Ikatan Baik YDSF dan Masjid Al Falah

Ikatan Baik YDSF dan Masjid Al Falah

29 September 2022

Tak bisa dipungkiri, bahwa banyak orang yang menyebut Yayasan Dana Sosial al-Falah (YDSF) juga dengan kata “Al Falah” (yang juga digunakan untuk penyebutan Masjid Al Falah Surabaya). Memang, para pencetus berdirinya YDSF merupakan pengurus Masjid Al Falah. Alhamdulillah, saat itu semua pengurus Masjid Al Falah mendukung ikhtiar ini, baik moril maupun materiil.

Berawal dari niatan ingin membantu pembangunan masjid yang ada sekitar Masjid Al Falah, bidang garap YDSF pun semakin berkembang. Tepat pada 1 Maret 1987, YDSF resmi didirikan dan menjadi sebuah lembaga pengelola dana umat. Melalui SK Kemenag No. 523 Tanggal 10 Desember 2001, YDSF resmi dikukuhkan untuk pertama kalinya menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS). Dan, telah diperbarui pada Januari 2022 lalu. Selain itu, melalui lisensi dari Badan Wakaf Indonesia (BWI) bernomor 3.3.00278, YDSF juga telah resmi menjadi sebuah lembaga nazhir.

Hingga kini YDSF masih istiqomah dengan visi awalnya yaitu sebagai lembaga yang fokus memikirkan dana untuk membiayai proyek-proyek dakwah. Kita yakini dari awal bahwa proyek dakwah akan berhasil jika ada sinergi antar lembaga dakwah. Ada lembaga yang khusus memikirkan desain program dan pelaksanaannya, ada lembaga yang fokus memikirkan bagaimana pembiayaannya. Visi YDSF jelas, yaitu fokus pada optimalisasi dana umat bukan sekadar mengumpulkan.

Banyak cerita jatuh bangun bagaimana dulu para pendiri membangun YDSF yang tidak dapat dipisahkan dari Masjid Al Falah. Bahkan, bukan hanya pencetus dan pengurus, para karyawan YDSF generasi awal pun banyak yang berasal dari Remaja Masjid Al Falah (Risma). “Tradisi” ini pun juga masih terbawa hingga ke generasi-generasi berikutnya.

Baca juga: Perbedaan Pahala Shalat di Masjid dan Mushola | YDSF

Masjid Al Falah Butuh Renovasi

Masjid yang diresmikan tepat pada 1 Ramadhan 1393 H (27 September 1973) itu, terletak di Jl. Raya Darmo 137 A, Surabaya. Selain karena letaknya yang strategis tersebut, masjid ini juga dikenal dengan program kegiatannya yang beragam. Sehingga senantiasa ramai oleh jamaah baik dari dalam kota maupun luar kota.

Dilihat dari umurnya, maka sudah saatnya diadakan renovasi sekaligus untuk memberikan penyegaran pada masjid. Pun, dapat menjadi representasi masjid modern di Surabaya. Melalui renovasi ini, juga dapat menjadi langkah untuk melakukan penambahan kapastias jamaah serta memperbaiki sarana dan prasarana masjid.

Dengan adanya rencana renovasi dan pengembangan masjid, diharapkan dapat mengakomodasi jamaah, pengunjung, maupun musafir dengan lebih baik serta memberikan kenyamanan saat beribadah dan berkegiatan. Serta dapat membawa Masjid Al Falah menjadi salah satu masjid yang dapat memajukan umat Islam di Surabaya dengan semangat modernisme.

YDSF Ajak Sahabat Donatur Bantu Renovasi Masjid Al Falah

Ikatan baik inilah yang membuat YDSF ingin mengajak Sahabat Donatur untuk berpartisipasi dalam rencana renovasi dan pengembangan Masjid Al Falah. Semoga ikhtiar dan semangat dalam menebar kebaikan untuk umat ini dapat terus kita jaga dan semakin istiqamah.

 


Sedekah Mudah di YDSF:

 

Artikel Terkait:

Menegur Anak dan Menantu Tidak Shalat | YDSF
BAYAR ZAKAT UNTUK ORANG YANG MENINGGAL | YDSF
Menjadi Hamba yang Pandai Bersyukur | YDSF
BOLEHKAH UMRAH TAPI BELUM ZAKAT MAAL? | YDSF
Amalan yang Merusak Amalan Lainnya | YDSF
WAKAF DALAM PERSPEKTIF MIKRO EKONOMI ISLAM | YDSF

Tags: ydsf, masjid al falah, ydsf dan masjid al falah, hubungan ydsf dan masjid al falah

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: