Doa Memohon Rezeki yang Berkah dan Umur Panjang | YDSF

Doa Memohon Rezeki yang Berkah dan Umur Panjang | YDSF

1 Oktober 2022

Mayoritas manusia pasti menginginkan hidup dengan umur panjang, selalu sehat, rezeki yang lancar, keluarga yang harmonis, dimudahkan segala urusannya, dan kenikmatan dunia lainnya. Ada banyak sekali keinginan manusia yang ingin diwujudkan dalam setiap fase kehidupannya.

Namun, kita tahu bahwa tak selamanya setiap keinginan kita terwujud. Pasti ada suka duka, susah senang, serta mudah tidaknya kita menjalani hidup. Dalam Al-Qur’an, Allah Swt. berfirman,

وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

Wahai manusia, Kami akan menguji kalian dengan kesempitan dan kenikmatan, untuk menguji iman kalian. Dan hanya kepada Kamilah kalian akan kembali” (QS. Al-Anbiya: 35).

Sungguh, dalam kondisi apapun, tempat kembali hanyalah kepada Allah Swt. Allah menciptakan kesedihan agar manusia tidak menyombongkan diri, hingga kembali dan sujud kepada Allah Yang Maha Pengasih. Pun menciptakan kebahagiaan kepada manusia, agar ia senantiasa bersyukur kepadaNya.

Baca juga: Orang-Orang Yang Didoakan Malaikat

Rezeki Berkah dan Umur Panjang

Siapa orang yang tidak menginginkan hidup dengan umur panjang? Tentu, mayoritas orang menginginkannya. Sebab, anugerah umur panjang bisa dimanfaatkan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik lagi.

Dari ‘Abdullah bin Busr, ada seseorang bertanya kepada Rasulullah saw., siapakah manusia yang paling baik? Kemudian Rasulullah menjawab, “(Yang paling baik adalah) yang panjang umur dan baik pula amalnya.” (HR. Tirmidzi)

Berdasarkan hadits di atas, dapat disimpulkan bahwa jika kita menginginkan panjang umur maka harus diiringi dengan amal shalih. Jangan sampai diisi dengan hal yang sia-sia, berakhlak tercela, serta menjauh dari Allah Swt. Sibukkanlah diri untuk selalu beribadah kepada Allah, maka tak hanya pahala saja yang kita dapat, namun kenikmatan dunia pun akan mengiringi kita.

Salah satu kenikmatan dunia yang Allah berikan yakni mendapatkan rezeki yang berkah. Makna berkah atau barokah dalam Al-Qur’an dan hadits ialah kebaikan yang hakiki atau bertambahnya kebaikan. Dengan demikian, rezeki yang berkah berarti rezeki yang penuh kebaikan.

Sejatinya rezeki itu datangnya dari Allah, dan kebaikan pun datangnya dari Allah Swt. Dalam Al-Qur’an surah Asy-Syuraa ayat 27 Allah berfirman,

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

Dan jikalau Allah melapangkan rezki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.”

Allah akan memberikan rezeki sesuai dengan pilihanNya. Sebab, Allah lebih mengetahui mana yang terbaik untuk hamba-hambaNya. Tinggal kita sebagai manusia yang mempergunakan rezeki tersebut, apakah untuk hal yang bermanfaat atau untuk hal yang sia-sia. Semua itu akan dipertanggungjawabkan kelak di akhirat nanti.

Baca juga: 13 Adab dalam Berdoa | YDSF

Doa Memohon Rezeki yang Berkah dan Umur Panjang

Sudah seharusnya bagi kita sebagai umat muslim, untuk selalu beribadah kepada Allah Swt. Menjalankan apa yang diperintahkan Allah, dan menjauhi laranganNya. Salah satu ibadah yang tak boleh kita lewatkan yakni berdoa. Dengan berdoa, apapun harapan kita insyaAllah akan selalu dikabulkan Allah Swt. (QS. Ghafir: 60). Kalaupun dirasa tidak terkabul, Allah pasti akan memberikan yang terbaik untuk kita.

Berikut doa memohon rezeki yang berkah dan umur panjang,

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Allahumma aktsir mali wa waladi wa barik li fima a’thoitani wa athil hayati ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amali waghfirli

“Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau berikan padaku. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.” (HR. Bukhari)

 

Featured Images by unsplash

 

Sedekah Online:


 

Artikel Terkait:

DO'A YANG MULIA WAKTU
TERBAIK TERKABULNYA DOA | YDSF
Berdoa dengan Menyebut Nama Perantara (Tawassul) Orang yang Sudah Meninggal | YDSF
Doa Pagi Hari Ajaran Nabi Muhammad saw. | YDSF
Amalan dan Doa Ketika Turun Hujan | YDSF
BERDOA JUGA ADA ADABNYA
Melangitkan Doa untuk Menjemput Harapan | YDSF

Tags: Doa, doa memohon rezeki, rezeki berkah, doa umur panjang

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: