Doa Dimudahkan Segala Urusan | YDSF

Doa Dimudahkan Segala Urusan | YDSF

5 September 2022

Saat ingin dimudahkan segala urusan, kita tentu harus memohon doa kepada Allah Swt. Karena, hanya Allah-lah, Dzat yang Maha Agung dan dapat mengabulkan seluruh permintaan umat-Nya. Meski tentu, terkadang Allah tidak langsung, serta merta, memberikan sebuah kemudahan.

Sebagai seorang muslim, sudah menjadi hal yang wajar dan sangat dianjurkan untuk selalu melibatkan Allah dalam segala urusan yang sedang dihadapi. Ingat Allah bukan hanya saat sedang atau akan menghadapi urusan yang rumit saja. Namun, dalam keseharian, hal-hal sederhana pun juga tetap harus ingat dan libatkan Allah Swt.

Ingat Allah dalam Setiap Keadaan

Pernahkah Sahabat mengingat Allah meski dalam keadaan yang sedang senang atau baik-baik saja? Misal, saat sedang senang kemudian kita berdoa memohon keberkahan dan ramhat dari hal tersebut. Bila pernah, dan justru sering, mari kita ucap hamdalah. Dan, semoga tetap istiqamah seperti itu.

Momen paling mudah untuk mengingat Allah adalah memang saat sedang mengalami kesulitan. Atau, di saat kita sedang butuh suatu hal, entah itu jodoh, rezeki, atau lain-lainnya. Bila kita hanya mengingat Allah dalam kondisi demikian, mari kita ucap istighfar.

Allah Swt. berfirman, “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al-Baqarah: 152)

Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan Al-Hasan Al-Basri, Abul Aliyah, As-Saddi, dan Ar-Rabi’ ibnu Anas mengatakan bahwa Allah Swt. selalu mengingat orang yang ingat kepada-Nya, memberikan tambahan nikmat kepada orang yang bersyukur kepada-Nya, dan mengazab orang yang ingkar terhadap-Nya.

Menyambung hal tersebut, dalam surah Al-Munafiqun ayat 9, Allah Swt. berfirman, “Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allâh. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi.”

Cara untuk mengingat Allah dalam setiap keadaan pun dapat dilakukan melalui berbagai hal. Mulai dari rajin berdzikir, membaca Al-Qur’an, bershalawat, hingga rutin bersedekah.  

Baca juga:
Mengeraskan Bacaan Al-Qur’an Atau Mengaji Saat Orang Lain Shalat | YDSF
Bayar Zakat untuk Orang yang Meninggal | YDSF


Jangan sampai kita menjadi golongan orang-orang lalai yang hanya mengingat Allah Swt. di saat susah saja. Astaghfirullah.

Doa Mohon Dimudahkan Segala Urusan

Doa untuk memohon dimudahkan segala urusan ini berawal dari kisah Nabi Musa a.s. Saat itu, beliau hendak melakukan dakwah untuk Fir’aun. Kemudian, memohon kepada Allah Swt. agar dimudahkan keperluannya itu.

Fir’aun memang telah melampaui batas. Namun, sebagai wujud rahmat dan rasa sayang Allah untuknya, Dia tak langsung memberikan adzab. Allah Swt. mengutus Nabi Musa a.s. guna mendakwahinya. Agar Fir’aun kembali ke jalan yang benar.

Meski Nabi Musa mengetahui bahwa tidaklah mudah menjalankan tugas tersebut, dirinya tetap menerima amanah itu dengan sikap ikhlas dan lapang dada. Justru, Nabi Musa a.s memohon kepada Allah untuk dimudahkan dalam menjalankannya.

Doa memohon dimudahkan segala urusan adalah sebagai berikut:

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي

Artinya, “Musa berkata, ‘Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’ [Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thoha: 25-28)

Melalui kisah ini kita dapat memetik hikmah bahwa dari amanah yang berat pun, tetap harus menerimanya dengan ikhlas dan terus libatkan Allah Swt. Untuk hasil, biarlah Allah Swt. yang menentukan. Jangan lupa pula untuk menjaga niat dan keteguhan hati dalam menjalankannya.

 

Disadur dari Majalah Al Falah Edisi Mei 2021 (Doa)

 

Sedekah Menolak Musibah:


Artikel Terkait:

Allah Lebih Melihat Keikhlasan | YDSF
ZAKAT DARI UANG PESANGON PENSIUN | YDSF
Berbakti Kepada Orang Tua yang Meninggal | YDSF
PERHITUNGAN ZAKAT RUMAH KONTRAKAN | YDSF
Larangan LGBT dalam Islam dan Kisah Kaum Luth | YDSF
PERBEDAAN ZAKAT, SEDEKAH, DAN WAKAF | YDSF
MENUMBUHKAN KEBIASAAN BERBAGI MENJADI SEBUAH KEBUTUHAN HIDUP | YDSF

 

Renovasi Masjid Al Falah:


Kajian YDSF | Tafsir & Hadits bersama Prof. Roem Rowi:


Tags: doa dimudahkan segala urusan, ydsf, doa ydsf

Share:


Baca Juga

Berinfaq/Bersedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: