UPDATE NEWS

...

Tuesday, 26 February 2019 02:00

Definisi Rezeki Berkah dalam Islam | YDSF

“Ulama mendefinisikan keberkahan itu dengan bertambahnya kebaikan”

Pertanyaan:

Assalamualaikum. Ustadz,  apa  makna  detail  mengenai rezeki  yang  berkah?  Bagaimana  agar  rezeki yang  kita  dapatkan  termasuk  rezeki  yang berkah? Bagaimana jika kita pernah hidup dari uang  yang berasal dari perkara haram (pesugihan atau  judi)? Dan bagaimana agar mendapatkan ampunan dan berkah dari Allah?

Jawaban:

Menurut Dr. H. Zainuddin MZ, Lc. MA.(*), mestinya  lebih  dari  itu.  Dalam konsep  keberkahan  makanan,  Rasulullah  Saw menggambarkan dengan pembagian jatah makan dua orang yang dinikmati  tiga  orang.

Lalu sahabat bertanya, “Siapa yang  ketiga wahai Rasulullah?”

“Ajaklah penghuni sufah (kumpulan orang-orang  miskin  di  zaman  Nabi Saw)  untuk makan bersamamu,” jawab Rasulullah Saw.

Dari cuplikan hadits di atas dapat disimpulkan bahwa sunnah jika jatah makan dua orang cukup  dimakan tiga orang, ketika masih ada sisanya untuk dibungkus dan diberikan pada pihak ketiga. Bungkusan itu artinya berkah. Yuk diberkat,  maksudnya  yuk  sisanya  dibungkus untuk diberikan kepada pihak lain.

Ajaran Rasulullah Saw inilah yang mencerminkan ridha Allah Swt hingga dapat mengantarkan  dirinya  ke  dalam surga. Selain itu, mengukur  keberkahan  yang dikaruniakan Allah Swt kepada kita adalah jawaban apakah  karunia  ini  bisa  sampai  pada  ridha Allah  dan apakah bisa  memasukkan  ke  dalam  surga?

Sedangkan untuk penghasilan yang berasal dari  kerja haram, seperti pesugihan dan  judi, maka sudah  dipastikan  karunia  Allah Swt itu  tidak akan  mendatangkan  keberkahan. Jika hal itu sudah terjadi segeralah mengadakan pertobatan. Semoga  pertobatan itu diterima Allah Swt.

Harta yang berlalu, biarkanlah berlalu. Seperti yang  terjadi  pada  awal  dakwah  Nabi Saw,  umat Islam masih menjalani transaksi ribawi. Setelah turun pengharamannya,  barulah  mereka bertobat dan menjauhkan diri dari mu’amalah itu.

Sungguh Allah Maha Pengampun dan Maha Menerima tobat hamba-Nya.

 semangat-menjemput-rezeki

*Pengasuh rubrik konsultasi Agama di Majalah Al-Falah YDSF

**Kirimkan Pertanyaan Anda dengan format, ketik:

Jenis Konsultasi#Nama#Umur#Jenis Kelamin#Email#No HP#Pertanyaan.

Kirim ke: email (majalahalfalah@gmail.com), SMS/WA (08161 5445 556)

 

Sumber: Majalah Al-Falah

Editor: Ayu SM

 

Baca : Rezeki yang Allah Berkahi

Kepada Para Pencari Nafkah

Berbagi Itu Nikmat

Share: