UPDATE NEWS

...

Wednesday, 6 March 2019 02:00

Jejak Kontribusi YDSF untuk Umat | Ponpes Maskumambang

Yayasan Dana Sosial al Falah (YDSF) adalah pionir Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Indonesia. Sejak awal didirikan 1987, YDSF ikut memberikan sumbangsih dalam kemaslahatan umat.

Hal ini senada dengan banyaknya donatur yang telah mengamanahkan zakat, infaq, serta sedekahnya kepada YDSF. Salah satu di antara proyek awal yang digarap oleh YDSF adalah sumur yang dibangun di Pondok Pesantren (Ponpes) Maskumambang, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik.

Sumur yang dibuat sejak sekitar 1990 ini merupakan salah satu jejak kontribusi YDSF untuk umat. Hingga kini Ponpes Maskumambang masih menggunakannya. Uniknya, tidak ada yang ingat kapan tepatnya sumur itu dibangun. Guru senior yang ada di Ponpes Maskumambang mengatakan bahwa pada tahun 1991 ketika ia mulai mengajar di sana sumur itu sudah ada.

Para guru dan santri menyebut sumur yang berada di tengah kompleks madrasah putri ini dengan sebutan “ka’bah” karena bangunannya yang menjulang tinggi dan berbentuk persegi.

“Saya atas nama yang menerima manfaat dari YDSF mengucapkan jazakumullah khoiron katsiro, mudah-mudahan Allah selalu memberkahi semangat juang YDSF,” ujar Drs. H. Fatihuddin Munawwir, M.Ag., pimpinan Ponpes Maskumambang.

Gus Fatih, sapaan akrab Drs. H. Fatihuddin Munawwir, M.Ag., menceritakan bahwa sebelum pondok mendapat bantuan sumur dari YDSF, ketika musim kemarau para santri mandi di joglangan (semacam kolam air) yang tempatnya berada di pinggir jalan. Kondisi tersebut tentulah tidak layak untuk para santri. Sekatnya pun kurang tinggi, sehingga ketika ada kendaraan yang tinggi masih bisa kelihatan. Bahkan, biasanya ada sopir truk yang menyoraki mereka ketika mandi. Hingga akhirnya ponpes tersebut mendapat bantuan sumur dari YDSF.

Tidak mudah mencari sumber air bersih di sekitar kawasan Ponpes Maskumambang. Lokasinya yang berada di tengah tambak sawah, menyebabkan tanah bercampur lumpur dan sulit keluar air. Jika pun keluar air, maka rasanya asin.

“Beberapa waktu yang lalu juga sudah ngebor lagi. Sudah sampai 100 meter tetapi tidak keluar air,” terang salah satu guru yang menemui tim YDSF.

Gus Fatih berharap semoga silaturahim antara Ponpes Maskumambang dengan YDSF dapat ditingkatkankan. Selain itu, semoga YDSF juga dapat mewujudkan harapannya agar terus melayani umat dengan sepenuh hati. Terima kasih kepada para donatur atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan. Insya Allah ini menjadi amal jariyah bagi semua pihak yang membantu. Aamiin.

 wakaf-quran-untuk-indonesia

Pembaca dermawan, YDSF mengajak Sobat untuk turut berpartisipasi memberantas buta baca Qur’an hingga pelosok desa. Donasi bisa ditransfer melalui No. Rekening BSM 700.116.26.77, BNI Syariah 0.9999.000.27 a.n. Yayasan Dana Sosial Al Falah Konfirmasi Ketik: QURAN#POL#NAMA#BANK#NOMINAL kirim ke 081 132 032 67.

Jazakallahu khair

 

 

Share: