Persiapan Terbaik Qurban Premium YDSF

Persiapan Terbaik Qurban Premium YDSF

14 Juni 2023

Dalam menunaikan ibadah qurban, hendaknya kita lakukan berbagai tahapan terbaik dalam persiapannya. Tujuannya, tentu untuk meraih ridha dan berkah dari Allah Swt. Selain itu, dengan telah menyiapkan segala proses dengan baik harapannya kemanfaatan yang dihadirkan pun akan menjadi lebih terasa serta berdampak.

Beramal tanpa ilmu, sama halnya dengan asal-asalan dan sombong. Sedangkan berilmu namun tak diamalkan, maka tidak akan ada manfaat yang dinikmati untuk kebaikan bersama. Sama halnya dengan saat menunaikan ibadah yang lain, tentu kita mengupayakan hal-hal terbaik agar ibadah tersebut diterima oleh Allah Swt.

Pertama, kita dapat memulai sebuah ibadah dengan niat yang Ikhlas dan Lillahi ta’ala. Memang, tidak ada dalil yang menyebutkan secara gamblang tentang boleh tidaknya niat itu diucapkan. Namun, Ustadz Isa Saleh Kuddeh (Dewan Syariah YDSF) menjelaskan bahwa tidak mengapa mengucapkan niat guna membantu kita semakin komitmen dengan apa yang akan dikerjakan.

Berikutnya, barulah masuk pada teknis pelaksanaan ibadah. Seperti, memperhatikan rukun, syarat, hingga apa saja hal yang dilarang dalam penunaiannya. Dalam penunaian qurban, bukan hanya diri yang perlu kita siapkan lahir batin. Namun, hewan yang akan diqurbankan juga perlu disiapkan sebaik mungkin. Karena salah satu syarat dalam penunainnya adalah memastikan hewan qurban memenuhi syarat syari. Yang mana, hal tersebut juga akan mempengaruhi proses persiapan (perawatan) hewan sebelum disembeli.  

5 Tahapan Qurban Premium YDSF


Ekspedisi Qurban 1444 H YDSF

1. Dirawat

Setiap hewan yang akan diqurbankan diberi perawatan optimal di kandang peternak lokal, milik mitra YDSF. Mulai pemberian pakan, vitamin, hingga vaksinasi. Selain itu, YDSF juga bekerja sama dengan Dinas terkait, seperti Dinas Peternakan. Tujuannya, memastikan betul bahwa kesehatan hewan qurban di YDSF benar-benar terjaga.

2. Ditimbang

Tim YDSF selalu melakukan penimbangan satu per satu hewan qurban untuk memastikan bahwa bobot yang dimiliki telah mencapai standar premium (domba: 29-38 kg dan sapi: 290-350 kg). Tidak asal, setiap tahunnya YDSF selalu berupaya memfasilitasi mudhahi untuk bisa berqurban dengan hewan premium. Tujuannya, agar kemanfaatan yang dihadirkan dapat menjangkau lebih banyak masyarakat.

3. Disalurkan

Setelah memastikan bahwa hewan qurban memenuhi standar syariah, kesehatan, serta batas premium dari YDSF, maka segera didistribusikan sesuai titik yang ditentukan. Dalam hal ini, titik distribusi yang diprioritaskan meliputi desa terpencil, miskin, dan jarang qurban;  wilayah kekurangan gizi; muslim minoritas; dan lokasi pengungsian penyintas bencana seperti di Cianjur, Semeru, dsb.

4. Disembelih

Hewan qurban Sahabat Mudhahi akan disembelih tepat pada hari raya Iduladha atau menyesuaikan bila ada permintaan tertentu (hari tasyrik).

5. Dilaporkan

Sahabat Mudhahi akan mendapatkan BAP (Berita Acara Penyembelihan) yang berisikan foto hewan qurban saat masih hidup, disembelih, dan dibagikan. Laporan secara online dikirimkan pada hari H penyembelihan hewan (maksimal H+1). Sedangkan, bagi mudhahi yang menginginkan adanya laporan dalam bentuk fisik (hardcopy), maka dapat melakukan request kepada petugas YDSF.

Selama tahapan persiapan ini, YDSF turut melibatkan Dewan Pengurus, Pengawas, hingga Pembina beserta calon mudhahi untuk melakukan survei langsung ke kendang hewan qurban. Tujuannya, transparansi kepada pihak-pihak terkait persiapan qurban di YDSF.

 

Artikel Terkait:

MENUNAIKAN QURBAN DENGAN UANG | YDSF
Doa Agar Diberikan Hikmah & Masuk Golongan Shalih | YDSF
SIAPA SAJA PENERIMA QURBAN? | YDSF
Sedekah Atas Nama Orang Tua yang Telah Meninggal | YDSF
BOLEHKAH BERQURBAN BILA BELUM AQIQAH? | YDSF
Saat Amal Baik Batal Dilakukan | YDSF
URUNAN QURBAN DI SEKOLAH | YDSF

Tags: tahapan qurban ydsf, qurban ydsf, qurban premium ydsf, proses qurban terbaik

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: