Penyaluran Program YDSF Edisi Mei 2024

Penyaluran Program YDSF Edisi Mei 2024

31 Mei 2024

Alhamdulillah, amanah dari Sahabat Donatur, mitra, dan berbagai pihak, telah direalisasikan oleh Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) pada program-program kebaikan edisi Mei 2024. Berikut rangkaian program penyaluran YDSF pada Mei 2024:

Sambut Lebaran, YDSF Bagikan Rp1,6 Miliar THR Guru Ngaji

Menjelang hari raya Idulfitri tahun ini, YDSF kembali membagikan Rp1,6 miliar tunjangan hari raya (THR) untuk guru ngaji, bingkisan lebaran, dan beasiswa Pena Bangsa. THR dibagikan kepada 1.305 guru ngaji yang notabene hanya mendapatkan penghasilan tidak lebih dari Rp300 ribu per bulan.

Sedangkan bingkisan lebaran dalam bentuk paket sembako disalurkan YDSF bagi 2.682 lansia dan dhuafa senilai Rp536,5 juta. Beasiswa Pena Bangsa pun tersalurkan senilai Rp435.6 juta. Bantuan itu secara simbolisasi diserahkan saat even berlangsung di area Atrium IT Lantai 1 Maspion Square Jl. Ahmad Yani No.73 Surabaya tengah Maret lalu.

Sediakan Takjil Murah, Bazar Ramadhan YDSF Diserbu Warga

Memasuki pertengahan bulan Ramadhan lalu, YDSF menggelar Bazar Ramadhan. Even itu menyediakan berbagai jajanan takjil murah yang dapat dinikmati warga sekitar Kantor Pusat Graha Zakat YDSF di Jl. Kertajaya VIII C No.17 Surabaya. Jajanan yang tersedia dalam event Ngabuburit Berkah tahun ini dari program pemberdayaan pedagang kecil yang tergabung dalam Komunitas Usaha Mandiri (KUM) YDSF.

Sembari menunggu waktu berbuka, even itu juga diisi tausiah bersama Ustadz H. Mad Toha. Seusai kajian berlangsung, sekitar lebih dari 300 warga yang hadir tumpah ruah menyerbu stand takjil.

Kemitraan YDSF Sambung Silaturahmi dengan Kajian Islami

Menyambung silaturahmi dalam rangka merawat kebaikan dilakukan tim Kemitraan YDSF selama pekan pertama bulan Ramadhan. Berbagai kajian hingga berkisah di berbagai mitra instansi terselenggara. Di antaranya menggelar kajian keislaman bagi karyawan Matahari Department Store Delta Plaza dan Kantor Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, agenda Berkisah juga dilakukan YDSF untuk mitra lembaga sekolah. Di antaranya di PG-TK Al Irsyad dan KB TK Al Hikmah Surabaya. Dengan digelarnya berbagai agenda bersama mitra, diharapkan dapat semakin menguatkan kolaborasi dalam menebar kebaikan. 

Bahas Kondisi Gaza, Syeikh Hussein Terangkan Ramadhan Tahun Ini Jauh Berbeda

YDSF terus menyuarakan dukungan terhadap rakyat Palestina. Salah satunya dengan menghadirkan tokoh asal Gaza dalam Safari Ramadhan. Dikemas dalam momen shalat Tarawih di Masjid Baitur Rohim Kertajaya, Surabaya, agenda tersebut dihadiri langsung oleh Syekh Hussein M. H. Abutabaq, dari Palestina. Ia menjelaskan kondisi kronis yang dialami rakyat Gaza dalam beberapa bulan terakhir ini. 

Syeikh kelahiran Gaza, ini pun memaparkan fakta mencengangkan. Momen Ramadhan tahun lalu pun dinilai cukup berbeda dengan sekarang. Jika tahun lalu rakyat Palestina dapat berbondong-bondong dengan aman ke masjid menunaikan shalat Tarawih, kini ratusan masjid telah hancur rata dengan tanah.

YDSF dan FK2D Distribusi 240 Mushaf Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Sebanyak 240 mushaf Al-Qur’an disebar YDSF bersama Forum Komunikasi Koordinator Donatur (FK2D) di berbagai titik di Jawa Timur. Mushaf berukuran A4 itu pun tersalurkan di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pasuruan, dan Ngawi secara bertahap selama bulan Ramadhan.

Aksi salur Al-Qur’an ini telah menjadi agenda rutin YDSF yang dilakukan setiap bulan Ramadhan. Menurut Purnomo selaku penanggung jawab Program Sedekah Al-Qur’an, kegiatan ini rutin disalurkan untuk lembaga, masjid, dan TPQ yang membutuhkan.

Respon Gempa Bawean, YDSF Terjunkan Relawan hingga Bantuan


Merespon gempa di Bawean, YDSF menurunkan relawan Unit Aksi Cepat (UAC). Gempa berkekuatan 6,5 Magnitudo yang mengguncang timur laut Tuban akhir Maret lalu menyebabkan puluhan rumah, bangunan, fasilitas umum, hingga tempat ibadah rusak. 

Melihat kondisi tersebut, YDSF berkoordinasi dengan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyalurkan bantuan dan tenaga medis. Tindakan darurat diterjunkan YDSF dengan membangun posko induk. Selain itu, bantuan logistik seperti beras 50 kilogram, 5 karton mi instan, 12 liter minyak goreng, 5 kilogram telur, serta pembagian 100 porsi takjil turut dibagikan untuk warga Sangkapura.

Adakan Webinar Kecantikan, Tips Tampil Berseri Menyambut Idulfitri

Mewadahi kebutuhan donatur muda dan wanita aktif dalam dunia kecantikan menjelang lebaran, YDSF berkolaborasi dengan brand kosmetik Wardah menyelenggarakan webinar Tampil Berseri Menyambut Idulfitri. Acara Ngabuburit Berkah sembari menunggu waktu berbuka itu dilakukan pada akhir Maret lalu.

Lila Cahya selaku Wardah Beauty Promotor sebagai pemateri menjelaskan tips tampil cantik natural selama lebaran. Kepada puluhan peserta daring, ia juga menjelaskan agar kecantikan dalam berbusana tetap dapat dilakukan tanpa melanggar syari. Salah satunya dengan menggunakan makeup yang dapat menyerap air wudhu.

136 Guru Al-Qur’an di Sidoarjo Terima THR dari YDSF

Pada pertengahan bulan Ramadhan lalu, sebanyak 136 Guru Al-Qur’an di Sidoarjo menerima Tunjangan Hari Raya dari YDSF. Bantuan senilai Rp68 juta itu diberikan bagi guru-guru Islam pelosok di Sidoarjo dengan masing-masing penerima mendapatkan Rp500 ribu.

Kegiatan yang dikemas dalam agenda Silaturahim Koordinator Donatur & Realisasi Insentif Guru Qur’an itu dilaksanakan di Masjid Ash Shobirin Graha Kuncara Eksekutif Sidoarjo. Selain membagikan THR, rangkaian acara juga diisi oleh dr. Agus Ali Fauzi, PGD Pall Med (ECU) membahas seputar kesehatan selama berpuasa.

Bingkisan Lebaran untuk Ojol Wanita dan Difabel

Mengapresiasi masyarakat yang tengah berjuang untuk keluarga, terkhusus di bulan puasa, YDSF membagikan 100 paket Bingkisan Lebaran bagi pengemudi ojek online (ojol) wanita dan difabel. Pembagian dilakukan akhir Maret lalu. 50 paket diberikan kepada para ojol wanita di Sidoarjo.

Berselang sehari kemudian, paket Bingkisan Lebaran dengan jumlah yang sama dibagikan kepada 50 anak difabel yang di Kecamatan Wiyung, Surabaya. Dalam kegiatan ini YDSF telah menyalurkan Bingkisan Lebaran senilai Rp20 juta ditambah dengan setengah ton beras fidyah. Setiap paket di antaranya berisi minyak goreng, kue, sirup, dan beras.

Kolaborasi bersama Mitra di Gresik Adakan Santunan, Beasiswa, hingga Baksos

Kolaborasi YDSF bersama PT PLN Nusantara Power Gresik kembali digelar dalam santunan zakat dan beasiswa pendidikan. Terealisasi pada akhir Maret lalu, bantuan mencapai angka Rp905,1 juta ini dibagikan untuk 300 penerima manfaat di Lower Ground Gressmall Jl. Sumatra No.1-5 Kebomas, Gresik. Masih di Lower Ground Gressmall sepekan berikutnya, YDSF juga memberikan santunan Cinta Guru Qur’an senilai RP50 juta untuk 100 guru.

Selanjutnya, kolaborasi juga dilakukan dengan sesama lembaga amil zakat di Pulau Bawean akhir Februari lalu. Bekerja sama dengan Nurul Hayat (NH), YDSF mengadakan Tarhib Ramadhan dengan agenda Bakti Sosial (Baksos) berupa pemeriksaan kesehatan gratis.

YDSF juga bekerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Gresik salurkan bingkisan paket lebaran. Selain itu ratusan takjil dan paket berbuka juga disalurkan YDSF di Gresik hasil kolaborasi bersama Keluarga Besar Tentara Gresik dan PSHT Rayon Pesisir.

Cetak Puluhan Guru Al-Qur’an di Jember Bersertifikasi Ummi

YDSF bekerja sama dengan Ummi Fondation (UF) lakukan sertifikasi gratis bagi puluhan Guru Al-Qur’an di Jember. Sertifikasi langsung dikeluarkan dari Ummi Fondation sebagai lembaga penyedia metode dan sistem mutu pembelajaran Al-Qur'an. Berlangsung pada pekan kedua bualan Maret lalu,  kegiatan ini diikuti sekitar 40 Guru Al-Qur’an di Tidar Point Cafe Resto Homestay Syariah Jl. Tidar, Sumbersari, Kabupaten Jember.

YDSF juga adakan Ngabuburit Berkah dengan membagikan 2,5 kuintal beras murah kepada masyarakat di Jl. Mawar, Jember Lor, Patrang, Kabupaten Jember. Juga penyaluran puluhan mushaf Al-Qur’an sepanjang bulan Ramadhan lalu.

Fidyah dan Paket Buka Puasa YDSF Jangkau hingga Pelosok NTT


Fidyah dan paket buka puasa YDSF kembali menjangkau pelosok negeri. Sebelum menjelang ibadah puasa Ramadhan lalu, YDSF menyalurkan fidyah di Desa Mauleum, Kecamatan Amanuban Timur Kota Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. YDSF menyalurkan 100 paket fidyah berupa beras dan makanan siap saji dengan nominal Rp7 juta yang diterima masyarakat didominasi mualaf dhuafa.

Sedangkan pada pertengahan Ramadhan, YDSF kembali menyalurkan paket buka puasa dan takjil di Desa Biting, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur. 200 Paket buka puasa dan takjil dibagikan kepada masyarakat setempat yang notabene hanya bekerja sebagai buruh tani. Penghasilan yang didapat pun hanya sebesar Rp500 ribu setiap musim panen.

Santuni Yatim dan Bagi Sembako di Festival Ramadhan

Dalam rangka memeriahkan Festival Ramadhan yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Situbondo, YDSF berkontribusi menyalurkan paket sembako. Dalam kegiatan yang dilangsungkan di halaman Kantor Kemenag Jl. PB. Sudirman No. 4, Situbondo itu, 15 paket tersalurkan bagi 15 lansia dhuafa.

Di kesempatan lain, YDSF juga memberikan santunan yatim di Situbondo. Dilakukan berangsur-angsur selama bulan Ramadhan, santunan yatim dilaksanakan bersama beberapa mitra seperti Alumni SMAN 3 Situbondo, Alumni SMPP, dan Lingkar Komunitas yang membawahi berbagai komunitas di Situbondo seperti komunitas literasi, media, fotografi, dan lain sebagainya. 

Bingkisan Lebaran untuk Lansia Dhuafa

Tidak hanya membantu masyarakat di penjuru negeri maupun mancanegara, YDSF juga membagikan Bingkisan Lebaran kepada lansia dan dhuafa yang bermukim di sekitar Graha Zakat YDSF di Jl. Kertajaya VIIIC No. 17, Surabaya.

Awal April, sekitar 25 penerima manfaat mendatangi Graha Zakat YDSF semenjak pagi dan mengantri dengan rapi. Dalam paket sembako yang dibagikan, berisi beras, gula, minyak goreng, teh, sirup, kecap, susu, dan biskuit, masing-masing senilai Rp200 ribu, dengan total bantuan Rp5 juta.

Bazar Ramadhan YDSF, dari Pesisir Lamongan hingga Pelosok Magetan

Ngabuburit Berkah ala YDSF kembali hadir. Membawa konsep bazar murah, kegiatan ini menyuguhkan hidangan dari pedagang kecil di tiap-tiap daerah. Selain menyejahterakan penikmat bazar yang hadir, kegiatan yang juga turut menyejahterakan pedagang kecil. Selain itu asupan rohani pun bertambah dengan mengikuti kajian Islam jelang berbuka yang juga menyemarakkan even tersebut.

Seperti halnya di pesisir Lamongan, tepatnya di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong. Bersama Dai YDSF Ustadz Supriyanto kajian digelar di halaman depan Pondok Pesantren Al Ittihad. Bazar murah juga dilaksanakan di beberapa titik dai lain di Jawa Timur, seperti Surabaya, Gresik, Madura, Nganjuk, Blitar, Trenggalek, hingga Magetan.

Tebar Paket Berbuka untuk Muslim Minoritas di Bali, Maluku, hingga Papua

Paket buka puasa YDSF tidak hanya menjangkau di Pulau Jawa saja. YDSF juga menyediakan paket berbuka hingga Pulau Bali dan Papua. Di Bali, paket buka puasa di salurkan YDSF di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, akhir Maret lalu. Sedangkan di Maluku 75 paket berbuka disalurkan bagi mualaf di Waefefah, Teluk Kaiely, Pulau Buru, Maluku.

Berlanjut ke Papua, 600 paket iftar direalisasikan di tiga titik di Distrik Fak Fak, Papua Barat. Tepatnya pada akhir Maret lalu paket berbuka terdistribusi ke Ponpes Hidayatullah Kampung Sekru, Masjid Al Mahdi Kebun Kelapa, dan Lapas IIB Fak Fak. Kegiatan di Papua diinisiasi oleh Dai YDSF Wilayah Fak Fak, Ustadz Nurhaeni.

Gelar Yatim Fest Bersama Radio Moderato hingga Dulang Donasi Palestina di Madiun


YDSF Madiun bekerja sama dengan Radio Moderato dan berbagai mitra sosial lainnya, bahu-membahu dalam kegiatan Yatim Fest 1445 H di Ballroom Sun Hotel Madiun. Dalam tersebut, digelar buka bersama 300 yatim, dhuafa, dan hafidz di Madiun. Agenda yang diadakan akhir Maret lalu itu, juga dihadiri oleh Wakil Walikota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri SE. MIB.

Selain itu, YDSF juga menggandeng komunitas In.Shaff mengadakan kajian Ramadhan. Mengangkat tema ‘Ramadhan in Love’, kajian digelar di Darul Huffadz Jl. Banjar Arum No. 1 Banjarejo. Dalam kesempatan lain, YDSF juga menghadirkan Syeikh Hussein M. H. Abutabaq, di Masjid At Taubah Winongo, Madiun. Dari para jamaah terkumpul donasi untuk Palestina senilai Rp7,5 juta.

Aksi Trotoar Kebaikan, Bagikan Ribuan Paket Berbuka di Malang dan Batu

Sebagai wujud nyata kontribusi YDSF kepada masyarakat Malang Raya, menggelar aksi ‘Trotoar Kebaikan’ di empat titik di Kota Malang dan Batu. Trotoar Kebaikan diisi dengan berbagi 1.500 paket buka puasa. Selain itu, YDSF juga menggelar orasi kebaikan, hiburan Islami, dan edukasi zakat infaq sedekah (ZIS). Kegiatan ini terselenggara di Kawasan Kayutangan dan Transmart Kota Malang, serta Kawasan Jatim Park 3 dan Alun-Alun Kota Batu.

Paket buka puasa lainnya juga tersalurkan ke Pondok Pesantren Al-Inabah Blitar. Dilaksanakan pada pekan kedua bulan Ramadhan, 100 paket buka puasa ditujukan ke pesantren yang basisnya diisi santri penghafal Qur’an dan yatim piatu.

Distribusi Sembako dan Paket Berbuka Bagi Penyintas Banjir Demak

Di Semarang, Jawa Tengah, YDSF pada bulan Ramadhan kemarin terus memfokuskan pemulihan pasca banjir Demak. Demi memenuhi kebutuhan buka puasa bagi penyintasi banjir, YDSF kembali membagikan 150 paket berbuka, takjil, hingga fidyah. Kegiatan yang dilakukanpada akhir Maret lalu itu mampu menjangkau sekitar 60 keluarga di Desa Tuwang, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak.

Selain makanan siap saji, YDSF juga mendistribusikan bantuan sembako ke Desa Cangkring, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Sembako berupa beras, mie instan, dll sejumlah Rp15 juta tersebut dialokasikan untuk 800 penerima manfaat.

Terus Bekerja di Tengah Terik Ramadhan, Petugas Pemungut Sampah Terima Bingkisan YDSF

Sebagai langkah apresiasi petugas pemungut sampah yang terus bekerja tanpa lelah, YDSF dan Bank Mega Syariah Cabang Darmo menggelar aksi berbagi Bingkisan Lebaran. 20 Paket Bingkisan Lebaran dibagikan kepada petugas pemungut sampah di Jl. Wonokusumo Kidul Indah, Semampir, Surabaya.

Aksi sosial itu dilaksanakan pada awal April lalu. Bantuan senilai Rp4 juta itu berbentuk paket sembako berisi beras, minyak, biskuit, sirup, dan gula.

Bahagiakan Yatim, Tukang Becak, hingga Distribusi Wakaf Qur’an di Lumajang

Memasuki datangnya bulan suci Ramadhan lalu, YDSF tergerak untuk membersamai anak-anak yatim di Lumajang dengan berbuka bersama. Kegiatan yang diikuti dengan distribusi kurma, mukenah, sarung, dan baju lebaran tersebut dilaksanakan di pedalaman Lumajang, tepatnya di Dusun Jatimulyo, Kecamatan Kunir.

Kegiatan serupa juga digelar bersama FOZ di Kantor Kemenag Lumajang akhir Maret lalu. Sedangkan paket Back to School, dibagikan YDSF untuk yatim dhuafa yang pernah terdampak erupsi Semeru di Dusun Kamar Kajang, Kecamatan Candipuro. YDSF juga turut mendistribusikan Wakaf Al Qur’an ke wilayah minoritas muslim di masjid Kamar Kajang dan mushala An Nur Dusun Cempoko Ayu, Senduro. Wakaf serupa juga dibagikan YDSF ke Dusun Pesisir, Kecamatan Pasirian bersama dengan Paket Bingkisan Lebaran. Beras 16 kuintal juga didistribusikan bagi 32 tukang becak sekitar Griya Al-Qur’an, Jalan Klojen, Lumajang. Sedangkan 78 kuintal beras fidyah disalurkan di Kecamatan Yosowilangun Kidul dan Kecamatan Kunir, akhir Maret lalu.

Ajak Yatim Berburu Baju Baru

Bahagiakan anak yatim di Banyuwangi menjelang Lebaran lalu, YDSF mengajak 10 yatim berburu baju baru di Roxy Supermarket Banyuwangi. Kegiatan kolaborasi bersama Fatayat NU Banyuwangi ini juga membagikan Bingkisan Lebaran.

Kegiatan berkisah juga turut dilangsungkan di tiga lembaga pendidikan berbeda pada awal April lalu, Roadshow berkisah tersebut dilaksanakan di SDN Model Banyuwangi, TPQ Al Islamiyah Genteng, dan Taman Qur’an Banyuwangi.

Untuk melengkapi kebaikan selama Ramadhan, YDSF juga membagikan fidyah berupa makanan siap saji dan buah kepada lansia dan dhuafa. Takjil juga dibagikan YDSF bersama SMP Muhammadiyah 12 Gambiran, SMP 1 Glenmore, dan TK Al Kalam Genteng.

YDSF Bekali Warga Binaan Rutan Keterampilan Merangkai Parsel dan Merawat Jenazah

Menyemarakkan Ramadhan dengan warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Perempuan Kelas IIA Surabaya, YDSF berkesempatan menggelar Pesantren Ramadhan. Dilaksanakan selama dua hari di pekan terakhir bulan Ramadhan, kegiatan tersebut diisi dengan pelatihan perawatan jenazah dan lomba merangkai parsel khas lebaran di Aula Rutan Jl. Pemasyarakatan I Kebonagung, Porong, Sidoarjo. Dai YDSF Ustadzah Titin Nurmila melakukan pembinaan kreativitas dan penguatan iman bagi 204 warga binaan.

Rapatkan Ukhuwah Islamiyah, YDSF Gelar Berbuka Bersama Donatur

Dalam rangka menguatkan ukhuwah Islamiyah, YDSF bersama Forum Komunikasi Koordinator Donatur (FK2D) adakan buka puasa bersama. Kegiatan yang diikuti sekitar 200 koordinator dari Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik ini juga diisi dengan tausiyah Ustadz Hadi Sucipto. Buka bersama pada akhir Maret lalu itu dilaksanakan di Resto DK 26 Jl. Darmokali No. 26 Surabaya.

Selain dengan koordinator donatur, di lokasi yang sama, YDSF juga mengadakan buka bersama dengan donatur lainnya seperti donatur perorangan dan lembaga. “Kegiatan ini sebagai bentuk kolaborasi sekaligus membangun kedekatan dengan semua pihak,” kata Jauhari Sani, Direktur Utama YDSF. 

Tebar Buka Puasa & Insentif Guru Qur’an di Bandung dan Jakarta

Sebaran kebaikan di momen bulan Ramadhan juga dilakukan YDSF di Kota Metropolitan Jakarta dan Bandung. Terdapat sekitar 709 paket takjil dibagikan di kawasan Pancoran dan di depan Kantor Cabang YDSF Jakarta Jl. Siaga Raya No. 40 Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

YDSF juga membagikan 280 paket berbuka di sekitaran jalan raya hingga lembaga pendidikan Islam, seperti pesantren baik di Bandung maupun Jakarta. Tidak lupa, YDSF turut membagikan insentif bagi 39 Guru Qur’an.

Camping Qur’an di Pesantren YDSF hingga Buka Gerai di Pasar Sore Masjid Jogokariyan

Puluhan muslimah meriahkan Camping Qur’an di Pesantren YDSF Cangkringan, Sleman, Yogyakarta selama Ramadhan lalu. Bekerja sama dengan Rumah Tahfidz Masjid Jogokariyan, beragam kegiatan seperti tahfidz hingga tahsin serta kegiatan kreatif lainnya diselenggarakan selama dua sesi. Sesi pertama digelar pada pekan terakhir Maret, sedangkan sesi berikutnya diadakan pada pekan pertama bulan April.

Selain itu YDSF juga turut membagikan paket buka puasa di Masjid Nur Muttaqin Sudagaran, Tegalrejo, Yogyakarta. Selain paket berbuka, YDSF pun membagikan takjil berupa buah-buahan. Sedangkan dalam rangka memudahkan masyarakat Yogyakarta menyalurkan dermanya, YDSF membuka Gerai Ramadhan di Pasar Sore Masjid Jogokariyan.

 

Ekspedisi Qurban YDSF


 

Artikel Terkait

Siapa Saja Penerima Qurban? | YDSF
DAKWAH YDSF DI BALI
MENUNAIKAN QURBAN DENGAN UANG | YDSF
Wakil Bupati Halmahera Selatan Hadiri Khitanan Massal YDSF
Tips Menyimpan Daging Qurban | YDSF
YDSF Kelola Potensi Wakaf demi Umat

 

Supervisi Kandang Qurban YDSF



Tags: penyaluran program ydsf, penyaluran program ydsf mei 2024, program ydsf, program ydsf mei 2024

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: