UPDATE NEWS

...

Friday, 16 November 2018 08:00

Pengobatan dengan Mengundang Arwah

Oleh: Dr. H. Zainuddin MZ, Lc. MA.

Pertanyaan:

Assalamualaikum Ustadz, di kampung saya masih banyak yang masih percaya dengan takhayul, mengobati seseorang dengan cara memanggil arwah si A untuk mengobati seorang yang kerasukan. Pertanyaan saya:

  1. Apakah hukumnya menurut Islam?
  2. Mohon penjelasannya perbedaan jin, setan, iblis, dan arwah orang yang sudah mati? Apakah jin yang baik ada yang masuk surga? Terima kasih atas penjelasannya.

Uddin di Surabaya

Jawab

Wassalamualaikum Wr.Wb

Islam tidak mengenal keyakinan seperti  itu. Jika seseorang memohon sesuatu maka permohonan itu hanya ditujukan kepada Allah, tentunya dengan mediator sesuai dengan sunatullah. Jika sakit secara medis maka mediatornya lewat ahli medis. Jika penyakitnya nonmedis, maka memohon kepada mereka yang membidanginya, bukan kepada arwah.

Makhluk Allah memang dibedakan ada yang kasar (seperti manusia) dan ada yang halus (seperti jin). Jin memang ada yang Islam, permasalahan masuk surga atau tidak bukan urusan kita. Sebab keislaman seseorang belum menjamin masuknya ke dalam surga. Jenis jin  yang mengganggu itulah yang lazim disebut  setan dan iblis. Tentang arwah, itu urusan Allah. Ketika Nabi saw. ditanya tentang arwah, maka Allah yang menjelaskan bahwa itu urusan Allah.

Share: