Pelaksanaan Shalat Sunnah Rawatib | YDSF

Pelaksanaan Shalat Sunnah Rawatib | YDSF

4 Mei 2022

Dalam melaksanakan shalat fardhu, kita juga mengiringinya dengan shalat sunnah rawatib. Ada yang dilaksanakan sebelum dan/atau sesudah shalat fardhu.

Untuk pelaksanaan shalat sunnah rawatib sebelum shalat fardhu, mungkin tidak membuat kita bingung kapan melakukannya. Namun, untuk shalat sunnah rawatib setelah shalat fardhu, mungkin masih ada beberapa dari kita yang bingung. Dilakukan setelah berdoa, atau shalat sunnah rawatib dulu baru kemudian berdoa.

Pada Majalah Al Falah Edisi Maret 2022 lalu, sempat ada salah seorang Sahabat Donatur Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) yang menanyakan tentang hal tersebut. Beliau menanyakan tentang kapan pelaksanaan shalat sunnah rawatib sebaiknya dilakukan. Apakah boleh mengerjakan shalat sunnah rawatib tanpa berdzikir dan berdoa terlebih dahulu?

Shalat Sunnah Rawatib Setelah Shalat Fardhu

Meski menjadi shala sunnah, namun shalat rawatib menjadi salah satu shalat yang sangat dianjurkan dan memiliki pahala yang terbaik pula. Dari Aisyah r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa merutinkan shalat sunnah dua belas raka’at dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga. Dua belas raka’at tersebut adalah empat raka’at sebelum  zhuhur, dua raka’at sesudah zhuhur, dua raka’at sesudah maghrib, dua raka’at sesudah ‘Isya, dan dua raka’at sebelum shubuh.” (HR. Tirmidzi)

Setelah pelaksanaan shalat fardhu, mungkin kita merasa khawatir batal wudhu, sehingga terkadang usai berdoa dan berdzikir kita tidak sempat menunaikan shalat rawatib. Atau justru, melaksanakan shalat rawatib dulu baru kemudian berdizikir dan berdoa.

Baca juga: BERDOA JUGA ADA ADABNYA

Lantas, kapan waktu yang tepat dalam pelaksanaan shalat sunnah rawatib setelah shalat fardhu?

Sungguh sangat indah menjalankan sunnah ba’diyah langsung setelah shalat fardhu. Menurut Ustadz Zainuddin, Lc., M.A., Dewan Syariah YDSF, mengatakan bahwa hal tersebut tidak mengapa. Bahkan setelah shalat ba’diyah, dilanjutkan dengan wirid pun tidak menjadi masalah. Agar dimaklumi dan dipahami, doa mustajab itu dapat dilakukan seusai shalat apapun.

Lanjut, kata beliau, filosofisnya, seorang hamba telah mengabdikan dirinya pada Allah. Maka, saatnya Allah akan memberikan apapun yang menjadi permohonan hamba-Nya. Permohonan tersebut, bisa saja disegerakan atau ditunda atau bahkan dialihkan menjadi yang lebih maslahah. Sungguh ujian kenikmatan untuk disyukuri jauh lebih berat ketimbang ujian himpitan kehidupan. Karenanya, ada kecenderungan manusia jika diberi kelebihan justru menjadi taghut dan sombong. Na’udzu billah min dzalik.

Jumlah Rakaat Shalat Sunnah Rawatib

Nah, dalam pelaksanaan shalat sunnah rawatib ada beberapa yang sangat dianjurkan namun juga ada beberapa yang tidak begitu ditekankan untuk ditunaikan. Karena dalam hadits tentang shalat sunnah rawatib juga ada beberapa pendapat.

Sebagai contoh, shalat sunnah qabliyah maghrib. Ada pendapat yang tidak perlu dikerjakan. Pendapat pertama ini berdasarkan dari hadits yang sempat disebutkan di atas bahwa jumlah total shalat sunnah rawatib adalah dua belas, dengan ketentuan yang telah disebutkan. Namun, juga ada pendapat yang membolehkan, karena meneladani apa yang dilakukan oleh para sahabat.

Pendapat kedua tersebut berlandaskan pada hadist dari Anas bin Malik r.a., “Kami dulu di Madinah, saat muadzin beradzan untuk shalat Maghrib, mereka (para sahabat senior) saling berlomba mencari tiang-tiang, lalu mereka shalat 2 rakaat. Sehingga ada orang asing yang masuk masjid untuk shalat, dia mengira bahwa shalat maghrib telah dilaksanakan karena saking banyaknya yang melaksanakan shalat sunnah sebelum Maghrib.” (HR. Muslim)

Lalu, shalat sunnah rawatib apa saja yang dianjurkan untuk ditunaikan?


Mari, istiqomah dalam menjalankan ibadah sunnah, insyaa Allah menambah berkah. Aamiin.

 

Disadur dari Majalah Al Falah Edisi Maret 2022


Qurban di YDSF


 

Artikel Terkait:

LARANGAN LGBT DALAM ISLAM DAN KISAH KAUM LUTH | YDSF

Tanda-Tanda Allah Memberi Hidayah | YDSF

ZAKAT PENGHASILAN SUAMI-ISTRI BEKERJA | YDSF

Hukum Hadiah Undian (Quiz, Giveaway) dalam Islam | YDSF

PASTIKAN BEBAS PMK, YDSF GANDENG DINAS PERTANIAN NGANJUK DALAM PEMERIKSAAN HEWAN QURBAN

Tags: shalat sunnah rawatib, sunnah rawatib, shalat rawatib

Share:


Baca Juga

Berinfaq/Bersedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: