UPDATE NEWS

...

Thursday, 2 July 2020 01:00

Harga Qurban Sapi 2020 | YDSF

Pernah bertanya, qurban dalam kisah Nabi Ismail as. dan Ibrahim as. berupa domba namun mengapa kita juga boleh berqurban dengan sapi? Bahkan unta? Lalu, berapa sih harga sapi rata-rata untuk bisa menunaikan qurban di 2020?

Hewan Qurban Harus Hewan Ternak

Salah satu syarat syari agar seekor hewan dapat dijakan sebagai hewan qurban adalah hewan tersebut merupakan hewan ternak. Namun, dalam penentuan hewan ternak ini tidak sembarangan, sehingga kita tidak bisa asal memberikan hewan ternak sebagai penunaian ibadah qurban.

Dalam Al-Qur’an, tepatnya pada surah Al Hajj ayat 34, disebutkan bahwa setiap umat muslim disyariatan untuk menyebelih hewan qurban dengan binatang ternak. Dalam kosa kata bahasa Arab yang digunakan adalah Bahiimatul Al An’aam, yakni hewan ternak tertentu. Yang mana, kosa kata hewan ternak yang ada di Arab mecakup tiga jenis, yakni unta, sapi, dan domba atau kambing.

Berlandaskan tafsir tersebut, para ulama pun berpendapat bahwa tidak sah menunaikan ibadah quban tanpa menggunakan hewan yang sudah ditentukan dalil-dalil Islam.

Qurban juga melatih ketaqwaan kita kepada Allah. Dan satu hal yang juga harus disadari, bahwa Islam tidak mengajarkan setiap darah dan anggota tubuh hewan qurban kelak menjadi sarana kita untuk hidup di surga. Namun, taqwa dan ikhlas dalam menunaikan ibadah qurban yang menjadikan kita mencapai setiap ridha Allah.

لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَٰكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَىٰ مِنْكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ ۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِينَ

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Qs. Al Hajj: 37)

 

Pemeliharaan Hewan Qurban YDSF

Untuk bisa memberikan hewan qurban terbaik kepada para mudhohi dan juga tentunya mustahik yang nanti akan menerima daging qurban, YDSF juga memberikan standar khusus selama masa pandemi. Salah satu treatment tambahan dari YDSF adalah dengan melakukan isolasi terlebih dahulu terhadap setiap hewan yang baru saja diterima untuk memastikan bahwa hewan tersebut sehat.

 

 

Tunggu apalagi?

Qurban dari rumah bersama YDSF:

 

Harga Hewan Qurban YDSF

 

 

Domba: Rp2.525.000

Bobot antara 29kg - 32kg

 

Sapi: Rp18.875.000

Bobot antara 280kg - 350kg

Sapi Patungan: Rp2.675.000

*Harga diatas sudah termasuk Operasional

 

Bayar Qurban Online:

 

Baca juga:

MAKANAN PENINGKAT IMUNITAS (KEKEBALAN) TUBUH | YDSF

Hukum dan Dalil Qurban dalam Islam | YDSF

Vitamin D Pada Sinar Matahari | YDSF

PERSIAPAN DIRI MEMASUKI ERA NEW NORMAL | YDSF

Tingkatkan Semangat dan Nilai Berqurban | YDSF

Share: