Doa Agar Diberikan Hikmah & Masuk Golongan Shalih | YDSF

Doa Agar Diberikan Hikmah & Masuk Golongan Shalih | YDSF

6 Januari 2023

Mendapatkan hikmah dari Allah Swt., merupakan salah satu nikmat penting dalam hidup ini. Namun, untuk mendapatkannya, bukan hanya sekadar merubah diri menjadi lebih baik. Tetapi, penting juga untuk mengiringinya dengan doa. Karena doa yang dipanjatkan dengan bersungguh-sungguh, akan membuat Allah Swt. mengabulkannya.

Sebelum membahas tentang bagaimana doa untuk memohon diberikan hikmah dan masuk ke dalam golongan orang shalih, maka sebaiknya perlu kita kupas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ‘diberi hikmah Allah Swt’.

Makna Hikmah dalam Kehidupan Manusia

Bila merujuk pada bahasa Arab, kata hikmah memiliki beberapa arti. Ibn Manzhur menyebutkan hikmah itu al-qadha, yang memiliki arti memutuskan. Dalam al-Mu’jam al-Wasith, hikmah merupakan serapan dari kata hakama yang berarti melarang atau menghalangi. Lalu, hikmah juga diartikan dengan adil dalam memutuskan sesuatu. Dalam Mu’jam Taj al-Arus, hikmah adalah mengetahui hakikat segala sesuatu apa adanya serta mengamalkan yang terkandung di dalamnya.

Di dalam Al-Qur’an, kata hikmah dengan berbagai bentuk turunannya ditemukan sebanyak 208 kali. Namun, kata hikmah sendiri disebutkan sebanyak 20 kali dalam 19 ayat di 12 surat yang berbeda. Selain itu, kata hikmah juga disandingkan dengan kata-kata lain atau bahkan juga disebukan dengan ungkaman hukm atau al-hukm dalam Al-Qur’an. Ini membuat arti dari kata hikmah menjadi semakin luas.

Pendapat ulama tentang dalam mengartikan kata hikmah:

Pertama, dari para ulama tasawuf. Mereka mengartikan bahwa hikmah sebagai pengetahuan yang hakiki atau hakekat pengetahuan, serta kandungan manfaat yang ada dari sesuatu yang tampak terlihat oleh mata. Pendapat ini menjadi pendukung dari penggunaan hikmah dalam bahasa Inggris, yang disebut dengan wisdom (yang juga memiliki arti kebijaksanaa). Bila diartikan lebih dalam, maka hikmah adalah dampak yang didapatkan dari suatu peristiwa yang bermanfaat bagi orang yang mengalaminya.

Kedua, dari para ulama fikih. Menurut mereka, hikmah merupakan manfaat suatu perbuatan dan rahasia-rahasia hukum perbuatan. Seperti hikmah shalat, hikmah puasa, hikmah zakat, dan sebagainya. Selain itu juga disebutkan bahwa hikmah sebagai illah (alasan) yang diterapkan oleh akan yang sesuai dengan hukum.

Ada pula ulama (As-Saddi) yang mengartikan hikmah dengan bentuk kenabian. Hal ini berasal dari tafsir surah Shad ayat 20,

وَشَدَدْنَا مُلْكَهُ وَآتَيْنَاهُ الْحِكْمَةَ وَفَصْلَ الْخِطَابِ

“Dan Kami kuatkan kerajaannya dan Kami berikan kepadanya hikmah dan kebijaksanaan dalam menyelesaikan perselisihan.”

Baca juga: Doa Pagi Hari Ajaran Nabi Muhammad saw. | YDSF

Ayat itu juga memiliki tafsir lain dari Mujahid. Hikmah yang dimaksud ialah pemahaman, akal, dan kepandaian. Di lain kesempatan ia mengatakan kebijaksanaan dan keadilan, dan di lain kesempatan lagi Mujahid mengatakan akal sehat.

Bila dalam bahasa Indonesia, hikmah yang disebutkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) juga memiliki beberapa arti. Yaitu, kebijaksanaan (dari Allah Swt.); sakti; kesaktian; arti atau makna yang dalam; makna yang terkandung di balik suatu peristiwa; dan manfaat.

Bila kita mencari lebih lanjut tentang makna hikmah dalam Al-Qur’an maka akan semakin banyak sumber tafsir yang menjabarkan secara detil bahkan maksud per kata hikmah yang disematkan dalam firman-firman Allah Swt. Namun, dari banyak hal tersebut tentu kita tetap akan bisa menarik kesimpulan tentang maksud dari ‘diberi hikmah’.

Setidaknya, penulis meyimpulkan bahwa makna hikmah dalam kehidupan manusia merupakan sesuatu yang bisa dipetik atau diambil manfaatnya dari sebuah ilmu atau peristiwa (baik yang dialami sendiri maupun orang lain). Sehingga, saat kita dapat mengambil hikmah dengan baik, maka dalam tindakan atau pengambilan keputusan dapat menjadi lebih bijaksana.

Doa Memohon Hikmah & Menjadi Golongan Orang Shalih

Untuk menjadi seseorang yang mampu memetik dan mendapatkan hikmah terbaik, hendaknya juga diiringi dengan memanjatkan doa kepada Sang Khalik. Doa memohon hikmah dan menjadi gholongan orang shalih terdapat dalam surah Asy Syu’ara ayat 83,

رَبِّ ہَبۡ لِیۡ حُکۡمًا وَّ اَلۡحِقۡنِیۡ بِالصّٰلِحِیۡنَ

“Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang shalih,”

Doa ini merupakan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim a.s. Para ulama menafsirkan bahwa hikmah dalam ayat tersebut berupa ilmu agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Untuk perihal dimasukkan ke dalam golongan orang-orang shalih, maksudnya adalah maksud ke golongan orang-orang yang mengikuti ajaran para nabi dan selalu bertawakkal kepada Allah Swt.

Semoga kita dapat menjadi bagian dari hal baik tersebut. Aamiin.

 

Zakat di YDSF


 

Artikel Terkait:

Waktu Membayar Zakat Maal | YDSF
MENGINGATKAN TEMAN PENYUKA SESAMA JENIS | YDSF
Hutang, Bisakah Menjadi Faktor Pengurang Zakat? | YDSF
SIAPA YANG HARUS MEMBAYAR FIDYAH ISTRI? | YDSF
Beda Zakat Penghasilan dan Zakat Maal | YDSF
4 PERKARA YANG MERUSAK IMAN | YDSF
Wakaf Terbaik untuk Orang Tua Tercinta | YDSF

 

2,5% Zakat Penghasilan



Tags: doa memohon hikmah, doa diberikan hikmah, doa menjadi golongan orang shalih

Share:


Baca Juga

Berbagi kebaikan lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: