Harta yang Terbaik untuk Wakaf | YDSF

Harta yang Terbaik untuk Wakaf | YDSF

1 September 2023

Sesuai firman Allah dalam Surat Al-Imran ayat 92, berbagi itu dapat dilakukan dengan berinfaq dari harta yang dicintai. Dalam surah tersebut konteksnya diartikan sebagai penunaian wakaf.

Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia berisi firman Allah Azza wa Jalla. Al-Qur’an juga berisi petunjuk agar manusia tetap berada di jalan yang lurus dan terarah. Begitu pula segala perintah dan larangan yang ada dalam Al-Qur’an, semata-mata untuk kebaikan umat manusia.

Perintah-perintah berbuat kebaikan diberikan agar manusia mengumpulkan banyak bekal untuk kehidupan di akhirat. Sedangkan semua larangan Allah, semata dibuat agar manusia tidak tergelincir berbuat dosa dan kesalahan.

Rasulullah saw. juga bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam. Di antaranya dapat menjadi ikhtiar ketika sakit dan ingin sembuh, seperti dalam hadits berikut ini. Sedekah juga dapat menghapus dosa seorang hamba seperti air yang dapat memadamkan api. Sebagaimana hadits di bawah ini:

“Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (HR. Ath-Thabrani).

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

Sedekah jariyah merupakan perbuatan bersedekah yang pahalanya terus mengalir terus-menerus, meskipun orang yang bersedekah telah meninggal dunia. Wakaf termasuk sedekah jariyah karena dapat dimaknai sebagai amalan yang menghasilkan pahala tak terputus, meskipun yang memberikannya telah meninggal dunia.

Seperti dituturkan Pembina YDSF Ustadz Muhammad Jazir ASP, wakaf merupakan wujud sedekah dengan tingkat tertinggi. Dan untuk berwakaf, sebaiknya dipersiapkan bentuk terbaik dengan jumlah yang juga terbaik dari harta yang paling dicintai.

YDSF sebagai nazhir yang amanah, selalu berikhtiar menghadirkan solusi dengan menebar manfaat lebih besar. YDSF juga mengemban amanah besar untuk melakukan literasi wakaf. Supaya semakin banyak umat Islam memetik manfaat besar dari wakaf, sebagai bekal saat kelak hidup kekal di alam akhirat.

Seperti firman Allah dalam Surat Al-Kahfi ayat 110, “Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang shalih dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya.”

Baca juga: Perbedaan Zakat, Sedekah, dan Wakaf | YDSF

Wakaf, Menyelamatkan, dan Menyejahterakan Umat

Alhamdulillah, beberapa waktu lalu YDSF telah meresmikan Masjid Asy Syamsu Al Abadiyah di Rest Area Travoy 725A. Pembangunan masjid tersebut didanai oleh salah seorang donatur YDSF. Dipilihnya lokasi pembangunan masjid di rest area tersebut, lantaran agar lebih banyak jamaah yang dapat memanfaatkannya.

Tidak dimungkiri dengan berdirinya masjid tersebut, para jamaah yang sedang menempuh perjalanan atau bersafar, dapat beribadah dengan lebih nyaman. Ukuran bangunan yang relatif besar, tersedianya kamar mandi dan toilet memadai, mukena, sarung, dan peralatan beribadah lainnya pun terjaga kebersihannya. Hal-hal itu menjadi faktor yang memengaruhi kenyamanan.

Di beberapa titik lainnya, YDSF merealisasikan wakaf air. Tidak sedikit saudara kita yang hari ini masih mengalami kesulitan air. Mereka harus menempuh perjalanan jauh demi mendapatkan air bersih. Untuk itulah, dengan dana yang terhimpun dari Sahabat Donatur YDSF, kita bergandeng tangan membantu saudarasaudara kita itu. Ada yang di daerahnya memerlukan pipanisasi, ada pula yang perlu sumur bor, dan sebagainya.

Sebelum merealisasikan bantuan, tim YDSF lebih dulu melakukan assessment. Tujuannya, agar bantuan yang diberikan lebih tepat sasaran. Dengan menjalankan wakaf, diharapkan dapat memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat. Selain itu, juga dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas dalam memberikan pelayanan kepada umat.

Selain itu, YDSF juga telah meresmikan perahu wakaf 01, pada pertengahan Juli 2023. Peresmian sekaligus lokasi kapal tersebut beroperasi adalah di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Lamongan.

Acara tersebut berlangsung sederhana, namun disambut dengan suka cita oleh banyak pihak. Teriring pula doa dan harapan agar perahu tersebut dapat mengantar para nelayan menjemput rezekinya dalam kurun waktu lama.

“Sebagaimana Kau telah menyelamatkan umat Nabi Nuh, semoga Kau selamatkan perahu YDSF dan umat di tempat ini dari kemiskinan, kekufuran, juga kefakiran,” mohon Ustadz Jazir dalam doa yang diaminkan para tamu undangan.

“Bismillahi majreha wamursaha inna rabbi la ghafururrahiim. Kita layarkan bahtera pertama wakaf produktif ini, mudah-mudahan segera menyusul kapal yang lebih besar. Semoga tidak ada lagi motor atau emas yang tergadai saat musim barat.” Aamiin.

 

Rubrik Ruang Utama Majalah Al Falah Edisi September 2023

 

Wakaf di YDSF

 

Artikel Terkait:

PERBEDAAN ZAKAT PROFESI DAN ZAKAT PERTANIAN | YDSF
Keutamaan Puasa Senin Kamis | YDSF
ZAKAT DALAM ISLAM | YDSF
Tips Mendidik Anak Berkarakter | YDSF
ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PAJAK | YDSF
Peresmian Pesantren Wakaf Ihya Ul Qur’an Wosossalam, Jombang
APA ITU WAKAF? PENGERTIAN, DALIL, DAN HUKUM WAKAF | YDSF

 

Peresmian Masjid Rest Area Km 725A | YDSF


Tags: harta terbaik untuk wakaf, wakaf, harta terbaik wakaf, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: