UPDATE NEWS

...

Friday, 12 May 2017 09:30

Kepada Para Pencari Nafkah

Tidaklah pernah sia-sia keringat yang kita keluarkan saat berkerja. Allah menjanjikan pahala yang luar biasa bagi mereka yang pergi berjuang mencari nafkah halal untuk keluarga. Pahala yang melebihi pahala sedekah. Bayangkan sebuah sedekah yang sunnah saja mampu menolak api neraka, bagaimana dengan sedekah yang sifatnya wajib (memberi nafkah)?

 

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah ﷺ bersabda,

 

ِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ وَدِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ فِى رَقَبَةٍ وَدِينَارٌ تَصَدَّقْتَ بِهِ عَلَى مِسْكِينٍ وَدِينَارٌ أَنْفَقْتَهُ عَلَى أَهْلِكَ أَعْظَمُهَا أَجْرًا الَّذِى أَنْفَقْتَهُ عَلَى أَهْلِكَ

 

“Satu dinar yang engkau keluarkan di jalan Allah, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk memerdekakan seorang budak, lalu satu dinar yang engkau yang engkau keluarkan untuk satu orang miskin, dibandingkan dengan satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu maka pahalanya lebih besar (dari amalan kebaikan yang disebutkan tadi, pen)” (HR. Muslim no. 995).

Pencari Nafkah

Padahal di dalam hadits yang lain Rasulullah ﷺ menjelaskan bahwa akan digantinya sedekah yang kita berikan. Ditambah Allah dan Rasul-Nya ﷺ tidak pernah ingkar janji.

 

Dari Anas bin Malik, Rasulullah ﷺ bersabda,

 

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفً

 

“Tidaklah para hamba berpagi hari di dalamnya melainkan ada dua malaikat yang turun, salah satunya berkata, “Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang senang berinfak.” Yang lain mengatakan, “Ya Allah, berilah kebangkrutan kepada orang yang pelit.” (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010).

Share: