDSF bermitra dengan Lazis PT PJB mengadakan penyaluran zakat biaya hidup dan beasiswa pendidikan. Proses penyaluran dilakukan secara berkala dalam jangka waktu sepekan di kantor YDSF Gresik. Sebanyak 244 penerima bantuan terdiri dari siswa SD, SMP hingga SMA dan mustahik penerima zakat turut serta dalam kegiatan ini. Rencananya, penyaluran bersama Lazis PT PJB akan rutin diadakan setiap tiga bulan sekali. YDSF Gresik juga bantuan biaya berobat di tiga kecamatan; Bungah, Benjeng dan Balongpanggang. Sebanyak 10 penderita tuberkulosis (TBC) telah dibantu YDSF dalam proses penyembuhannya. Di kesempatan yang lain, sebanyak enam orang pedagang kecil sekitar masjid menerima bantuan pinjaman modal tanpa bunga. Mereka menerima Rp 1 juta. “Tahap pertama kita berikan modal Rp 1 juta. Setelah lunas, kita evaluasi dan memungkinkan bisa bertambah hingga Rp 5 juta per orang,” kata Aris Munandar selaku Kepala YDSF Gresik saat menyerahkan di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik.

Berkah Sembako untuk Bunda Yatim dan Biaya Berobat Penderita Liver

Pada pertengahan September, YDSF kembali salurkan bantuan senilai Rp 15 juta untuk 60 dhuafa di wilayah perkampungan Pagerwojo, Sidoarjo. Bantuan dalam bentuk paket sembako itu ditujukan untuk bunda yatim dan lansia yang belum pernah mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah. Santunan dalam bentuk bahan makanan seperti beras, minyak, gula, susu, kecap, dan lainnya itu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sementara itu, seorang penderita liver warga Desa Wunut, Kecamatan Porong menerima bantuan senilai Rp 2 juta untuk biaya perawatan karena tidak berpenghasilan. Namun, setelah sepekan mendapatkan bantuan dan perawatan di rumah sakit, Sulasmi, penerima bantuan, meninggal dunia.

Puluhan Warga Pacitan Terima Bantuan YDSF

Bantuan untuk mustahik kembali disalurkan YDSF kepada kaum dhuafa dan lansia di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Bantuan senilai total Rp 50 juta disalurkan di dua titik untuk mustahik Dusun Ngasem, Desa Gembong, Kecamatan Arjosari dan Dusun Krajan, Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo. Sebanyak 50 dhuafa dari masing-masing titik mayoritas bekerja sebagai buruh tani. “Penduduk di sini rata-rata bekerja sebagai buruh tani yang ekonominya kurang mampu bahkan tak bisa bekerja lagi. Harapan kami dari bantuan ini bisa bermanfaat untuk warga yang sangat membutuhkan, semoga berkah. Untuk para donatur selalu diberikan keberkahan, sehat dan selalu sukses,” kata Agus Palgunadi, Kepala Desa Gembong.

YDSF Buka Sekolah Manajemen Masjid di Banyuwangi

YDSF membuka Sekolah Manajemen Masjid Indonesia di Banyuwangi. Program itu bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para takmir masjid agar mampu membangun kembali fungsi dan peran masjid sebenarnya. Kegiatan yang dilaksanakan pada pertengahan Oktober lalu itu diikuti sebanyak 30 peserta perwakilan takmir masjid di Kecamatan Genteng dan sekitarnya. Materi yang disampaikan antara lain urgensi memakmurkan masjid, konsolidasi pengurus takmir, remaja masjid, dan manajemen keuangan masjid. Acara tersebut didukung juga oleh Lembaga Takmir Masjid NU.

Gelar Intervensi Gizi dan Edukasi Bareng Moca di Pelosok Pandeglang

Bekerjasama dengan Lazis Haleyora, YDSF Jakarta melakukan intervensi gizi dengan mendatangi rumah warga di Desa Sukadame, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Banten, akhir Oktober lalu. Sebanyak 21 anak yatim dan dhuafa mendapatkan paket intervensi gizi berupa susu, madu, dan makanan sehat. Kegiatan lainnya, Moca (Mobil Cahaya) YDSF melakukan kegiatan edukasi di lokasi kecamatan yang sama. Mobil yang dilengkapi dengan perpustakaan dan multimedia ini bertujuan untuk memberikan edukasi kapada siswa yang minim akses informasi. Selain itu, untuk menunjang efektifitas penghimpunan, YDSF Jakarta mengeluarkan release nomor rekening baru untuk penghimpunan donasi dari masyarakat. Kepala YDSF Jakarta, Fahmi Inayatulloh mengatakan penggantian nomor rekening itu untuk mempermudah transaksi donasi sekaligus untuk pencatatan penghimpunan online. “Untuk berinfak atau zakat bisa transfer ke rekening BSI  999 9000 808 atas nama Yayasan Dana Sosial al Falah lalu konfirmasi ke 0813 8588 8100,” katanya.

 

Sedekah Berkah


 

Artikel Terkait:

Layanan Operasi Hernia YDSF
YDSF KELOLA POTENSI WAKAF DEMI UMAT
Meraih Akhlak dengan Zakat | YDSF
Doa Memohon Rezeki yang Berkah dan Umur Panjang | YDSF
WAKAF TUNAI DI YDSF
YDSF Rayakan 'Agustusan' Bersama Puluhan ABK Madiun
IKATAN BAIK YDSF DAN MASJID AL FALAH


Peduli Sesama Membawa Berkah



Tags: ragam penyaluran YDSF desember 2022, penyaluran program YDSF, program YDSF, penyaluran YDSF

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: