Peduli Bersama Erupsi Gunung Berapi di Indonesia | YDSF

Peduli Bersama Erupsi Gunung Berapi di Indonesia | YDSF

10 Des 2020

Indonesia memang merupakan salah satu negara yang diberikan nikmat alam indah oleh Allah Swt. Salah satunya adalah dengan terletak di tiga lempengan tektonik. Dengan kondisi alam tersebut, kita sebagai penduduk pun juga harus waspada. Berbagai lempengan tersebut membuat Indonesia memiliki banyak gunung berapi, yang sewaktu-waktu memungkinkan terjadi erupsi gunung.

Erupsi gunung berapi juga biasa disebut dengan letusan. Erupsi sendiri merupakan proses keluarnya magma yang ada di perut bumi melalui dapur magma dan pipa dalam gunung. Setiap gunung berapi memiliki selang waktu erupsi yang berbeda-beda.

Tahun 2020, setelah kita sibuk melindungi diri dari pandemi, Indonesia juga terus diterpa erupsi gunung berapi. Dimulai dari erupsi Gunung Merapi (Jawa Tengah), Gunung Ile Ape (Nusa Tenggara Timur), dan Gunung Semeru (Jawa Timur).

Erupsi Gunung Merapi

Aktivitas Merapi mulai mengalami peningkatan sejak awal November 2020. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menaikkan status Gunung Merapi dari Waspada ke Siaga (level III), Kamis (05/11/20). Sehingga warga yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) Merapi terpaksa dievakuasi.

Menanggapi situasi tersebut, Tim UAC YDSF langsung terjun ke lokasi KRB sejak Kamis (19/11/20). Setelah sempat memberikan bantuan untuk pengungsi Dusun Glagaharjo (189 paket untuk pengungsi), Tim UAC YDSF juga memberikan bantuan untuk 174 pengungsi di posko Desa Martoyudan dan 117 pengungsi di posko Desa Deyangan. Bantuan yang diberikan berupa perlengkapan kebutuhan balita (popok, makanan, roti nutrisi), jarit dan selimut, makanan dan minuman siap saji, kebutuhan personal, dan obat-obatan (masker, dsb.).

Erupsi Gunung Ile Ape

Erupsi gunung berapi berlanjut. Gunung Ile Ape, Lembata, NTT, kembali terjadi erupsi hingga mencapai 4.000 dari puncak, Minggu (29/11/2020).

Sebanyak 3.671 penduduk di dua kecamatan mengungsi ke enam titik. Yakni, 2.029 pengungsi di Kantor Bupati Lama; 32 pengungsi di Aula Angkara; 140 pengungsi di Kel. Lewoleba Tengah; 287 pengungsi di Desa Tapolangu; 15 pengungsi di Desa Baopana; dan 338 pengungdi di BKD.

Tim UAC YDSF terjun ke lokasi pengungsian dengan memberikan bantuan kepada para pengungsi. Paket bantuan tersebut terdiri dari popok dan makanan balita, air mineral, serta sembako.

Erupsi Gunung Semeru

Baru berselang beberapa hari, erupsi gunung berapi di Indonesia merembet, yakni di Gunung Semeru. Sejak Selasa (01/12/2020), terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru sehingga memicu turunnya lahar panas dan hujan abu. Setelah sehari sebelumnya, lava pijar mulai nampak dengan jarak luncur mencapai 1.000 meter. Hal tersebut membuat Gunung Semeru ditetapkan pada Level II (Waspada).

Ratusan warga mengeluh perih dan sesak nafas. Belum lagi, banjir bandang yang juga terjadi memakan korban jiwa, yakni 2 pekerja eskavator meninggal dan 1 orang dinyatakan hilang.

Tim UAC YDSF segera bergerak menuju ke Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Selasa (01/12/2020). Setelah dilakukan pemetaan, terdapat sekitar 800 warga Desa Supiturang terpaksa mengungsi di beberapa lokasi yang lebih aman, salah satunya SD Supiturang III dan IV.

Bukan hanya membantu evakuasi warga. Usai warga sampai di posko-posko pengungsian, tim UAC YDSF juga mendistribusikan bantuan sembako, berupa 120 kuintal beras, 300 pcs masker kain, 7 dus AMDK 600 ml.

Erupsi gunung berapi di Indonesia masih belum berakhir. Ribuan penduduk di beberapa kota kawasan erupsi gunung terpaksa tinggal di posko-posko pengungsian.

Mari Peduli Bersama erupsi gunung di Indonesia dengan memberikan bagian terbaik dari rezeki yang kita miliki. (asm)

---

Kebutuhan Mendesak

- Sembako

- Obat-obatan

- Masker

- Kebutuhan Balita

---

Rekening Kemanusiaan YDSF

BNI: 004 9838 571 (kode bank: 009)

Bank Syariah Mandiri: 700 116 2677 (kode bank: 451)

a.n. Yayasan Dana Sosial Al Falah

 

Artikel Terkait:

YDSF SALURKAN BANTUAN 600 PAKET APD KITABISA FT. AGHNIA PUNJABI

Zakat Penghasilan, Syarat dan Nishab Zakat | YDSF

Deretan Prestasi YDSF Kelola Dana CSR

Definisi Rezeki Berkah dalam Islam | YDSF

Deretan Bantuan YDSF untuk Masyarakat Terdampak COVID-19

 

Sedekah Mudah

 

 

Share:


Baca Juga