Doa Hujan Deras dan Lebat | YDSF

Doa Hujan Deras dan Lebat | YDSF

24 Januari 2024

Memanjatkan doa saat turun hujan deras dan lebat menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan bagi seorang Muslim. Meski terkesan sederhana, tetapi inilah cara terbaik kita untuk memohon perlindungan kepada Allah Swt. Agar, meskipun hujan turun dengan sangat deras hendaknya menjadi sebuah nikmat bukan musibah.

Hujan adalah berkah dari Allah Swt. Tanpa hujan tanah menjadi kering, tumbuhan tidak subur, sumber air langka, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, dalam Islam hujan dipandang sebagai tanda rahmat dan kebaikan dari Allah. Al-Qur’an menggambarkan kekuasaan Allah dalam mengatur siklus hujan, dan ini tercermin dalam surah Al-Mu’minun ayat 18, “Dan kami turunkan air dari langit dengan suatu ukuran, lalu kami jadikan air itu menetap di bumi, dan pasti kami berkuasa melenyapkannya.”

Kandungan surat ini menunjukan bahwa Allah menurunkan air hujan dari langit sesuai kadar kebutuhan makhluk, tidak terlalu banyak hingga merusak, dan tidak pula sedikit hingga tidak mencukupi. Dan Allah menjadikan air hujan itu menetap dibumi agar manusia dan seluruh hewan bisa memanfaatkannya.

Sebab air hujan adalah salah satu sumber air kehidupan untuk makhluk yang ada di bumi ini. Untuk itu Islam mengajarkan umatnya untuk membaca doa ketika hujan turun agar hujan menjadi manfaat dan tidak menjadi petaka bagi umat manusia.

Doa turun hujan yang paling populer dan sesuai dengan ajaran Rasulullah saw. yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari adalah,

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allâhumma shayyiban nâfi'an. (Artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat.").

Selain menjadi suatu nikmat, momen hujan juga menjadi salah satu waktu mustajabnya doa. Sebagaimana dalam hadits, dari Sahl bin Sa’d berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Dua doa yang tidak akan ditolak: [1] doa ketika adzan dan [2] doa ketika ketika turunnya hujan.” (HR. Imam Al Hakim dan Baihaqi).

Baca juga: Doa Turun Hujan Lebat dan Petir | YDSF

Doa Saat Turun Hujan Deras

Saat hujan turun dengan lebat Rasulullah saw. selalu berdoa kepada Allah untuk memohon perlindungan dan keselamatan. Sebab, Allah bisa menurunkan hujan sebagai rahmat bisa juga sebagai azab bagi manusia yang ada di muka bumi ini. Berikut bacaan doa ketika turun hujan lebat yang diajarkan oleh Rasulullah saw. dan diriwayatkan dalam hadits Imam Bukhari,

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma haawalaina wa laa Alaina, Allahumma alala akami wazh dhiraabi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitissyajari

“Ya Allah, turunkanlah hujan disekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gungung, bukit, perut Lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Dari Abdullah bin Az- Zubair mendengar petir disertai hujan lebat, dia menghentikan pembicaraan seraya berdoa,

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihi wal malaaikatu min khiifatih

“Maha suci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya.” Kemudian beliau mengatakan lagi,

إِنَّ هَذَا لَوَعِيْدٌ شَدِيْدٌ لِأَهْلِ الأَرْضِ

Inna hadza lawaidusyadisu liaahlil ardhi

“Inilah ancaman yang sangat keras untuk penduduk suatu negeri.” (Imam Bukhari, hadist shahih).

Bahkan dalam surah Ar-Ra’du ayat 13, Allah Swt. berfirman bahwa Dia mengirimkan halilintar kepada orang yang dikehendaki untuk mendapatkan adzab.

Dari sini kita belajar bahwa setiap fenomena alam yang terjadi, hendaklah kita selalu memohon perlindungan kepada Allah Swt. Memanjatkan doa agar hal tersebut menjadi nikmat dan mendatangkan banyak manfaat. (berbagi sumber).

 

 

Ikhtiar Solidaritas Kemanusiaan Palestina


 

Artikel Terkait:

Pesan Rasulullah Saw. Untuk Umat Muslim Jelang Akhir Zaman | YDSF
ZAKAT DAN PAJAK | YDSF
Mendahulukan Qadha Puasa, Lalu Puasa Syawal | YDSF
KEJAR BERKAH, RUTIN SEDEKAH | YDSF
Garage Sale, SD Al-Hikmah Tanamkan Rasa Empati dan Jiwa Wirausaha Kepada Siswa
PERBEDAAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF

 

Paket Hangat untuk Palestina



Tags: doa hujan lebat, doa hujan deras, doa hujan deras dan lebat, ydsf, doa hujan ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: