Doa Agar Segala Amal Diterima Allah Swt. | YDSF

Doa Agar Segala Amal Diterima Allah Swt. | YDSF

3 Juli 2023

Agar setiap amalan yang telah kita lakukan, hendaknya juga diiringi dengan permohonan doa kepada Allah Swt. Selain berniat dengan sungguh-sungguh, melakukan usaha terbaik dalam setiap amalan, tentunya hal yang tidak boleh kita lupakan adalah bahwa tetap ada campur tangan Allah Swt. dalam setiap detik di kehidupan kita.

Setiap amalan, tindakan, hendaknya diawali dengan niat. Karena sebagaimana dalam hadits Rasulullah saw. bersabda, “Innamal a'malu binniyat”, yang artinya, “Sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung pada niatnya.”

Terlebih, Allah Swt. telah menyiapkan ganjaran terbaik bagi setiap hamba-Nya yang meniatkan kebaikan hingga berhasil melakukannya. Begitu pula, bagi mereka yang meniatkan keburukan, lalu mengurungkan tindakannya juga akan mendapatkan catatan pahala kebaikan.

Sebagaimana hadits dari Ibnu Abbas, Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah menulis kebaikan-kebaikan dan keburukan-keburukan kemudian menjelaskannya. Barangsiapa yang berniat melakukan kebaikan lalu tidak mengerjakannya, maka Allah menulis itu di sisi-Nya sebagai satu kebaikan yang sempurna, dan jika dia berniat mengerjakan kebaikan lalu mengerjakannya, maka Allah menulis itu di sisi-Nya sebagai sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus lipat hingga perlipatan yang banyak. Jika dia berniat melakukan keburukan lalu tidak jadi mengerjakannya, maka Allah menulis itu di sisi-Nya sebagai satu kebaikan yang sempurna, dan jika dia berniat melakukan keburukan lalu mengerjakannya, maka Allah menulis itu sebagai satu keburukan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu, tentu juga ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan agar sebuah amalan diterima oleh Allah Swt.

Syarat Diterimanya Amalan

Setelah menyiapkan diri dan hati dengan niat terbaik, hendaknya dalam mengeksekusi amalan perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu:

1. Menata hati untuk ikhlas

Ikhlas yang dimaksudkan, setiap amalan itu dilakukan dengan Lillahi Ta’ala. Bukan karena tujuan untuk memperoleh pujian dari makhluk lain, mengejar duniawi semata, atau bahkan memamerkan amalan tersebut. Naudzubillahimindzalik.

Sejatinya, Rasulullah saw. telah mengingatkan umat Muslim dalam hadits berikut, “Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niat. Dan setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Barangsiapa yang berhijrah karena  Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah pada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa yang hijrah karena dunia yang ia cari-cari atau karena wanita yang ingin ia nikahi, maka hijrahnya berarti pada apa yang ia tuju (yaitu dunia dan wanita, pen).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Percayalah, bahwa setiap hal yang kita upayakan dengan sebaik mungkin dan Lillahi Ta’ala akan memberikan hasil terbaik.

Baca juga: BERDOA JUGA ADA ADABNYA

2. Sesuai syariat dan sunah

Jangan hanya berpedoman “yang penting berbuat baik”, tetapi justru sebenarnya ada penyimpangan yang sedang dilakukan di dalamnya. Berpegang teguh pada Al-Qur’an dan hadits menjadi kunci penting dalam memulai setiap amalan. Selain itu, hindari pula hal-hal yang berujung pada menduakan Allah Swt.

Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa membuat suatu perkara baru dalam agama kami ini yang tidak ada asalnya, maka perkara tersebut tertolak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Doa Agar Amal Diterima Allah

Ketika sudah mengetahui apa saja hal-hal yang membuat sebuah amalan diterima, tentu ada baiknya kita mengiringinya dengan doa. Berharap agar apa yang telah kita lakukan dapat diterima oleh Allah Swt. Sehingga membuahkan ganjaran terbaik yang dapat dirasakan di dunia maupun akhirat kelak.

Nabi Ibrahim a.s. mencontohkan salah satu doa yang dapat dipanjatkan agar amal diterima oleh Allah Swt. sebagai berikut, “Rabbana taqabbal minna, innaka antassami’ul ‘alim.” Doa yang diabadikan dalam surah Al-Baqarah ayat 127 ini memiliki arti, “Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Doa tersebut diucapkan oleh Nabi Ibrahim saat membangun Ka’bah atas perintah Allah Swt. Pun, dibantu oleh para malaikat. Bahkan pemilihan tempatnya juga melalui perantara malaikat.

Berkaca dari apa yang telah diamalkan Nabi Ibrahim a.s. hingga diabadikan dalam Al-Qur’an, sebagai umat muslim juga bisa mencontohnya dengan mengamalkan dalam kehidupan. Semoga, berbekal dengan niat dan usaha terbaik diiringi doa, amalan kita selalu diterima Allah Swt. (berbagai sumber)

 

 

Sedekah Mudah di YDSF

 

 

Artikel Terkait:

CARA MENGHITUNG ZAKAT PENGHASILAN | YDSF
Batasan Air untuk Wudhu | YDSF
KONSULTASI ZAKAT DARI TABUNGAN GAJI DI BANK | YDSF
Menikah Tapi Tidak Cinta Suami | YDSF
MENGELUARKAN SEDEKAH DARI BUNGA BANK | YDSF
Tips Awal Memilih Pasangan Untuk Menumbuhkan Generasi Shalih | YDSF
APA ITU WAKAF? PENGERTIAN, DALIL, DAN HUKUM WAKAF | YDSF

 

 

Riyadhus Shalihin Bab Taubat (BAGIAN 3) | Ustadz Isa Saleh Kuddeh



Tags: doa agar amal diterima Allah, doa agar amal diterima Allah Al BAqarah 127, doa Al Baqarah 127, Al Baqarah 127, ydsf

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: