Hobi dengan Menebar Kebaikan | YDSF

Hobi dengan Menebar Kebaikan | YDSF

20 Januari 2020

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hobi artinya kesenangan istimewa pada waktu senggang. Saya sering kali bertanya pada puluhan guru tentang hobi mereka dan mengapa hobi tersebut tumbuh pada mereka. Saya mendapatkan banyak jawaban dari yang biasa hingga yang luar biasa. Yang biasa seperti hobi jalan-jalan, hobi memancing, hobi futsal dan lain-lain. Sementara hobi yang luar biasa menurut saya seperti membaca Al Qur’an, menulis buku, memasak, bershadaqah. Saya menganggap beberapa hobi tersebut luar biasa karena mereka menikmati waktu-waktu senggang justru untuk melakukan kebaikan-kebaikan.

Pada hobi-hobi yang luar biasa tersebut saya cenderung untuk bertanya mengapa mereka mempunyai hobi-hobi tersebut. Jawaban-jawaban mereka menginspirasi untuk membangun hobi-hobi anak-anak kita di dalam menikmati kebaikan.

Dari orang yang mempunyai hobi membaca Al Qur’an mendapatkan jawaban bahwa mereka di masa kecilnya sering mendengarkan alunan ayat suci Al Qur’an. Mungkin kita bisa membangun pada anak kita hobi yang sama dengan sering memperdengarkan alunan ayat suci Al Qur’an .

Dari orang yang memiliki hobi memasak saya mendapatkan jawaban bahwa ibunya dengan bijak sering mengajak untuk memasak dan menikmati hasil masakannya. Jawaban ini bisa mendorong kita membangun hobi baik yang serupa dengan melibatkan anak-anak pada aktifitas kebaikan-kebaikan orang tuanya.

Ada orang yang hobinya bershadaqah dan mereka menyampaikan bahwa hobinya tersebut muncul dari kebiasaan orang tuanya dahulu mengajak ke beberapa panti asuhan bermain bersama dengan anak-anak panti, makan bersama dan selanjutnya memberikan sedikit shadaqah kepada mereka. Dari orang ini kita dapat menapaktilasi bagi anak-anak kita hobi yang serupa dengan membangun empatinya.

Hobi bukanlah barang yang bisa kita berikan pada anak-anak kita. Tetapi memberikan pengalaman-pengalaman hidup di dalam melakukan kebaikan pada anak-anak kita dapat memicu muncul nya kesenangan-kesenangan mereka untuk melakukan kebaikan.

 

Sumber Majalah Al Falah Edisi Februari 2018

 

Baca juga:

HIKMAH DAN BELAJAR MENYAYANGI SESAMA | YDSF

Hikmah Terjadinya Bencana Dan Menolong Sesama | YDSF

Karakteristik Para Hamba yang Dicintai Allah  | YDSF

HUKUM BAYAR ZAKAT ONLINE DALAM ISLAM

Doa Minta Rezeki Halal dan Berlimpah Sesuai Sunnah | YDSF

Perbedaan Zakat, Infaq, dan Sedekah | YDSF

Zakat dalam Islam | YDSF

Tags:

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: