Khasiat Mandi Sebelum Sholat Tahajud | YDSF

Khasiat Mandi Sebelum Sholat Tahajud | YDSF

23 September 2019

Begitu waktu memasuki sepertiga malam, KH. Marzuqi Mustamar terbangun. Setelah diam sejenak, Pimpinan Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, Gasek, Malang, Jawa Timur. segera menuju kamar mandi. Bersiap-siap sebelum ibadah sholat tahajud

"Saya selalu mandi sebelum sholat tahajud. Mandi air dingin supaya segar," ungkap Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur periode 2018-2023 itu dalam suatu ceramah di Surabaya. Apa yang disampaikannya itu seolah menjawab pertanyaan para jamaah tentang resep awet muda sang kiai.

Sebab, pada usia 53 tahun KH. Marzuqi Mustamar masih terlihat sangat segar dan awet muda. Salah satu khasiat mandi sebelum sholat tahajud.

Banyak manfaat dan khasiat mandi pagi sebelum sholat tahajud. Telah banyak orang menyatakan bahwa mandi pagi sangat bermanfaat pada kesehatan tubuh.

Mengubah kebiasaan untuk mandi lebih pagi akan sangat berguna. Apa saja yang bisa diperoleh dari mandi pagi sebelum sholat tahajud?

  1. Mencegah kerusakan sel otak

Mandi sebelum sholat tahajud diketahui dapat meningkatkan pasokan oksigen pada tubuh. Sehingga dapat menghilangkan kemungkinan stres dan depresi karena aktivitas sehari-hari.

  1. Mengurangi Risiko Diabetes

Suhu air yang dipakai saat mandi pagi sebelum sholat tahajud akan berbeda. Akan lebih dingin dibanding saat matahari sudah terbit. Nah, suhu yang dingin itu dipercaya dapat membantu detoksifikasi sehingga kelebihan kadar gula dalam tubuh dapat diseimbangkan. Keseimbangan kadar gula darah dapat mengurangi risiko diabetes.

  1. Meningkatkan hormon testosteron dan esterogen

Mandi di awal pagi bisa menjadi tips sehat bagi pasangan yang sudah menikah. Yaitu, untuk meningkatkan kesuburan suami dan istri. Sehingga bisa meningkatkan peluang untuk segera mendapatkan buah hati.

  1. Meredakan sakit atau peradangan

Mandi di awal pagi dapat melancarkan sirkulasi darah
Manfaat mandi subuh lainnya adalah mengurangi kaku persendian, meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Sementara itu, jika Anda mandi menggunakan air hangat pada waktu subuh maka hal itu baik untuk membuat sirkulasi darah lebih lancar. 

  1. Mendapatkan Energi tambahan

Manfaat mandi awal pagi yang bisa langsung dirasakan adalah memberi dorongan energi ekstra. Saat mandi menggunakan air dingin, tubuh akan meresponnya dengan ‘bernapas’ karena adanya asupan oksigen pada kulit. Dampaknya, darah bisa terpompa cepat ke seluruh tubuh dan meningkatkan detak jantung.

Itulah beberapa khasiat mandi di awal pagi yang dapat dirasakan. Bagi Anda yang juga ingin mendapatkan khasiat mandi di awal pagi silahkan mencoba kemudian dilanjutkan dengan ibadah sunnah sholat tahajud. (nra)

 

Baca juga:

Menghidupkan Masjid dan Mushola

 

Pentingnya Zakat Bagi Kehidupan

 

Sehat Dengan Membaca al-Qur`an 

 

Pilar Dakwah Di Rumah Kita 

 

Shalat Khusyuk itu Mudah

 

 

Tags:

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: