Penyaluran Program YDSF di September 2023

Penyaluran Program YDSF di September 2023

29 September 2023

Berkat amanah dari Sahabat Donatur yang masih terus mempercayakan pengelolaan dana zakat, infaq, sedekah, dan wakaf melalui Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF), kami dapat terus menebarkan manfaat untuk umat. Telah banyak program baru yang kemanfaatannya juga dirasakan hingga pelosok desa. Berikut telah kami rangkum penyaluran program YDSF untuk periode September 2023:

Perahu Wakaf Pertama YDSF Resmi Berlayar

Alhamdulillah, Perahu wakaf YDSF telah diresmikan pada pertengahan Juli lalu. Program tersebut diinisiasi sejak 2021 dan pengerjaannya perahu dimulai pada 2022. Perahu berukuran panjang sembilan meter, lebar tiga meter, dan tinggi 1 meter itu dirampungkan dalam 7 bulan, sebelum akhirnya diresmikan langsung oleh jajaran Pembina dan Pengurus YDSF yang disaksikan oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Jawa Timur KH. Jeje Abdur Rozaq, M.Ag.

Peresmian itu berlangsung di tepi pantai Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Lamongan. Simbolisasi penyerahan perahu wakaf diterima langsung oleh kelompok nelayan setempat. Pada kesempatan itu, didakan juga pengobatan gratis untuk warga dengan menggandeng Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI).

BRI Support Program YDSF

BRI Kaliasin, Surabaya siap mendukung Program Beasiswa Pena Bangsa YDSF. Penandatanganan nota kesepahaman dilaksanakan di Graha Zakat YDSF, Jl. Kertajaya VIIIC No. 17, Surabaya, pertengahan Agustus 2023. YDSF diwakili oleh Direktur Pelaksana Jauhari Sani, sedangkan BRI Kaliasin diwakili Branch Manager Dupa Nusantara.

Untuk tahap awal, BRI Kaliasin memberikan 1000 Tabungan BRI SimPel bagi 1000 pelajar penerima beasiswa. Untuk itu, BRI Kaliasin mengalokasikan dana Rp10 juta. Ke depannya, BRI siap mendukung program-program sosial lainnya yang dilakukan oleh YDSF.

Dampak Kekeringan di Ponorogo dan Madiun, YDSF Alirkan Wakaf Air

Kelangkaan air bersih dialami masyarakat Desa Wates, Kecamatan Slahung, Ponorogo. Sebagai Upaya membantu warga setempat, akhir Juli lalu YDSF realisasikan program Wakaf Air Bersih untuk memudahkan masyarakat mendapatkan air bersih. Dengan menggandeng PT Gusse Strategic Indonesia, dilakukan pemasangan pipanisasi, tandon, dan pompa air. Wakaf Air di Desa Wates sudah mengalir sekitar sejauh satu kilometer. Namun demikian, masih butuh pipanisasi tambahan untuk menyalurkan ke warga.

Sementara itu, pengeboran sumur Sibel di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Madiun telah rampung digarap. Proyek yang dikerjakan sejak 2020 ini, kini telah memberikan banyak manfaat bagi warga sekitar.

Berdayakan Mustahik Lewat Ternak Domba YDSF

Dua kandang domba YDSF yang berada di Nganjuk dan Jombang, Jatim telah mengalami peningkatan. Pada awal Agustus lalu, progresnya telah menghasilkan domba yang siap dimanfaatkan. Kedua kandang masing-masing memiliki konsep penggemukan dan pembibitan. Di Nganjuk, domba-domba ternak dikembangkan dengan cara penggemukan. Sedangkan di Jombang, domba diternakkan agar menghasilkan bibit unggul.

Adanya kandang domba ini, diharapkan menjadi sumber kebaikan YDSF untuk selalu menebar manfaat kepada mustahik. Dengan tata kelola dan sistem ternak yang baik, diharapkan peternakan domba dapat memberi manfaat berkelanjutan. “Dari hasil pengelolaan nantinya akan disalurkan kepada penerima manfaat yang membutuhkan,” Rochmad Hidayat, Manajer Zakat dan Kemanusiaan YDSF.

BI-YDSF Bagikan 100 Paket Sembako untuk Ojol


100 pekerja ojek online (ojol) wanita yang tergabung dalam Komunitas Wanita Tangguh Surabaya (Watasa), pertengahan Agustus lalu mendapatkan sembako hasil sinergi antara Bank Indonesia dan YDSF. Penyerahan bantuan dilangsungkan di halaman markas Watasa di Tenggilis, Surabaya. Para ojol wanita yang hadir mempunyai latar belakang beragam. Ada yang janda, dhuafa, dan usaha kecil.

Kepala Divisi Implementasi KEKDA KPwBI Jatim, Dadal Angkoro menjelaskan bahwa YDSF dipercaya sebagai partner karena memahami kondisi masyarakat yang layak dibantu. “Kami sangat berharap dengan kerja sama ini agar lebih tepat sasaran,” lanjut Dadal.  Selain memberikan apresiasi kepada pekerja perempuan, momen tersebut juga bertujuan memberikan edukasi tentang Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah.

YDSF Salurkan Beasiswa Pena Yatim Rp256,8 Juta

Mengawali bulan Agustus lalu, Beasiswa Pena Yatim kembali disalurkan YDSF. Beasiswa terealisasi di tujuh kabupaten dan kota seperti Batu, Magetan, Ponorogo, Probolinggo, Situbondo, Surabaya, dan Tuban. Beasiswa dengan total nilai Rp256,8 juta itu diperuntukkan 46 Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) atau untuk 428 anak yatim dhuafa.  

Talk Show Sambut Tahun Baru 1445 H

Cara istimewa menyambut pergantian tahun baru Islam 1445 H. dilakukan YDSF dan SMP Al Falah Deltasari, Sidoarjo dengan menggelar Talkshow bertajuk Berhijrah Menjadi Generasi Tangguh dan Berprestasi. Acara yang digelar akhir Juli lalu itu menghadirkan pendakwah Ustadz Marzuki Imron.

Pendakwah yang dikenal dengan sebutan Ustadz Naruto itu memberikan motivasi untuk 226 siswa. Kegiatan yang sekaligus bertepatan dengan tahun ajaran baru itu juga memberikan bekal motivasi bagi siswa baru di kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). “Mereka terhibur, karena narasumber menggunakan bahasa ringan dan lucu,” ungkap Defi Aryani, Wakasek Kesiswaan dan Humas SMP Al Falah Deltasari, Sidoarjo.

YDSF-MTM Al-Kautsar Santuni 104 Anak Yatim Probolinggo

Akhir Juli lalu, YDSF menggandeng Majelis Ta’lim Muslimah (MTM) Al-Kautsar untuk menyantuni 104 anak yatim di Probolinggo. Digelar di halaman Masjid Al-Kautsar Perum Leces Permai, santunan senilai Rp51,4 juta disalurkan bagi anak yatim di tiga kecamatan sekitar Leces, Probolinggo.

Setiap anak yatim mendapat Rp100 ribu dan paket bingkisan. Selebihnya, santunan dirupakan dalam bentuk buku tabungan. Selain santunan, acara bertema Indahnya Islam, Menebar Kasih Sayang, Indahnya Berbagi juga diisi dengan motivasi, hiburan, dan tausiah dari Ustadz Imam Wahyudi.

Modal Usaha untuk KUM

Dalam upaya mengembangkan usaha kecil dan mandiri, YDSF kembali merealisasikan bantuan modal usaha Rp32 juta pada akhir Juli lalu. Modal usaha tersebut diberikan kepada 21 pemilik usaha kecil kurang mampu yang tergabung dalam Komunitas Usaha Mandiri (KUM) YDSF.

Bertempat di Graha Zakat 2 YDSF, seluruh penerima manfaat merupakan KUM dari Kota Surabaya. Modal usaha juga bertujuan sebagai awal perintisan usaha komunitas penerima bantuan. Selain itu modal usaha, YDSF juga memberikan pembinaan untuk meningkatkan ekonomi berkelanjutan.

YDSF Salurkan Bantuan ZUM Rp68 Juta

Program Zakat untuk Mustahik (ZUM) kembali disalurkan YDSF. Sepanjang bulan Juli lalu, di Jawa Timur dan Jawa Tengah YDSF telah menyalurkan bantuan dari dana zakat dengan total Rp68,5 juta. 68 mustahik penerima bantuan tersebar di Magelang, Jateng, Mojokerto, Nganjuk, Ponorogo, dan Surabaya di Jatim. Di antara penerima bantuan adalah Djunaedi. Pria 48 tahun asal Surabaya berprofesi sebagai tukang becak harus menghidupi istri dan ketiga anaknya yang masih bersekolah. Bantuan juga disalurkan untuk Eka, janda 38 tahun yang bekerja sebagai supir ojol. Penghasilan sehari-harinya tidak menentu. Orang tua tunggal ini harus menghidupi kedua anaknya. Kondisi ini terjadi lantaran suami terjerat kasus hukum.

Bantuan juga diberikan kepada korban kecelakaan lalu lintas. Biaya berobat Rp3 juta direalisasikan untuk pengobatan Ja’far Sodik. Pemuda 22 tahun ini mengalami kecelakaan lalu lintas hingga menyebabkan gumpalan darah pada kepala dan patah tulang kaki kiri. Orang tua yang hanya bekerja sebagai buruh kupas kelapa, tidak sanggup mencukupi kebutuhan biaya pengobatan. “Alhamdulillah, matur sembah nuwun. Semoga donatur dilancarkan segala urusan dan mendapat rezeki yang berkah,” kata Nining, ibunda Sodik.

Gandeng Banyak Mitra, YDSF Adakan Pawai dan Santunan Anak Yatim di Gresik


Pertengahan Agustus lalu menjadi momen membahagiakan bagi 100 anak yatim di Gresik. Bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) dan Kodim 0817 Gresik, YDSF adakan pawai dan santunan anak yatim. Pada kesempatan itu, 100 anak yatim yang mengikuti acara itu mendapatkan bantuan total nilai Rp100 juta dalam bentuk uang tunai dan paket perlengkapan sekolah.

Dalam kesempatan lain, YDSF bersama Ibu PKK Desa Randuagung, Gresik juga memberikan santunan puluhan anak yatim. Sebanyak 80 anak yatim hadir di Balai Desa disaksikan tokoh masyarakat setempat. Kegiatan dalam semarak menyambut Tahun Baru Hijriah 1445 itu turut merealisasikan santunan senilai Rp75 juta.

Bagikan Beasiswa Pendidikan hingga Bantuan Masjid di Sidoarjo

Momen menyambut tahun ajaran baru, sebanyak 446 siswa di Sidoarjo menerima Beasiswa Pena Bangsa YDSF. Bantuan dengan total Rp137,1 juta itu direalisasikan bagi pelajar di 23 lembaga pendidikan di Sidoarjo. Dalam momen yang sama, YDSF bersama Lembaga Pendidikan Al Falah (LPF) Darussalam Tropodo mengadakan seminar parenting bersama Ustadz Suhadi Fadjaray yang diikuti sekitar 500 wali murid.

Selain itu, YDSF juga realisasikan bantuan fisik untuk pembangunan empat masjid. Bantuan senilai Rp38 juta, dirupakan dalam bentuk material bangunan. Sedangkan untuk zakat dan bantuan modal usaha, uang tunai senilai Rp7,5 juta disalurkan untuk lima penerima pada bulan Juli. Sedangkan bantuan modal usaha disalurkan bagi Ratna penjual mie pangsit di Sedati, Sidoarjo. 

YDSF Gelar Lomba Kemerdekaan untuk Anak Jalanan Kota Semarang

Bertempat di Gedung Monod Kota Lama, Semarang, YDSF menggelar lomba tradisional dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Diselenggarakan pada pertengahan Agustus lalu, kegiatan diikuti sekitar 50 anak jalanan. Seluruh anak yang hadir merupakan binaan Rumah Pintar Bangjodan dari jenjang SD dan SMP.

Kegiatan yang bertema “Merdeka Sehat Cegah Stunting untuk Indonesia Maju,” itu, selain diisi dengan lomba tradisional juga untuk memberikan pemahaman kepada anak jalanan akan pentingnya kesehatan. Berbagai penerapan seperti sosialisasi kesehatan hingga mengonsumsi makanan sehat dipraktikkan.

Terhambat Biaya Pembangunan, YDSF Bantu Renovasi Masjid di Jember

Berniat merenovasi bangunan tidak layak pakai, Masjid Ar-Raudhah di Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember terpaksa mangkrak akibat terkendala biaya pembangunan. Awalnya, renovasi masjid diupayakan dengan mengumpulkan uang patungan jamaah. Namun karena tidak cukup, dengan terpaksa jamaah membuka stand amal di pinggir jalan. Melihat kondisi tersebut, YDSF pada awal Juli salurkan bantuan senilai Rp3 juta.

Dalam kesempatan lain, YDSF juga turut salurkan bantuan pembangunan Masjid Nur Ilyas dan Masjid Ar Rahman. Bantuan dengan total senilai Rp8,4 juta terealisasi dalam bentuk material berupa cat tembok, semen, keramik, dan ongkos pekerja.

Pipanisasi Akibat Banjir Bandang Semeru dan Santunan Yatim

Akhir Juli lalu, YDSF bekerjasama dengan Lapas Kelas IIB Lumajang menghimpun dana pulihkan bencana banjir lahar Semeru. Sepanjang pemulihan bencana ini, YDSF Lumajang dengan sigap telah menghimpun dana sejumlah Rp37,2 juta. Terbaru, YDSF realisasikan bantuan pipanisasi di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro. Bantuan ini menjangkau hingga 550 meter dan dapat dimanfaatkan bagi 428 kepala keluarga. Sedangkan pada awal Juli, YDSF mengganti pompa air Masjid Baitul Makmur di Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro yang rusak.

Bantuan zakat juga disalurkan pada awal Agustus untuk Bisma, anak yatim yang tinggal berdua dengan neneknya di Dusun Kotokan, Desa Jatiroto, Kecamatan Jatiroto. Bantuan berupa uang Rp750 ribu dan beras lima kilogram.

Beasiswa Pena Bangsa untuk Siswa Yatim Dhuafa di Malang


YDSF merealisasikan Beasiswa Pena Bangsa pertengahan Juli lalu di Kota Malang. Beasiswa senilai Rp330 juta itu direalisasikan sebagai bentuk kepedulian kepada anak yatim dhuafa. Bertempat di Aula Malang Strudel Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, 95 perwakilan orang tua siswa menerima bantuan itu. Mereka berasal dari beberapa sekolah di Kota dan Kabupaten Malang, di antaranya SMPN 13 Malang, Sekolah Tahfidz Gritaba, dan Markaz Tahfidz Semai Benih Bangsa Gondanglegi. Agenda menyongsong tahun ajaran baru 2023/2024 ini, berlangsung dengan penandatanganan surat pernyataan sekaligus penyerahan beasiswa.

Safari Kisah Pelajar Cilik di Banyuwangi

Menyambut Tahun Baru Hijriah 1445 lalu, YDSF adakan Safari Kisah Inspiratif bagi pelajar cilik di Banyuwangi. Diselenggarakan di KB-TK dan SD Islam Al Qomar Jalan Simpang Gajah Mada No. 5, cerita dengan tema Aku Bangga Menjadi Anak Muslim dibawakan oleh Kak Bimo, pengkisah dari Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI).

Mengisi kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), acara pada pertengahan Juli ini diikuti 126 siswa TK dan 546 siswa SD. Di akhir kegiatan, mereka secara sukarela mengumpulkan donasi untuk kegiatan sosial dan terkumpul Rp9,3 juta.

Vocation with Yatim di Jakarta

YDSF kembali mengajak anak yatim di Jakarta ikuti liburan edukatif. Digelar pada pertengahan Agustus lalu, 30 anak yatim berpartisipasi dalam kegiatan yang bertema ‘Vocation with Yatim’. Dalam kegiatan yang terselenggara di Pondok Zidane, Depok itu peserta diajak berpetualang dan mencoba wahana seperti flying fox, perahu rakit, dan jembatan tong. Anak-anak yang datang juga diajak belajar menanam hidroponik dan menangkap ikan. Selain itu, YDSF juga membagikan 30 paket bingkisan dalam bentuk alat tulis dan paket intervensi gizi.

 

Ragam Penyaluran YDSF September 2023 juga dapat dibaca selengkapnya di:

Majalah Al Falah Edisi September 2023.

 

 

Peduli Sesama bersama YDSF


 

Artikel Terkait:

PERBEDAAN ZAKAT PROFESI DAN ZAKAT PERTANIAN | YDSF
Keutamaan Puasa Senin Kamis | YDSF
ZAKAT DALAM ISLAM | YDSF
Tips Mendidik Anak Berkarakter | YDSF
ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PAJAK | YDSF
Peresmian Pesantren Wakaf Ihya Ul Qur’an Wosossalam, Jombang
APA ITU WAKAF? PENGERTIAN, DALIL, DAN HUKUM WAKAF | YDSF

 

Belanja Bersama Yatim


Tags: penyaluran program YDSF september 2023, program YDSF september 2023, penyaluran YDSF, program YDSF

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: