Penyaluran Program YDSF Periode Juni 2024

Penyaluran Program YDSF Periode Juni 2024

30 Juni 2024

Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) kembali menyalurkan program-program terbaiknya yang telah dipublikasikan pada Majalah Al Falah Edisi Juni 2024. Alhamdulillah, amanah dari Sahabat Donatur, mitra, dan berbagi pigak telah direalisasikan untuk penerima manfaat dengan tepat sasaran.

Berikut rangkaian program penyaluran YDSF pada Juni 2024:

Ratusan Keluarga Sahabat Donatur YDSF Padati Acara Halal Bihalal

Seusai meraih kemenangan di bulan Ramadhan, momentum kebersamaan dan silaturahmi YDSF dan Sahabat Donatur kembali berlanjut dalam agenda Halal Bihalal. Kegiatan dalam bentuk Kajian Aktual Al-Falah (Kaafah) itu dilaksanakan di ruang utama Masjid Al Falah Jalan Raya Darmo No. 137A Surabaya dengan menghadirkan pembicara Ustadz Amir Faishol Fath, pendakwah dan ahli tafsir Al-Quran dan Syeikh Ahmed E.S. Abu Ajwa, mahasiswa Palestina penerima beasiswa YDSF.

Tema ‘Mengetuk Pintu Langit Istiqamah bersama Al-Qur’an Pasca Ramadhan’ diangkat sebagai ikhtiar agar selalu menyambung kebaikan pasca Ramadhan. Agenda yang dilaksanakan awal Mei lalu itu dipadati ratusan keluarga Sahabat Donatur YDSF.

YDSF Hadiahkan Bingkisan Lebaran Bagi Warga Palestina

Di 10 hari terakhir bulan Ramadhan lalu, YDSF kembali berkontribusi menyalurkan Bingkisan Lebaran ke wilayah konflik Palestina. Tidak seperti perayaan lebaran di Indonesia, kondisi menegangkan justru terjadi di Gaza. Dalam penyaluran Bingkisan Lebaran YDSF membagikan 120 paket senilai Rp100 juta di salah satu kamp pengungsian Gaza. Bantuan yang berisi paket makanan ini, disalurkan secara bertahap.

Sebelumnya, YDSF juga mendistribusikan bantuan iftar (paket buka puasa) di Gaza selama pertengahan bulan Ramadhan. Terdapat 1.000 paket iftar didistribusikan di kamp pengungsian Middle area, Deir al-Balah, dan al-Bureij.

Tebar Beasiswa Yatim di 29 Kota di Indonesia

Penyaluran Beasiswa Yatim di awal tahun 2024 kembali disalurkan YDSF pada awal April lalu. Bantuan itu disebar di 29 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Beasiswa ditujukan guna menyokong pendidikan anak yatim ini dari jenjang SD hingga SMA. 29 Kota/kabupaten yang mendapatkan bantuan beasiswa di antaranya Kebumen, Jateng, Sampang Jatim, hingga Depok, Jabar.

Terdapat 565 siswa yatim mendapatkan beasiswa dari YDSF. Beasiswa senilai Rp439,4 juta ini dibagikan bervariatif di tiap-tiap jenjang. Tingkat SD mendapatkan Rp600 ribu, SMP Rp800, dan SMA memperoleh Rp1 juta.

Siapkan Hewan Terbaik Jelang Hari Raya Qurban

Jelang datangnya hari raya Iduladha 1445 H, tim Ekspedisi Qurban YDSF kembali menyiapkan hewan qurban di kandang ternak YDSF. Kesempatan pada awal Mei lalu, tim Ekspedisi Qurban melakukan supervisi di kandang domba dan sapi di Jawa Timur. Beberapa kandang ternak berada di Jember, Lumajang, Probolinggo, Nganjuk, dan Kediri.

Hingga dilaksanakannya qurban mendatang, bobot hewan mulai dikontrol nutrisi dan standar berat badan yang ditetapkan. Tim Ekspedisi Qurban juga terus memantau perkembangan hewan di berbagai kandang lainnya agar siap didistribusikan ke pelosok saat hari H.

YDSF Kembali Buka ISC Muslimah Masjid Baitul Haq Angkatan ke-16


Program Islamic Short Course (ISC) Muslimah Masjid Baitul Haq, Ketintang, Surabaya kembali bergulir bulan Mei lalu. Agenda pembelajaran intensif yang telah berjalan sejak tahun 2008 ini kembali diresmikan oleh mitra dakwah YDSF, Masjid Baitul Haq Ketintang Permai Surabaya dan Ikatan Dai Indonesia (Ikadi). Bahkan, kegiatan yang dalam beberapa tahun dilangsungkan secara daring akibat pandemi, kini digelar secara tatap muka. Launching ISC angkatan XVI kali ini diikuti oleh 80 peserta yang umumnya ibu-ibu pensiunan dan lansia. Nantinya, ISC akan diselenggarakan setiap dua kali dalam sepekan.

Beasiswa untuk Maria

Pada akhir April lalu, YDSF kembali menyalurkan Beasiswa Pendidikan kepada salah satu siswa di Kota Bandung, Jawa Barat. Siswa yang kini duduk di bangku kelas 2 SMP ini menerima bantuan senilai Rp1 juta. Maria Salsyabilla, yang berstatus sebagai pelajar di Madrasah Tsanawiyah Darul Ihsan YUPPI, Kampung Sukarame, Desa Cingcin ini menerima beasiswa lantaran kesulitan membayar kebutuhan sekolah. Ayahnya yang hanya bekerja sebagai kuli bangunan dengan hasil tak menentu itu tidak mampu mencukupi kebutuhan pendidikan Maria sehingga sering menunggak iuran sekolah.

Cukupi Kebutuhan Sahur dan Berbuka di Pesantren Assafiiyah Tanggerang

Momen Ramadhan lalu dirasakan bahagia bagi puluhan santri Pondok Pesantren Assafiiyah, Tanggerang, Banten. Bagaimana tidak, memasuki penghujung bulan Ramadhan, kebahagiaan terlihat saat YDSF membagikan 60 paket makanan sahur dan berbuka. Pesantren yang berbasis di Kecamatan Kresek, Kabupaten Tanggerang ini dihuni oleh beberapa santri dari jenjang pendidikan SD hingga SMA. Pesantren salafiyah ini memiliki bangunan yang sudah lapuk. Bahkan, beberapa atap yang bocor hanya ditambal dengan baju bekas.

Anak-anak SD Meriahkan Pesantren Ramadhan YDSF di Jember

Pesantren kilat rintisan YDSF kembali terlaksana di Jember. Kali ini, Pesantren Ramadhan ditujukan untuk siswa dan siswi SDN Kepatihan 2 Jember. Kegiatan yang dilakukan di Lippo Plaza Jl. Gajah Mada No. 106, Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember itu diikuti sebanyak 30 peserta.

Selain mengajarkan berbagai teladan agama sembari bermunajat di bulan Ramadhan, peserta juga diajak menikmati berbagai ragam permainan yang interaktif guna melatih kecerdasan motorik dan kepekaan sosial. Di akhir, kegiatan ditutup dengan buka bersama.

Distribusi Bantuan Gempa Bawean hingga Berdayakan Petani Gresik


Ratusan rekaman seismograf menunjukkan masifnya gempa yang terjadi di Pulau Bawean Maret lalu. Terparah gempa tercatat di magnitudo 6,5. Relawan YDSF yang hadir di Pulau Bawean saat itu turut mendistribusikan berbagai kebutuhan bagi para pengungsi gempa. Bantuan disalurkan di berbagai titik Kecamatan Sangkapura, Gresik, senilai Rp10 juta berupa sembako, selimut, hingga vitamin, dan obat-obatan. 

Kegiatan lainnya, YDSF juga melakukan program pemberdayaan petani di Desa Balongpanggang, Gresik. Sekitar 15 petani sawah mendapatkan bantuan pembiayaan modal usaha. Salah satunya adalah modal untuk pembiayaan pupuk. Pembiayaan pupuk dipilih YDSF lantaran banyak petani yang mengeluh tentang kelangkaan dan melonjaknya harga. Bantuan senilai Rp37,5 juta itu terlaksana akhir April lalu.

Muliakan Guru dan Yatim di Ramadhan

Mendekati Ramadhan lalu, YDSF terus berupaya memuliakan guru ngaji dan anak-anak yatim di Kabupaten Lumajang. Salah satu kegiatannya, YDSF membagikan tunjangan hari raya (THR) kepada guru ngaji di Kecamatan Senduro, Kecamatan Gucialit, dan Kecamatan Lumajang. Wujud apresiasi kepada guru ngaji ini dibagikan kepada 15 penerima manfaat senilai Rp7,5 juta.

Selain itu, YDSF juga memberikan santunan yatim di Yayasan Riyadhul Firdaus, Tempeh, Lumajang senilai Rp10 juta untuk 25 anak yatim. Santunan lainnya dibagikan kepada 50 yatim di pedalaman Desa Kedawung, Kecamatan Padang berupa bingkisan lebaran dan susu.

YDSF Bagikan Beasiswa di Bulan Ramadhan

Realisasi beasiswa pendidikan dalam program Beasiswa Pena Bangsa diselenggarakan YDSF di Kabupaten Sidoarjo. Beasiswa senilai Rp6,5 juta ini dibagikan kepada empat siswa. Tiga penerima beasiswa merupakan pelajar SMA dan satu penerima lainnya adalah mahasiswa. Beasiswa disalurkan bervariatif berdasarkan kebutuhan dan kondisi. Satu pelajar yang berstatus pelajar di SMK 1 Buduran menerima Rp1,5 juta, dua pelajar SMK Muhammadiyah 1 Taman menerima Rp1 juta, dan satu mahasiswa UNESA menerima beasiswa senilai Rp3 juta. Beasiswa seluruhnya dibagikan pada akhir Maret lalu.

Bahagiakan Guru Ngaji, Tukang Becak, hingga Ojol Sambut Kemenangan Ramadhan

Penghujung Ramadhan dirayakan YDSF dengan saling menguatkan kebaikan. Di Banyuwangi awal April lalu, YDSF membagikan tunjangan hari raya (THR) untuk guru ngaji dan guru sekolah Islam. Dilaksanakan di D’Cinnamon Cafe Jl. Letkol Istiqlah, Singonegaran, Kabupaten Banyuwangi, sebanyak 53 guru mendapatkan THR dengan total bantuan Rp26,5 juta.

Selain itu, YDSF juga turut mengundang tukang becak dan ojek online (ojol) di tempat yang sama guna menerima bingkisan lebaran. 20 abang becak dan ojol menerima Bingkisan Lebaran YDSF dalam bentuk paket sembako yang berisi beras, minyak, mie, sirup, serta kue.

Tim Ekspedisi Qurban Survei Titik Terpelosok di Bondowoso

Semakin mendekati datangnya hari raya Iduladha, tim Ekspedisi Qurban YDSF melakukan survei titik penyembelihan hewan di pelosok daerah. Salah satunya dilaksanakan di Kabupaten Bondowoso. Survei titik penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di Dusun Plampang, Desa Klelekean, Kecamatan Botolinggo, Bondowoso atau jaraknya 3 jam lebih dari pusat kota.

Menurut laporan tim ekspedisi Qurban YDSF, masyarakat Dusun Plampang tidak dapat merasakan daging qurban di tahun-tahun sebelumnya. Warga desa terpencil ini berprofesi sebagai petani. 50 keluarga yang menempati dusun yang tidak dapat dijangkau kendaraan roda 4 tersebut rencananya akan menjadi salah satu titik distribusi hewan qurban YDSF tahun ini.

Gelar Halal Bihalal dan Survei Titik Program Ekspedisi Qurban

Berakhirnya Ramadhan langsung diisi YDSF Situbondo dengan menggelar halal bihalal bersama Majelis Taklim Perum Griya Panji Mulya. Dikemas dalam kajian Islami, agenda silaturahmi usai lebaran ini menghadirkan Ustadzah Reky Lindyawati. Kegiatan dilaksanakan di Masjid Baitul Aziz Griya Panji Mulya, Jl. Anggrek, Talkandang, Situbondo akhir Maret lalu.

Sedangkan untuk mempersiapkan hari qurban mendatang, tim Ekspedisi Qurban YDSF melakukan survei lokasi titik penyembelihan di pelosok Situbondo. Tepatnya di Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih. Akses menuju desa ini hanya melalui jalan berbatu dan lumpur sejauh 16 kilometer. Area dusun sulit diakses lantaran diapit pegunungan dan pantai yang didominasi masyarakat buruh dan nelayan.

YDSF-Wardah-Unair Gelar Kajian Muslimah Bertema Stress Management


Mengatasi gempuran informasi di era digital dan perubahan mentalitas generasi seperti saat ini, mengakibatkan tingkat kesehatan mental menurun. Menyikapi itu, YDSF menggandeng brand kosmetik Wardah dan Universitas Airlangga (Unair) selenggarakan Kajian Muslimah. Kajian bertajuk ‘Stress Management, Jadi Perempuan Kuat Siapkan Generasi Hebat’ itu menghadirkan Psikolog Sovia Sahid, M. Psi. dan Guru Besar FEB Unair Prof. Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si serta Prof. Dr. Sri Herianingrum, SE, M.Si.

Puluhan peserta dai kalangan guru, mahasiswa, dosen, hingga ibu rumah tangga itu tampak antusias melontarkan berbagai pertanyaan seputar mengelola stres di Aula Soepoyo Gedung Academic Bussines Center lt. 3, Fakultas Ekonomi, Unair.

Salurkan Wakaf Al-Qur’an, YDSF Juga Tebar Bingkisan Lebaran ke Kawasan Minoritas

Fokus penyaluran wakaf Al-Qur’an ke kawasan minoritas berlanjut ke Kalimantan Barat. Tepatnya di Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, 70 mushaf disalurkan di TPQ Baiturrahman. Di kawasan tersebut keberadaan mushaf Al-Qur’an dinilai cukup minim. Wakaf Qur’an ke Kalbar ini dilaksanakan pada pertengahan April usai lebaran kemarin.

Sedangkan pada momen puncak Ramadhan lalu, YDSF juga turut membagikan bingkisan dan paket buka puasa bagi masyarakat muslim minoritas di Malang Selatan, tepatnya di Pantai Tamban, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, akhir Maret lalu. Selain itu, Bingkisan Lebaran juga terdistribusi ke LKSA Nurul Sa'adah Batu di waktu yang berdekatan.

 

Zakat di YDSF


Artikel Terkait

Pesan Rasulullah Saw. Untuk Umat Muslim Jelang Akhir Zaman | YDSF
ZAKAT DAN PAJAK | YDSF
Mendahulukan Qadha Puasa, Lalu Puasa Syawal | YDSF
KEJAR BERKAH, RUTIN SEDEKAH | YDSF
Garage Sale, SD Al-Hikmah Tanamkan Rasa Empati dan Jiwa Wirausaha Kepada Siswa
PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF

Tags: program ydsf, program ydsf 2024, penyaluran program ydsf juni 2024, penyaluran program ydsf

Share:


Baca Juga

Sedekah di YDSF lebih mudah, melalui: