Lawan Dampak Covid-19 : Pandemi jangan Berisik, Berbagi lebih Asyik!

Lawan Dampak Covid-19 : Pandemi jangan Berisik, Berbagi lebih Asyik!

6 Agustus 2021

Pandemi Covid-19 memang harus dihadapi bersama. Pandemi yang memberi dampak signifikan di setiap sendi kehidupan kita ini, hanya bisa dilawan lewat kesadaran kolektif. Bukan parsial. "Jika ada satu kelompok taat prokes, yang lain tidak, maka upaya untuk menghadang Covid-19 jadi terhambat," terang Saptini Darmaningrum, Direktur Usaha Beritajatim.com, Jumat (6/8/2021) pagi. 


Menurut perempuan yang akrab dipanggil Nining ini, kolektifitas akan berdampak pada pembentukan ekosistem yang sehat dan kuat. Tidak hanya pada sisi kesehatan, tapi juga ekonomi, sosial, budaya, dan lainnya. Dengan alasan ini pula, sejak hari ini, 6 Agustus 2021, Beritajatim.com berkolaborasi bareng Wakaf Falah - Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) menggelar kegiatan donasi lewat media sosial. 


"Kita mencoba menggerakkan masyarakat untuk bergerak bersama dan berbagi rezeki lewat kegiatan ini. Donasi tentu bisa dilakukan kapan saja. Tapi sepanjang 6-7 Agustus dan 9-12 Agustus 2021, kegiatan ini disiarkan live di Facebook Beritajatimnews dan Youtube BeritajatimTV," jelas Nining. Kegiatan sosial kali ini, Beritajatim.com dan Wakaf Falah YDSF bersepakat mengusung semangat 'Pandemi jangan Berisik, Berbagi lebih Asyik'. Semangat ini sekaligus jadi ajakan agar di masa pandemi, kita sebaiknya berhenti menyodorkan spekulasi, kasak-kusuk, apalagi menyebar fitnah. 


Pandemi harusnya dilawan lewat gerakan kongkret dengan tujuan pasti. Ingin terhindar dari sakit, taati prokes. Ingin meringankan beban hidup masyarakat yang terdampak pandemi, ayo berbagi donasi. "Istilah orang Surabaya, wes gak usah kakean omong. Ayo kongkret-kongkretan," canda Nining. Keterlibatan YDSF ini, lanjutnya, semata karena melihat catatan bahwa YDSF, sejauh ini dinilai memiliki kredibilitas yang cukup teruji. "Jadi beritajatim.com ikut terlibat untuk membuka pintu donasi, YDSF yang nanti akan menerima saluran dana sekaligus mendistribusikan pada yang berhak," tambah Nining lagi.


Menanggapi kolaborasi ini, Jauhari Sani, Direktur Wakaf Falah YDSF mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya dan dukungan beritajatim.com. "Beritajatim.com adalah media online yang kredibel. Tahun ini berusia 15 tahun, memiliki capaian-capaian positif di semua platform. Keterlibatannya pada upaya penggalangan donasi, tentu jadi dukungan istimewa bagi kami sekaligus pada kegiatan kemanusiaan," terang Jauhari.


Kegiatan donasi yang nantinya akan tayang di platform sosial media ini, lanjut Jauhari, jadi strategi baru meraih donasi sekaligus melaporkan secara terbuka pada masyarakat. "Transparansi adalah komitmen YDSF sejak awal. Tak berbeda dengan komitmen kami untuk terus membantu meringankan beban masyarakat, siapa saja," lanjutnya.

Terkait fokus kegiatan ini, Jauhari menjelaskan, Wakaf Falah YDSF akan fokus pada upaya membantu ketersediaan oksigen bagi penderit Covid-19. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, banyak media memberitakan penderita Covid-19 kesulitan mendapat oksigen untuk membantu proses penyembuhan. "Semoga ikhtiar bersama ini bisa membantu mereka," harap Jauhari.


Untuk terlibat dalam kegiatan sosial ini, masyarakat bisa transfer donasinya ke Nomor Rekening 0999900038 (Kode Bank 009) BNI Syariah a/n Yayasan Dana Sosial Al Falah.

Untuk konfirmasi dan konsultasi, kontak 081230446290. [hdl/ted]

Tags: podcast, bincang asik, beritajatim

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: