Penyaluran Program YDSF Edisi Maret 2024

Penyaluran Program YDSF Edisi Maret 2024

29 Maret 2024

Alhamdulillah, berkat amanah dari Sahabat Donatur, mitra, dan berbagai pihak, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) dapat terus mendistribusikan kebaikan selama Maret 2024. Berikut rangkaian program penyaluran YDSF pada Maret 2024:

Bahas Kritis Palestina, YDSF Hadirkan Husein Gaza di Surabaya

Dalam Program Ngobrolin Palestin, YDSF kembali mengundang relawan kemanusiaan sekaligus jurnalis asal Indonesia yang telah lama tinggal di Gaza, Muhammad Husein. Pada kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Al Falah, Surabaya itu, Husain Gaza memaparkan fakta mencengangkan tentang genosida di Palestina. Begitupun dengan ketersediaan layanan ambulans yang hanya ada enam unit saja untuk mengakomodir wilayah Gaza  seluas 365 kilometer persegi. Sedangkan setiap harinya, antara pagi hingga malam hujanan bom tak terhitung. Bisa dipastikan, Husein Gaza menyebut hingga 1000 bom setiap hari baik di darat maupun di udara. Pada kesempatan itu terkumpul donasi senilai Rp19,6 juta.

KUM Kembali Suntik Modal Usaha Kecil

Komunitas usaha kecil binaan YDSF kembali mendapatkan suntikan modal. Melalui Program Komunitas Usaha Mandiri (KUM), modal senilai Rp19 juta dicairkan YDSF untuk tujuh penerima. Kali ini, modal disalurkan di untuk anggota KUM di Platuk Donomulyo, Kenjeran, Surabaya.

Penerima manfaat mendapatkan modal usaha dengan nominal bervariatif, menyesuaikan kebutuhan dan kondisi ekonomi antara Rp1 juta hingga Rp3,5 juta. Sulis, salah satu penerima, mendapatkan suntikan modal senilai Rp3 juta. Ibu penjual jajanan kantin ini mengaku modal yang ia dapat berguna untuk mempertahankan usaha yang ia geluti.

Gelar Roadshow Husein Gaza Keliling Jatim

Setelah digelar di Surabaya, akhir Januari lalu YDSF kembali melanjutkan ‘Roadshow Saksi Mata di Bawah Langit Palestina’ keliling Jawa Timur. “Saya bukan hanya saksi mata. Saya adalah korban selamat (dari genosida),” tegas Husein Gaza yang dihadirkan sebagai pembicara.

Roadshow ini digelar di tiga titik di Gresik dan Lamongan. Dua lokasi di Gresik terselenggara di Masjid Nurul Jannah Petrokimia dan Masjid At Taqwa Giri. Sedangkan di Lamongan bersama Bupati Yuhronur Efendi, kisah nyata perjuangan rakyat Palestina diceritakan di Markaz Tahfidz Preneur El Zahro. Dari berbagai mitra yang turut mendukung, kegiatan kali ini berhasil mengumpulkan donasi Palestina sejumlah Rp102,9 juta.

YDSF dan Masjid Al Falah Bagi-Bagi Santunan di RSUD dr. Soewandhie Surabaya

Akhir Januari lalu, YDSF bersama Masjid Al Falah Surabaya mendatangi langsung RSUD dr. Mohamad Soewandhie memberikan santuna kepada 46 pasien rawat inap. Santunan disalurkan langsung bagi pasien dhuafa di kamar inap masing-masing. Dikemas dalam kegiatan “Solidaritas Sosial Peduli Pasien” mereka mendapatkan bantuan masing-masing Rp500 ribu.

Direktur RSUD dr. Mohamad Soewandhie, dr. Billy Daniel Messakh Sp.B., mengatakan kehadiran YDSF dan Masjid Al Falah dinilai mampu memberikan obat tersendiri bagi pasien di rumah sakit yang ia kelola.

Dai YDSF Ajarkan Membaca Al-Qur’an bagi Warga Binaan Rutan Ponorogo


Warga binaan Rutan Ponorogo kembali mendapatkan suntikan moral dari YDSF. Setelah mengutus lima Dai berdakwah di wilayah Ponorogo dan sekitarnya, kali ini Dai YDSF kembali menyasar Rumah Tahanan Kelas IIB Ponorogo di Jalan HOS Cokroaminoto, Banyudono, Kabupaten Ponorogo. Pada kesempatan kali ini, dai YDSF memberikan pengajaran membaca Al-Qur’an melalui buku Iqra’. Kurang lebih 40 Warga Binaan Pemasyarakat (WBP) laki-laki, turut serta dalam kegiatan yang dilangsungkan di Masjid Rutan At-Taubah pertengahan Januari lalu itu. Sebelumnya, pada Desember tahun lalu YDSF juga menyalurkan mushaf Al-Qur’an untuk di tempatkan di Rutan yang sama.

Gelar Kajian di Bank CIMB Niaga

Kerja sama YDSF dan Bank CIMB Niaga Cabang Darmo terus berlanjut. Pada akhir Januari lalu, YDSF kembali menggelar kajian untuk karyawan CIMB Group. Kegiatan ini diikuti oleh karyawan dari kantor Konvensional CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah.

Sekitar 50 karyawan hadir di kantor yang beralamat di Jl. Raya Darmo No.26, Kecamatan Tegalsari, Surabaya itu. Agenda tersebut diawali dengan shalat Maghrib berjamaah, kajian seputar ibadah dan dunia kerja, serta diakhiri dengan shalat Isya’ berjamaah.

Seminar Parenting: Latih Orang Tua Sigap Mendidik Anak

Pola asuh yang baik menjadi modal penting orang tua dalam membesarkan anak. Di tengah krisis moral melanda, YDSF menggelar Seminar Parenting Akbar di Sidoarjo. Digelar di dua tempat pada akhir Januari lalu. Kegiatan terselenggara bagi wali murid PAUD IT dan SDIT Madani Ekselensia di STKIP PGRI Sidoarjo. Kegiatan lainnya digelar di Premier Place Hotel Juanda bagi wali murid PG-TK Sinergi.

Kegiatan itu diisi oleh Ustadz Suhadi Fadjaray, pakar dan penulis buku parenting serta Prasetyo, guru PAUD IT Madani Ekselensia. Suhadi mengatakan, materi kali ini dapat menjadi landasan baik mengambil keputusan mendidik anak. “Mendidik anak itu ada ilmunya,” katanya.

Sokong Festival Rajabiyah di Madiun, YDSF Juga Gelar Seminar di Ngawi

Memasuki Bulan Rajab, MI Plus Al Islam Dagangan, Madiun bersama YDSF menggelar Festival Rajabiyah, Februari lalu. Salah satu kegiatan yang terselenggara adalah berkisah. Dihelat di halaman sekolah Kompleks Masjid Baitul Amin, antusiasme ratusan siswa menyimak perjalanan kisah Nabi Muhammad saw.

Di kesempatan lainnya, YDSF juga turut mengadakan seminar parenting di Ngawi. Bersama mitra sekolah MI Plus Darussalam Ngawi, kegiatan dilaksanakan di SMPN 1 Geneng, akhir Januari. Membahas tema ‘Mendidik Anak di Era Digital’, forum bersama wali murid kali ini dibahas tuntas oleh Ustadz Miftahul Jinan dari Griya Parenting.

Bagikan 4 Kuintal Beras dan Santuni Anak Yatim di Lumajang


YDSF secara rutin kembali menyalurkan beras bagi para lansia dan janda dhuafa di Lumajang. Pada akhir Januari lalu, sebanyak empat kuintal beras dibagikan kepada masing-masing penerima seberat lima kilogram. Pada tahap kali ini, tim YDSF di lapangan membagikan santunan dengan langsung menyasar rumah warga.

Beasiswa pendidikan bagi yatim juga turut tersalurkan bagi dua anak yatim di Lumajang pertengahan Januari lalu. Beasiswa Rp1 juta diberikan kepada Alsha dari Kecamatan Sumbersuko dan Davian dari Kecamatan Yosowilangun.

Salurkan Zakat hingga Beasiswa di Bandung dan Bogor

Menjadi tulang punggung keluarga, Rika terpaksa menghidupi anak-anaknya sendirian. Bertempat tinggal di rumah kontrakan di Kelurahan Babakan, Sumedang, Kecamatan Kiaracondong, Bandung, Rika menghidupi ketiga anaknya dengan bekerja serabutan dan katering. Paket sembako akhirnya disalurkan bagi Rika dan anaknya setelah YDSF mendatangi rumahnya.

Di Bogor, YDSF juga berkesempatan mendatangi kediaman Hanifa. Pelajar kelas 9 yang menunggak biaya sekolah bertahun-tahun. Ayahnya yang berprofesi sebagai ojek online hanya mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari. Beasiswa senilai Rp2 juta kemudian diberikan kepada Hanifa agar kembali bersemangat dan berprestasi di sekolah.

Resmikan Sumur Bor di Pelosok Malang Selatan: Kelangkaan Air Bersih Teratasi 

Kelangkaan air bersih yang telah terjadi puluhan tahun di Dusun Karangrejo Selatan, Desa Purworejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang kini teratasi. Berkat jangkauan Dai YDSF di wilayah Malang Selatan, Ustadz Kholik memulai pengeboran bersama warga dimulai awal tahun ini. Sumur itu akhirnya selesai dengan biaya senilai Rp63,3 juta. Hasilnya, kebutuhan air untuk 100 rumah warga etrcukupi. Kegiatan ini hasil kolaborasi antara Lembaga Pendidikan Al Falah Darussalam Tropodo, Sidoarjo dan lembaga amil zakat Dompet Al-Qur'an (DQ). Sumur bor sebagai solusi kelangkaan air bersih ini pun kemudian diresmikan Direktur Pelaksana YDSF Jauhari Sani, awal Februari lalu.

YDSF Ambil Peran Bina Warga Rutan Bersama Bapas Surabaya

YDSF kembali mengambil peran untuk memberikan pelayanan bersama Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas I Surabaya. Nota kesepahaman (MoU) sebagai penanda kerja sama ditandatangani langsung oleh Kepala Divisi Pendayagunaan Imron Wahyudi bersama Kepala Bapas Rika Aprianti akhir Januari lalu. Kesepakatan ini merupakan bentuk komitmen YDSF dalam melakukan pembinaan warga rutan (rumah tahanan) dan mantan penghuni rutan.

YDSF sendiri telah turut serta melakukan pembinaan sejak tahun 2005 silam. Kegiatan yang dijalankan YDSF berkutat pada penguatan keislaman dan pemulihan ekonomi bagai mantan warga binaan. Guna memenuhi kebutuhan ini.

Rakor Dai YDSF Rancang Program Jangkau Pelosok Desa

Rapat Koordinasi (Rakor) Dai Desa YDSF kembali digelar awal tahun 2024. Sekitar 10 dai desa turut hadir dalam kegiatan yang di gelar di Graha Zakat 2 YDSF Jl. Kertajaya 8C No. 11, Surabaya itu. Rakor kali ini membahas tentang program tahunan Dai YDSF, setelah pada penghujung tahun 2023 diadakan perubahan kepengurusan. Salah satu usulan terbaru adalah dengan menggelar program Grebek Masjid (Gerakan Bersama Memakmurkan Masjid) yang di dalamnya terdapat program GSB (Gerakan Subuh Berjamaah) dan GMB (Gerakan Masjid Bersih) agar dapat menjangkau pelosok-pelosok desa.

Tebar Santunan Yatim dan Pasok Pangan Pesantren di Banyuwangi

Berkolaborasi bersama Forum Peduli Kasih, pertengahan Januari lalu, YDSF Banyuwangi memberikan santunan yatim di Dusun Kaliwadung, Desa Sumbergondo, Kecamatan Genteng, Banyuwangi. Santunan diberikan kepada 13 yatim senilai Rp6,5 juta. Selain membagikan uang tunai, dalam santunan yang dihadiri wali yatim ini juga turut memberikan paket bingkisan.

Selain itu, YDSF juga memasok kebutuhan pangan Pondok Pesantren Syech Marhuril Abdul Jalil, awal Februari. Kebutuhan pangan sembako disalurkan senilai Rp4,1 juta berupa beras, minyak, gula, mie instan, telur, dan susu. Saat ini, ponpes yang terletak di Desa Karetan, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi ini mendidik sekitar 60 santri dari jenjang SD hingga SMA.

Silaturahmi Kemenag, Baznas, dan Laz se-Jateng Bahas Konsolidasi Kemanfaatan Dana Ziswaf

YDSF yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) Jateng hadir dalam agenda Pembinaan Kompetensi SDM Amil Pengelola Zakat se-Jawa Tengah bersama Baznas Jateng dan Kemenag RI. Diwakili Kepala  YDSF Cabang Semarang, Mashari, kegiatan ini diikuti 67 peserta lain dari berbagai elemen pengumpul ziswaf di Jateng.

Hadir sebagai pemateri Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Waryono Abdul Ghafur dan Wakil II Baznas Jateng Zain Yusuf yang membahas tentang sinergi antar lembaga agar tercipta kemanfaatan tepat guna bagi kesejahteraan umat. Selain itu, kompetensi amil dinilai berperan penting dalam menyebarluaskan literasi zakat kepada masyarakat. 

Momen Isra’ Mi’raj, Kenalkan Ajaran Shalat Bagi Warga Rutan Perempuan

Sehari menjelang peringatan Isra’ Mi’raj 1445 H Februari lalu, YDSF kembali memberikan sentuhan spriritual bagi warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Perempuan kelas IIA Surabaya. Diikuti sekitar 200 binaan rutan, tausiyah mengenalkan lebih dekat ajaran shalat dikaji trainer spiritual parenting Ustadz Ruman Nasruddin.

Amiek Diyah Ambarwati Kepala Rutan menjelaskan bahwa karena YDSF, ilmu, iman, dan mental warga binaan rutan terpenuhi. Terutama motivasi bahwa masuk penjara bukanlah akhir dari segala-galanya. Penguhuni rutan yang beragama Islam pun diajarkan untuk melaksanakan shalat lima waktu berjamaah, hingga belajar mengaji.

Koordinator Donatur YDSF Selenggarakan Rapat Kerja Tahunan

Rapat Kerja Tahunan Forum Komunikasi Koordinator Donatur (FK2D) YDSF kembali digelar. Rapat guna membahas program penghimpunan yang dimotori oleh jaringan donatur YDSF ini membahas tentang efisiensi penghimpunan di tahun 2024. FK2D yang memiliki misi untuk mendukung amanah YDSF dalam menghimpun donasi ini dilaksanakan di Graha Zakat Jalan Kertajaya VIIIC No 17, Surabaya akhir, Januari lalu. Anang Choirul, Koordinator FK2D mengatakan rencana program yang digelar nantinya akan berupa ragam pelatihan bagi donatur.

Respon Banjir Pasuruan, Dirikan Pos Hangat hingga Latih Relawan Hadapi Darurat Bencana


Merespon bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan awal tahun lalu, YDSF mendirikan Pos Hangat dan Posko Layanan Kesehatan Gratis dengan klinik Al-Falah Medika. Pada bencana banjir lumpur setinggi 10-60 sentimeter yang meredam 85 rumah warga ini, YDSF juga memberikan bantuan paket sembako.

YDSF juga menyalurkan bantuan kepada Mbah Samirah yang mengalami bencana kebakaran rumah. Bantuan berupa biaya perawatan dan rehabilitasi rumah disalurkan pertengahan Januari lalu. Sedangkan untuk menyikapi pola masyarakat dalam beribadah saat menghadapi bencana, YDSF juga telah menggelar ‘Pelatihan Fiqih Kebencanaan’ yang diadakan di Kantor Cabang YDSF Malang Jalan Kahuripan Nomor 12 Klojen, Kota Malang bersama Komunitas Lingkar Cakrawala, pertengahan Januari kemarin.

Adakan Beragam Pelatihan dan Salurkan Fidyah di Kampung Topeng Malang

Mendekati bulan Ramadhan, YDSF pada pertengahan Januari lalu menyalurkan fidyah 100 kotak makanan bagi dhuafa di Kampung Topeng Kedungkandang, Kota Malang. Kampung Topeng yang dikelola Dinas Sosial Kota Malang ini notabene dihuni oleh mantan gelandangan dan pengemis.

YDSF juga berkesempatan memberikan sosialisasi bagi penerima manfaat Program Air Bersih di Desa Banduarjo, Kalipare, Kabupaten Malang. Dilakukan akhir Januari lalu YDSF sekaligus membentuk Local Heroes Al-Falah (LHA) sebagai upaya pemahaman masyarakat dalam mengelola dan menggunakan air bersih.

Sedangkan bagi pemilik usaha kecil anggota KUM (komunitas usaha mandiri) di Malang, juga turut mendapatkan pelatihan agar dapat berkembang usahanya di tahun 2024.

Relawan UAC Distribusikan Makanan untuk Penyintas Banjir Grobogan Jateng

Merespon Banjir di Grobogan Jateng awal Februari lalu, Relawan Unit Aksi Cepat (UAC) YDSF Salurkan makanan siap saji bagi ratusan pengungsi. Seperti diketahui, banjir merendam sekitar 33 desa di 12 kecamatan di Kabupaten Grobogan. Dari bencana ini diperkirakan terdapat 3.704 rumah terdampak.

Selain mendistribusikan makanan siap saji, kebutuhan pokok, dan mendirikan dapur umum, YDSF sekaligus berupaya memberdayakan masyarakat sekitar. Ibu-ibu yang juga korban banjir dikerahkan untuk memasak bagi para pengungsi lain yang saat itu masih tinggal di rumah masing-masing.

 

Zakat Mudah


 

Artikel Terkait

Pesan Rasulullah Saw. Untuk Umat Muslim Jelang Akhir Zaman | YDSF
ZAKAT DAN PAJAK | YDSF
Mendahulukan Qadha Puasa, Lalu Puasa Syawal | YDSF
KEJAR BERKAH, RUTIN SEDEKAH | YDSF
Garage Sale, SD Al-Hikmah Tanamkan Rasa Empati dan Jiwa Wirausaha Kepada Siswa
PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF


Tags: ragam penyaluran ydsf maret 2024, program ydsf maret 2024, program ydsf, penyaluran ydsf, penyaluran ydsf maret 2024

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: