Istiqamah Hadirkan Kebaikan | YDSF

Istiqamah Hadirkan Kebaikan | YDSF

10 Juni 2022

Berbuat kebaikan, memanglah cukup mudah untuk dilakukan. Namun, melanjutkannya untuk dapat terus istiqamah dalam hadirkan kebaikan, membutuhkan treatment khusus. Pembahaman, pemaksaan, hingga akhirnya pembiasaan dapat dilakukan oleh diri kita.

Tips Istiqamah dalam Kebaikan

Dilansir dari Majalah Al Falah Edisi Maret 2021, terdapat beberapa tips agar dapat istiqamah dalam kebaikan yang dari Ustadz Marzuki Imron.

1. Alasan/Niat yang Kuat

Modal utama untuk istiqamah adalah alasan atau niat yang kuat. ketika kita melakukan sesuatu tanpa alasan yang kuat, biasanya akan mudah lalai. Jika sedang memiliki hajat tertentu, biasanya semakin mudah beristiqamah. Niat juga merupakan penentu suatu ibadah dan ia mendapatkan pahala atau ganjaran sesuai dengan niat ibadah dalam hatinya.

2. Awalnya Perlu Pemaksaan

Istiqamah hanya bisa dilakukan dengan memaksakan diri. Tidak ada orang yang bisa langgeng melakukan amalan jika tidak dipaksa. Dalam setiap amalan yang istiqamah ada langkah pertama yang harus dipaksakan. Meski awalnya terasa berat, lambat laun akan terasa nikmatnya. Seperti ketika belajar naik sepeda, yang paling susah dan paling berat adalah kayuhan pertama. Jika tidak mau mencoba dan tidak dipaksa, maka tidak akan pernah bisa naik sepeda. Pun, dengan amalan[1]amalan kebaikan. Semua harus dipaksa. Bukankah saat kita kecil sering dipaksa shalat, hingga kini sudah terbiasa untuk shalat dengan sendirinya.

3. Berada di Lingkungan yang Baik

Manusia sangat dipengaruhi oleh lingkungannya. Jika ingin bisa istiqamah dalam kebaikan kita harus berkumpul dengan orang-orang yang baik. Ketika kita berada di lingkungan yang kurang baik, atau bahkan lingkungan yang menghambat untuk melakukan kebaikan, akan sulit bisa istiqamah. Ketika dalam kondisi seperti ini, Rasul menganjurkan untuk berhijrah ke tempat yang lebih baik agar bisa istiqamah.

Baca juga: Hukum Bayar Aqiqah Diri Sendiri | YDSF

Hadirkan Kebaikan Qurban YDSF

Dalam rangka ingin terus mendistribusikan kebaikan hingga pelosok negeri, Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) merangkumnya dalam serangkaian kegiatan selama tahun 2022 ini. Harapannya, setiap tema besar yang diusung pada masing-masing kegiatan dapat memberikan makna yang berarti bagi muzakki, mustahik, mudhahi, wakif, dan tentunya seluruh umat.

Pada Milad ke-35 th,  YDSF mengusung tema “Bersama, Menguatkan Kebaikan”. Filosofinya, tentu tidak jauh dari gagasan awal pendirian YDSF. Yang mana justru diawali oleh kebiasaan baik yang sangat sederhana dari para pendirinya, yaitu membantu kesuksesan program-program umat saat itu. Urunan dalam kebaikan, mungkin begitu bahasa mudahnya. Saling membahu dalam kebaikan inilah, yang berusaha kami ingatkan dan ajak kembali.

Berikutnya, pada Ramadhan 1443 H / 2022 M ini, tema yang diusung oleh YDSF adalah “Runmadhan Menyatukan Kebaikan”. Harapannya, dapat mengajak untuk bersama-sama berlomba-lomba menjadikan satu semangat, niat, dan pelaksanaan hal-hal baik demi kemaslahatan umat. Mengajak untuk melakukan peningkatan ibadah selama Ramadhan tahun ini, mengingat fase keterbatasan (Covid-19) telah kita lalui.

Lantas, menjelang Iduladha 1443 H / 2022  M, YDSF ingin mengajak para Sahabat Donatur untuk tetap istiqamah dalam menghadirkan kebaikan melalui penunaian ibadah qurbah. Oleh karenanya, YDSF mengusung tema “Ekspedisi Qurban, Hadirkan Kebaikan”. YDSF mengajak Sahabat untuk “hadir dan membersamai” mereka yang membutuhkan melalui distribusi daging qurban di setiap titik.

Semoga kebaikan dan kebiasaan baik ini dapat terus kita tunaikan tanpa perlu menunggu momentum. Tetapi sudah menjadi sebuah life style yang kelak dapat menjadi tabungan amal terbaik bagi kita. Aamiin.  

 

Qurban di YDSF



Artikel Terkait:

Doa Minta Rezeki Halal dan Berlimpah Sesuai Sunnah | YDSF
QURBAN MENYATUKAN UMAT KISAH UBAIDILLAH, BERQURBAN DI TENGAH UMAT HINDU
Perbedaan Zakat, Sedekah, dan Wakaf | YDSF
QURBAN UNTUK ORANG MENINGGAL | YDSF
Wakaf dalam Perspektif Mikro Ekonomi Islam | YDSF


#EkspedisiQurbanYDSF




Tags: istiqamah dalam kebaikan, istiqamah kebaikan, hadirkan kebaikan

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: