Menghadapi Ramadhan dalam Perspektif Hadits | YDSF

Menghadapi Ramadhan dalam Perspektif Hadits | YDSF

27 April 2022

Kehadiran bulan Ramadhan merupakan idaman setiap insan muslim. Bulan penuh berkah, bulan yang diharapkan dapat melebur dosa-dosa sehingga setiap muslim dapat kembali kepada fitrah.

Tulisan ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan sejauh mana bimbingan Rasulullah saw. Dalam menghadapi bulan suci Ramadhan agar kita dapat meneladaninya.

Ditemukan hadits yang shahih dan ada pula hadits yang dhaif.

Hadits Salman al-Farisi

Salman berkata: Rasulullah saw. menceramahi kami di akhir bulan Sya’ban. Sabdanya: Wahai umat, sebentar lagi akan datang bulan yang agung, bulan penuh berkah, bulan yang ada semalam lebih baik dari seribu bulan. Allah menjadikan puasanya wajib, shalat malamnya sunah. Siapa yang ingin bertaqarub dengan kebaikan, maka ia bagaikan mengerjakan kewajiban, yang menjalani kewajiban sama halnya orang yang menjalani tujuh puluh kewajiban. Itulah bulan kesabaran dan sabar itu pahalanya adalah surga. Bulan penuh persamaan, bulan rezki mukmin dilimpahkan. Orang yang memberi berbuka maka hal itu merupakan pengampunan untuk dosa-dosanya dan pembebasan budak dari neraka, dan baginya cipratan pahala sepertinya tanpa mengurangi haknya sedikitpun. Mereka berkata: Tidak setiap kami mampu memberi santapan orang berpuasa. Nabi saw. bersabda: Allah memberinya pahala orang yang memberi sebutir kurma, seteguk air, atau susu. Itulah bulan yang awalnya rahmat, pertengahannya ampunan dan akhirnya pembebasan dari neraka. Orang yang memberi keringanan terhadap budaknya maka Allah mengampuninya dan menyelamatkannya dari neraka. Maka perbanyaklah padanya empat hal. Yaitu dua hal menjadikan Tuhan meridhai kalian, dan dua hal lain yang kalian pasti membutuhkannya. Dua hal yang membuat kalian diridhai Tuhan adalah kesaksian tiada tuhan selain Allah, dan kalian memohon[1]Nya ampunan. Adapun dua hal yang yang kalian pasti membutuhkannya adalah kalian memohon Allah surga, dan perlindungan dari neraka. Siapa yang membuat kenyang orang yang berpuasa, maka Allah akan memberinya minuman dari lembah surgaku yang akhirnya ia tidak akan kehausan hingga ia masuk surga. Hr Ibn Khuzaimah: 1887; Baihaqi dalam Syu’abul Iman: 3608; Ibnu Adi: 5/293 biografi 1432 –Abdul Aziz bin Abdullah-; Mahamili dalam Amali: 5/50; Wahidi dalam Wasith: 1/640.

Hadits di atas sangat masyhur sehingga sering disampaikan para mubalig, padahal hadits itu dhaif. Dalam sanad hadits ini terdapat Ali bin Zaid bin Jud’an yang dinilai lemah. Pada teks hadits juga ada yang benar juga ada yang bermasalah. Kasihan mereka yang baru menjalani puasa sepuluh hari pertama lalu wafat, maka ia baru mendapatkan rahmat, namun belum mendapat ampunan, apalagi pembebasan dari neraka?!

Hadits Aisyah

Aisyah ra. berkata: Aku tidak melihat Rasulullah saw menyempurnakan puasa sebulan kecuali di bulan Ramadhan, dan aku tidak melihat banyak hari yang dipuasai kecuali di bulan Sya’ban. Hr. Bukhari: 1868; Muslim: 1156; Nasai: 2183; Ahmad: 24801.

Di bulan Sya’ban Rasulullah saw. memperbanyak puasa sunah, tentu di antara hikmahnya agar terbiasa untuk dapat menikmati puasa di bulan Ramadhan.

Hadits Aisyah

Aisyah ra. berkata: Jika seorang dari kami –istri Nabi- tidak berpuasa bulan Ramadhan, yakni di zaman Nabi, maka kami tidak mampu mengqadha’nya) (kecuali di bulan Sya’ban). Hr. Bukhari: 1849; Muslim: 1146; Tirmidzi: 783; Nasai: 2178.

Walaupun para istri Nabi mengqadha’ puasa Ramadhan di bulan Sya’ban, maka hal itu tidak menghalangi puasa-puasa sunah lain seperti puasa Senin Kamis, puasa bidh (saat purnama) dan lainnya. Hal ini meluruskan fatwa tidak boleh puasa sunah sebelum mengqadha’ kewajiban Ramadhan.

 

Sumber Majalah Al Falah Edisi April 2021

 

Tunaikan Zakat Maal:

 

 

Featured Image by Pexels.

 

Artikel Terkait:
Tata Cara Shalat Tarawih dan Witir | YDSF
PERBANYAK SEDEKAH SAAT RAMADHAN | YDSF
Batas Penghasilan Wajib Zakat | YDSF
APA SAJA YANG HARUS DISIAPKAN SEBELUM MENUNAIKAN WAKAF? | YDSF
Siapa yang Harus Membayar Fidyah Istri? | YDSF
WAKTU MEMBAYAR ZAKAT MAAL | YDSF

Tags: menghadapi ramadhan, hadits ramadhan

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: