Doa Turun Hujan Lebat dan Petir| YDSF

Doa Turun Hujan Lebat dan Petir| YDSF

10 Januari 2024

Memanjatkan doa saat turun hujan lebat dan petir menjadi hal yang penting agar kita selalu mendapatkan perlindungan dari Allah Swt. Selain itu, tentu agar hujan lebat yang sedang turun tidak menimbulkan bencana atau dampak negatif lain bagi orang-orang atau lingkungan yang terkenanya. Seperti banjir, tanah longsor, dan lainnya.

Hujan merupakan salah satu rezeki dan nikmat yang dari Allah Swt. Peristiwa alam ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Hujan menyeimbangkan kondisi alam yang membutuhkan asupan air. Namun, hujan dapat turun dengan intensitas yang berbeda-beda, tergantung kondisi geologis dan musim yang sedang berlangsung. Itulah sebabnya, ada hujan yang hanya turun berupa rintik tetapi juga bisa turun dalam kondisi lebat disertai petir bersahutan.

Menariknya, dalam Islam peristiwa hujan menjadi salah satu momen diijabahnya doa kita oleh Allah Swt. Sebagaimana Ibnu Qudamah mengatakan, “Dianjurkan berdoa ketika turunnya hujan sebagaimana diriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: (1) bertemunya dua pasukan; (2) menjelang shalat dilaksanakan; dan (3) saat hujan turun.””

Doa yang dipanjatkan pun dapat beragam. Mulai doa memohon keselamatan, keberkahan, perlindungan saat hujan tersebut diturunkan. Utamanya, ketika hujan mulai memasuki fase menjadi lebat dan petir bergemuruh, maka sebaiknya doa yang dipanjatkan pun bukan lagi tentang keinginan atau impian pribadi saja. Melainkan agar hujan tersebut tidak menjadi bencana.

Doa Ketika Turun Hujan Lebat dan Petir

Doa yang paling umum diucapkan saat terjadi hujan adalah yang diriwayatkan dari Aisyah r.a., sebagai berikut

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban nafi’an.

Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat).”

Dari anjuran mengucapkan doa saat hujan, maka dapat kita ketahui bahwa melalui hujan Allah Swt. menurunkan banyak keberkahan. Meski begitu, hujan juga dapat menjadi sebuah pengingat dari Allah Swt. tentang adzab dan murka-Nya. Oleh karenanya, jangan pernah terlupakan untuk berdoa saat turun hujan, termasuk saat turun hujan yang lebat dan petir. Inilah salah satu cara Allah Swt. mengingatkan kita atas kuasa-Nya.

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Imam Malik, Rasulullah saw. pernah membaca doa turun hujan yang lebat dan disertai petir sebagai berikut,

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Subhaanalladzi yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

“(Maha suci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memujinya karena rasa takut kepada-Nya).”

Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Abdullah bin Umar dan ayahnya, Umar bin Khattab r.a., bahwa ketika Rasulullah saw. mendengar suara guntur, beliau berkata,

اللَّهُمَّ لاَ تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ وَلاَ تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ

Allahumma la taqtulna bi-ghadabika wa la tuhlikna bi adhabika wa afina qabla dhalik

“Ya Allah, jangan bunuh kami dengan murka-Mu, dan jangan hancurkan kami dengan hukuman-Mu, dan maafkan kami sebelum itu.”

Amalan Sunah Saat Turun Hujan

Selain berdoa, ada beberapa amalan lain yang bisa kita lakukan, yaitu:

1.       Bersyukur

Mengucapkan syukur saat hujan turun, merupakan bentuk terima kasih kita kepada Allah Swt. atas nikmat hujan yang telah diberikan. Sehingga nikmat yang ada itu dapat memberikan banyak kemanfaatan bagi kehidupan.

 

2.       Membasahi tubuh dengan air hujan

Sebagaimana perkataan Anas bin Malik r.a., "Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah saw. Lalu, Rasulullah menyingkap bajunya  hingga terguyur hujan. Kemudian kami bertanya, 'Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?' Lantas Rasulullah saw. berdabda, "Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan." (HR. Muslim).

 

3.       Tidak mencela hujan

Rasulullah saw. melarang umatnya untuk mencela angin dan hujan yang terjadi atas kehendak Allah Swt. Karena hal ini menjadi salah satu pemantik seseorang menjadi tidak bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah Swt. Bahkan, beberapa ulama ada yang berpendapat bahwa larangan mencaci maki ini dapat tergolong dalam syirik.

 

4.       Berwudhu dengan air hujan

Ibnu Qudamah mengatakan, ”Dianjurkan untuk berwudhu dengan air hujan apabila airnya mengalir deras.” (Al-Mughni). Hal ini disesuaikan dengan sebuah hadits dari Yazin bin Al Hadi, apabila terdapat air deras yang mengalir, Rasulullah saw. bersabda, “Keluarlah kalian bersama kami menuju air ini yang telah dijadikan oleh Allah sebagai alat untuk bersuci.” Kemudian mereka bersuci dengan air tersebut dan memuji Allah atas nikmat yang diberikan.  (HR. Baihaqi).

 

Ikhtiar Solidaritas Kemanusiaan Palestina


 

Artikel Terkait:

Pesan Rasulullah Saw. Untuk Umat Muslim Jelang Akhir Zaman | YDSF
ZAKAT DAN PAJAK | YDSF
Mendahulukan Qadha Puasa, Lalu Puasa Syawal | YDSF
KEJAR BERKAH, RUTIN SEDEKAH | YDSF
Garage Sale, SD Al-Hikmah Tanamkan Rasa Empati dan Jiwa Wirausaha Kepada Siswa
PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF

 

Paket Hangat untuk Palestina

Tags: doa turun hujan, doa hujan lebat, doa saat turun hujan lebat, doa saat turun hujan lebat dan petir, doa turun hujan lebat petir, ydsf, doa petir

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: