Penyaluran Program YDSF Periode Juli 2024

Penyaluran Program YDSF Periode Juli 2024

7 Oktober 2024

Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) kembali menyalurkan program-program terbaiknya yang telah dipublikasikan pada Majalah Al Falah Edisi Juli 2024. Alhamdulillah, amanah dari Sahabat Donatur, mitra, dan berbagi pigak telah direalisasikan untuk penerima manfaat dengan tepat sasaran.

Berikut rangkaian program penyaluran YDSF pada Juli 2024:

Bersama MUI dan Baznas, YDSF Adakan Pelatihan Juleha di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Mendekati momen lebaran Iduladha lalu, YDSF beserta Badan Pengembangan Industri Halal (BPIH) MUI Jatim, dan Baznas Jatim berkolaborasi dalam agenda Percepatan Industri Halal Jawa Timur. Kegiatan yang dihadiri sekitar 200 peserta ini dihelat di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS).

Kegiatan itu diikuti oleh takmir masjid dan mushala, panitia qurban serta perorangan dari Mojokerto, Gresik, Pasuruan, hingga Blitar. Salah satu tujuan acara adalah menstandarisasi produk makanan agar terjamin kehalalannya dan bersih. Selain itu, peserta mendapatkan materi fiqih qurban, tata cara dan teknik penyembelihan.

YDSF Gelar Baksos dan Khitan Massal di Maluku

Gerak dakwah di pelosok Indonesia Timur terus digencarkan YDSF. Pada akhir Mei lalu, YDSF bekerja sama dengan Yayasan Jamaah Masjid Asy Syifa (JMS) Halmahera Selatan mengadakan khitan massal di Desa Mamuya, Kecamatan Galela dan Desa Salimuli, Kecamatan Galela Utara, Maluku Utara.

Sekitar 250 anak-anak seusia TK hingga SD mengikuti kegiatan yang diadakan di balai desa setempat. Selain khitan, YDSF juga membagikan sembako dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut. Langkah ini sebagai bentuk dukungan YDSF dalam berdakwah ke pelosok timur Indonesia, karena selain persoalan jarak dan mobilitas, pembinaan taklim juga dinilai sangat berat.

Hindarkan Pedagang Kecil dari Hutang Riba, YDSF Berikan Bantuan Modal

YDSF kembali memberikan bantuan modal usaha kepada pedagang kecil di Kelurahan Kandangan, Surabaya. Langkah ini sebagai bagian dalam mendukung pelaku usaha mikro di Kecamatan Benowo, Surabaya yang terkena dampak ekonomi. Terlebih, bantuan ini memang dikhususkan agar dapat menghindarkan pedagang kecil dari jerat hutang riba. 

Pada akhir Mei lalu, enam pedagang kecil yang tergabung dalam Komunitas Usaha Mandiri (KUM) YDSF menerima bantuan modal langsung dari tim Sosial Kemanusiaan YDSF Surabaya.

Minoritas dan Minim Pemahaman Agama, YDSF Jadikan Dusun Ini Prioritas Titik Salur Qurban

Tim Ekspedisi Qurban YDSF kembali menyusuri daerah pelosok dan terpencil menjelang Iduladha lalu. YDSF memastikan kelayakan titik salur hewan qurban dengan melakukan survei di wilayah Ngawi dan Kulon Progo, DI Yogyakarta. Hasilnya, tim Ekspedisi Qurban di Ngawi mendapati Dusun Grogol, Desa Bangunsari Lor, Kecamatan Pitu yang berada di tengah hutan jarang mendapatkan hewan qurban. Masyarakatnya pun memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Sehingga banyak anak-anak usia SD sudah menikah.

Sedangkan di Dusun Dlingseng, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, masyarakat muslim sebagai minoritas kerap mendapatkan keterbatasan akses hidup, khususnya air bersih akibat konflik umat beragama.

Latih Takmir Masjid di Surabaya dan Gresik Cakap Sembelih Hewan Qurban

Menyambut datangnya hari raya Iduladha 1445 H, YDSF dan Masjid Al-Irsyad Surabaya mengadakan kajian Fiqih Qurban. Ustadz Agung Cahyadi selaku narasumber dalam kajian ini memberikan materi fiqih qurban. Peserta kajian adalah takmir masjid dari Surabaya dan Gresik sebanyak75 orang.

Dalam kesempatan itu, YDSF juga membuka peluang kerja sama dengan takmir masjid dalam pengadaan hewan qurban. Kegiatan pada akhir bulan Mei lalu tersebut dilaksanakan di Masjid Al-Irsyad Jl. Sultan Iskandar Muda No. 46, Ujung, Kecamatan Semampir, Surabaya.

Gelar Ngaji Qurban Jelang Iduladha 1445 H

Selain masif melakukan kajian secara luring, mendekati Idul Qurban lalu YDSF menggelar kajian yang dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom. Dilaksanakan dalam dua pekan di akhir Mei dan awal Juni lalu, Ngaji Qurban menghadirkan Dewan Syariah YDSF Ustadz Muhammad Taufiq AB dan Ustadz Zainuddin MZ. 

Pada pekan pertama, Ustadz Taufiq AB mengisi kajian dengan mengupas amalan sunah yang dianjurkan di bulan Dzulhijjah. Sedangankan sepekan kemudian, Ustadz Zainuddin memaparkan fiqih qurban. Ngaji Qurban kali ini diikuti puluhan peserta yang tersebar di berbagai daerah di Jatim.

YDSF Gelar Pelatihan Ternak Domba dan Tinjau Titik Kekeringan di Sleman-Gunung Kidul

Dalam upaya mengembangkan kapasitas peternak domba, YDSF menggelar pelatihan selama dua hari. Dilaksanakan di Wakaf Kompleks Dakwah YDSF Lereng Merapi Dusun Singlar, Cangkringan, Sleman, agenda Pelatihan Dasar Ternak Domba diisi langsung oleh praktisi peternakan Akhmad Lukman, S.Pt. Sekitar 26 peternak domba dari Sleman, Bantul, Kebumen, hingga Tulungagung mendapatkan pengalaman dan materi pada kesempatan itu.

Dalam kesempatan lainnya, YDSF juga turut meninjau titik rawan kekeringan di Dukuh Kwangen Kidul, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul, DIY.  Rencana program pipanisasi digagas demi mencukupi kebutuhan air bagi 1.700 jiwa. Selama ini mereka mengandalkan air tadah hujan untuk mencukupi kebutuhan dapur hingga minum.

Distribusikan Beasiswa hingga Zakat, Rutinitas Belajar Al-Quran Kembali Digelar di Lumajang

Menjelang bergantinya tahun ajaran baru 2024/2025, YDSF mendistribusikan beasiswa untuk siswa dhuafa di Pondok Darul Muhajirin Gucialit, Lumajang. Beasiswa senilai Rp9,9 juta itu dibagikan untuk memenuhi kebutuhan pembayaran sekolah.

Zakat juga disalurkan bagi janda dhuafa dua anak yang seharinya bekerja sebagai buruh serabutan. Zakat senilai Rp1 juta dibagikan untuk memenuhi kebutuhan kedua anaknya yang masih balita. Sedangkan rutinitas belajar Al-Quran bagi anak-anak dhuafa sekitar Kantor Cabang Lumajang sudah kembali bergulir sejak awal Juni lalu.

Bekali Takmir Masjid se Kabupaten Gresik Cakap Sembelih Hewan Qurban

Pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) YDSF di Gresik

Dihadiri sekitar 127 takmir masjid dan mushala se Kabupaten Gresik, pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) dilaksanakan di Aula Masjid Nurul Jannah Kompleks Petrokimia Gresik. Kegiatan ini bertujuan melatih takmir dan pengurus penyembelihan hewan qurban agar paham serta mengerti cara menyembelih, merawat, hingga pendistribusian hewan qurban sesuai syariat Islam. Selain memahami konsep berqurban sesuai syariat, pelatihan ini juga membahas penentuan arah kiblat.

Kegiatan pada akhir Mei lalu itu, merupakan kolaborasi YDSF, KUA Kabupaten Gresik, dan Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU).

YDSF Bagikan Perlengkapan Shalat di Pelosok Dusun

Minim pemahaman agama di pelosok Dusun Grogol, Desa Bangunsari Lor, Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi, menjadikan salah satu alasan YDSF mendistribusikan 40 paket perlengkapan shalat senilai Rp4 juta, awal Mei lalu. Selain mendistribusikan perlengkapan shalat berupa sarung dan mukena kepada anak-anak dan dhuafa di sana, YDSF juga memberikan pembinaan agama dan pemberdayaan secara berkala.

Distribusi perlengkapan shalat menuju Dusun Grogol menempuh jarak sejauh 21 kilometer dari pusat Kabupaten Ngawi. Enam kilometer di antaranya menempuh medan hutan dan jalan makadam.

Supervisi Kandang di Bogor, Multivitamin Disiapkan Jelang Iduladha

Persiapan menyambut Iduladha lalu, YDSF di wilayah Jabodetabek juga melakukan supervisi kandang ternak. Dilaksanakan di salah satu Kandang YDSF di Cijeruk, Bogor, tim Ekspedisi Qurban YDSF melakukan pengecekan bobot hingga pemeriksaan hewan qurban.

Menurut Slamet, peternak yang bertugas di Kandang Cijeruk, hewan ternak dipastikan sehat setiap harinya. Asupan multivitamin diberikan untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan hewan. “Pastinya kami setiap hari melakukan pengecekan baik pemberian multivitamin dan pakan ternak dilakukan tiga kali sehari,” ujarnya.

YDSF Siagakan Dapur Umum dan Bantuan Sembako Banjir Lahar Dingin Sumbar

Merespon bencana banjir lahar dingin yang melanda Sumatra Barat pertengahan Mei lalu, YDSF dengan sigap mendistribusikan ratusan paket hygiene kit, pendampingan psikososial, serta membuka dapur umum yang melayani hampir 400 paket makanan di tiga titik di Desa Galuang dan Desa Pua, Kabupaten Agam, serta Desa Prambanan, Kabupaten Tanah Datar.

Di program lainnya, YDSF menyalurkan bantuan pangan untuk keluarga Ibu Minanti di Lampung. Paket makanan berupa kebutuhan pokok hingga susu balita dan biaya hidup disalurkan senilai Rp1,6 juta.

Serempak! Pelatihan Juleha di Kantor Cabang YDSF

Serempak dilangsungkan di beberapa cabang YDSF di Jawa Timur, pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) juga dilaksanakan di Jember dan Situbondo awal Mei lalu. Di Jember itu diisi mulai fiqih qurban, teknik menyembelih hingga teknik simpul merebahkan hewan itu. Kegiatan dilaksanakan di tiga masjid berbeda. Di antaranya di Kecamatan Sumbersari, Kecamatan Balung, dan Kecamatan Kaliwates.

Sedangkan di Situbondo, pelatihan rutin yang diadakan YDSF bersama Asosiasi Juleha Indonesia ini terlaksana di Masjid Baitul Makmur. Pelatihan yang diikuti kalangan takmir masjid ini merupakan upaya YDSF dalam mendorong produk halal dari hewan qurban yang disembelih.

Atasi Stunting Bersama Pemkot Malang, YDSF Juga Adakan Penyuluhan Anti Bullying dan Talk Show Inspirasi Bisnis

Penyuluhan Anti Bullying dan Talk Show Inspirasi Bisnis YDSF di Malang

Mendukung program Pemerintah Kota Malang dalam menurunkan angka kasus stunting, YDSF berkesempatan mengkolaborasikan pemenuhan gizi kepada anak-anak di Kota Malang. Sinergi yang dilaksanakan akhir Mei lalu itu, mmemenargetkan penurunan prevalensi stunting di angka 14%.

Sedangkan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024 lalu, YDSF menggelar penyuluhan anti kekerasan dan pencegahan bullying di Yayasan Al Khusyu’ Kabupaten Blitar untuk siswa sekolah tingkat dasar dan SMP. YDSF juga menggelar Talk Show Inspirasi Bisnis untuk menjembatani pengusaha mikro Komunitas Usaha Mandiri (KUM) YDSF di Malang akhir Mei lalu.

Penyaluran Wakaf Al-Qur’an dan Halal Bihalal Bersama Ustadz Wijayanto

Pertengahan Mei lalu, YDSF Malang menggelar Halal BiHalal dengan menghadirkan dai kondang Ustadz Wijayanto di Auditorium Malang Creative Center. Kajian ini membahas tentang keberlanjutan ibadah meski Ramadhan telah berlalu.

Sedangkan di lain kesempatan, YDSF juga mendistribusikan 260 wakaf Al-Qur’an di Papua dan pesisir Malang Selatan. Tepatnya di Ponpes Darud Dakwah Wal Irsyad Bukit Cendrawasih, Kabupaten Nabire, Papua Tengah dan di TPQ Tahfidz Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Peresmian sumur bor dan sosialisasi hidup bersih dan sehat juga dilangsungkan di Desa Sempol, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang pertengahan Mei lalu. Pasok Beras dan Al-Qur’an ke Pelosok Banyuwangi

Guna memenuhi kebutuhan pokok warga pedalaman Banyuwangi, YDSF mendistribusikan beras dan dan mushaf Al-Qur’an awal Mei lalu. Menempuh jarak perjalanan sejauh 54 kilometer dari kantor YDSF Banyuwangi, desa ini masih menggunakan air sebagai energi pembangkit listrik yang hanya bisa digunakan dari jam 5 sore.

Menjangkau Dusun Seling , Desa Jambewangi, Sempu, bantuan beras dan mushaf dibagikan kepada 20 keluarga di sana. Beras dibagikan seberat total 60 kilogram kepada warga yang mayoritas hanya bekerja sebagai buruh perkebunan karet.

Salurkan Zakat untuk 5 Mustahik di Sidoarjo

YDSF Sidoarjo merealisasikan program bantuan Zakat untuk Mustahik (ZUM) yang bertujuan untuk meringankan beban lima keluarga kurang mampu di wilayah tersebut. Melalui program ini, YDSF mendistribusikan dana zakat senilai Rp10 juta. Dana tersebut kemudian disalurkan secara merata kepada lima mustahik yang dipilih berdasarkan kriteria kebutuhan mendesak yang mereka hadapi.

Salah satu penerima manfaat adalah Siti Zaitun, yang sehari-harinya buruh serabutan dengan menawarkan jasa bersih-bersih rumah.

 

Zakat di YDSF


 

Artikel Terkait

Pesan Rasulullah Saw. Untuk Umat Muslim Jelang Akhir Zaman | YDSF
ZAKAT DAN PAJAK | YDSF
Mendahulukan Qadha Puasa, Lalu Puasa Syawal | YDSF
KEJAR BERKAH, RUTIN SEDEKAH | YDSF
Garage Sale, SD Al-Hikmah Tanamkan Rasa Empati dan Jiwa Wirausaha Kepada Siswa
PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF

Tags: laporan program ydsf juli 2024, program ydsf juli, program ydsf 2024, penyaluran ydsf juli 2024

Share:


Baca Juga

Sedekah di YDSF lebih mudah, melalui: