UPDATE NEWS

...

Wednesday, 5 April 2017 10:16

Haid Tidak Teratur

Pertanyaan :

Assalaamu’alaikum ww

Dokter, saya mau tanya, usia saya 22 tahun, haid saya tidak teratur, bisa sekali dua atau tiga bulan, kalau haid cuma tiga atau empat hari. Ada apa dengan saya dok?

Wassalamu’alaikum wr.wb
Tanpa nama

 

Jawaban :

Wa’alaikumsalam wr.wb

Sebagian besar wanita, haidnya memang sekali satu bulan dan setiap haid umumnya lima sampai tujuh hari. Namun sebagian kecil ada yang seperti Anda serta ada yang lebih cepat siklusnya dan lebih lama haidnya. Selama tidak ada keluhan lain, maka selama ini dibiarkan saja, karena dari segi kesehatan dianggap tidak ada masalah. Bila yang Anda maksud dari segi punya keturunan kelak, maka memang yang haid teratur setiap bulan lebih mudah punya anak, sehingga perlu ketat pengaturan KBnya. Tapi bukan berarti yang seperti Anda tidak bisa punya anak. Bisa punya anak, meski tidak semudah yang di atas.

Kelak kalau sudah waktunya berkeluarga, Anda bisa mulai berkonsultasi ke dokter kandungan tentang kemungkinan punya anak ini. Diperlukan beberapa pemeriksaan, tetapi dianjurkan itu dilakukan ketika Anda sudah menikah. Jika Anda ingin tahu hal tersebut (sejauh mana kemungkinan kesuburan terkait punya anak) ketika sebelum menikah, itu juga memungkinkan untuk dilakukan konsultasi ke dokter kandungan, yang berarti akan dilakukan pemeriksaan dalam sebelum Anda menikah. Terkait mendapatkan keturunan ini, adalah masalah rezeki, hanya Allah yang tahu pasti.

Secara umum seperti uraian saya di atas, namun ada juga wanita dengan haid teratur yang tidak punya anak, dan ada yang haid tidak teratur lebih mudah memiliki anak. Semoga jawaban ini mencukupi.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

(Diasuh oleh dr. Khairina SPKJ dan Dr. Eko Budi Koendhori, M.Kes)

Kirim pertanyaan Anda ke
SMS/Whatsapp 0816 1544 5556
majalahalfalah@gmail.com

 

Share: