Guna Bantu Memberantas Kemiskinan, YDSF Mengadakan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan di Donomulyo, Malang

Guna Bantu Memberantas Kemiskinan, YDSF Mengadakan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan di Donomulyo, Malang

8 November 2021

Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) mengadakan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan di Donomulyo, Malang. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 08 November 2021. Tujuan dari pelatihan ini untuk mendorong pertumbuhan perekonomian di pedesaan dengan mengoptimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di pedesaan.


Alasan kegiatan ini dilaksanakan sebab sering kali dijumpai pertanyaan-pertanyaan mengenai masyarakat pedesaan sebagai pusat produksi, tetapi masih banyak masyarakat pedesaan masuk dalam kategori keluarga miskin. Bahkan di Indonesia sendiri, berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik) masyarakat pedesaan memiliki penghasilan rendah dan penyumbang masyarakat miskin terbanyak di Indonesia


Oleh karenanya YDSF sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional memiliki peran dalam mengalokasikan dana zakat, infaq, sedekah, dan wakaf untuk kegiatan yang bermanfaat bagi orang banyak. Salah satunya dengan mengadakan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan. 


Pelatihan ini menggandeng Sigit Iko Sugondo, Pakar Pemberdayaan Masyarakat untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan dan praktek dalam membuat program-program yang nantinya bisa membantu mendorong perekonomian pedesaan. 


Pelatihan yang diadakan di Desa Purworejo Kecamatan Donomulyo, Malang ini diikuti 30 peserta YDSF Pusat dan cabang, diantaranya dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Banyuwangi, Lumajang, Malang, dan Jember. Seluruh peserta antusias dari teori hingga praktik asesmen ke rumah-rumah warga.


Warga desa Purworejo beserta tokoh masyarakat merasa senang desanya dijadikan tempat Latihan asesmen peserta. “Kami berharap ada program yang bisa diciptakan dari pelatihan ini dan bermanfaat bagi desa kami,” ujar Pak Kamituwo Purworejo.



Tags: Pelatihan YDSF, Berdayakan Masyarakat, YDSF Berbagi

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: