Peduli Banjir Rob Semarang, YDSF Distribusikan Bantuan Logistik untuk 400 KK

Peduli Banjir Rob Semarang, YDSF Distribusikan Bantuan Logistik untuk 400 KK

30 Mei 2022

Tepat Senin (23/5) lalu, banjir rob dengan tinggi lebih dari 2 meter melanda kawasan pesisir Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di daerah sekitar Pelabuhan Tanjung Emas. Air pasang yang terlalu tinggi mengakibatkan tanggul milik PT Lamicitra Nusantara jebol, hingga akhirnya air melimpas ke daratan pemukiman warga setempat.

Adanya banjir tersebut mengakibatkan ratusan rumah terendam, aktivitas transportasi pelabuhan terhambat, serta menghambat kegiatan sehari-hari masyarakat yang terdampak. Selain itu, juga mengakibatkan sampah-sampah berserakan di pemukiman warga. Tentu, hal ini menimbulkan bahaya tersendiri, terutama bagi kelompok rentan seperti anak-anak akan rawan terjangkit penyakit misalnya malaria, demam berdarah, disentri, dan yang lainnya.

Peduli akan hal tersebut, tim Unit Aksi Cepat Yayasan Dana Sosial al-Falah (UAC YDSF) memberikan sosialisasi tentang pola hidup bersih dan sehat kepada anak-anak yang diikuti 43 Anak dengan harapan agar anak-anak dapat membiasakan untuk bijak dalam membuang sampah dan selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan setelah beraktivitas, di samping itu tim juga memberikan dukungan psikososial dengan permainan rekreasional.

Selain itu, sebagai bentuk aksi tanggap terhadap banjir rob Semarang, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) mendistribusikan bantuan untuk dua titik terdampak, Kamis (26/5). Titik pertama di Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, didistribusikan paket sembako untuk 400 KK (Kartu Keluarga) yang meliputi 2 kuintal beras, 7 karton minyak goreng, 8 karton sosis, sereal dan aneka minuman penghangat lainnya. Sedangkan titik kedua, di Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, diberikan 100 paket susu dan makanan bergizi untuk anak-anak.

“Kami tim Unit Aksi Cepat LAZNAS YDSF Pusat dibantu tim YDSF Semarang saat ini mengagendakan pendistribusian bantuan untuk anak-anak dan dewasa. Yang mana telah terdistribusikan sejumlah 100 Paket Gizi untuk anak-anak di kelurahan Bandarharjo, Kota Semarang dan beberapa Paket Bahan Pangan seperti beras, minyak goreng, sosis dan sereal serta minuman penghangat (kopi dan teh) untuk warga terdampak di Desa Sriwulan, Kab. Demak,” kata Pugut Rianto selaku tim UAC-YDSF.

 

Dalam kegiatan kemanusiaan ini LAZNAS YDSF juga dibantu oleh Kader Posyandu Kelurahan Bandarharjo serta Ketua RT 02 Desa Sriwulan. “Alhamdulillah, terima kasih YDSF yang telah memberikan paket gizi kepada anak-anak disini di Bandarharjo. Semoga YDSF semakin bermanfaat untuk umat dan jaya,” ujar Bu Kader Posyandu Kelurahan Bandarharjo.

“Kami ucapkan terima kasih kepada YDSF yang telah mensupport posko kami di Desa Sriwulan, ini sangat bermanfaat untuk warga kami di kompleks RT 02 Desa Sriwulan. Semoga YDSF selalu ada untuk ummat,” papar Pak Sutiar, Ketua RT 02 Desa Sriwulan, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.


-

 

Sedekah dari Rumah:

 



Artikel Terkait:

Sampah Menumpuk di Lokasi Pengungsian, YDSF Lakukan Aksi Bersih Sampah
Relawan YDSF Berbagi Keceriaan Bersama Anak-anak Penyintas Erupsi Semeru
Penyaluran Donasi Untuk Mbah Slamet, Seorang Mustahik dari Pacitan, Jawa Timur
Bantu Warga Terdampak Banjir Bandang Batu, Malang; YDSF Melakukan Galang Dana di Kawasan Alun-alun Sidoarjo 
Penyaluran Bantuan Kepada Asnaf Fakir Miskin wilayah Jawa Timur, Bali, dan Halmahera Selatan
Sasaran Distribusi Penerima Sedekah | YDSF
GIVING AND FORGIVING | YDSF

Tags: Banjir Rob Semarang, Banjir Rob, Kota Semarang

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: