Dampak Makanan Haram bagi Muslim | YDSF

Dampak Makanan Haram bagi Muslim | YDSF

21 Januari 2022

Setiap yang kita konsumsi pasti memberikan dampak baik pada kesehatan mental dan fisik. Begitu pula alasan mengapa Allah melarang kita konsumsi makanan haram sebagai seorang muslim.

Sebagaimana Allah Swt. berfirman, “Wahai para rasul! Makanlah dari (makanan) yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan. Sungguh, Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al-Mu'minun: 51)

Dalam ayat ini Allah menyeru ‘Wahai para rasul’, artinya perintah ini memiliki derajat lebih tinggi daripada ayat yang diawali dengan seruan ‘Wahai orang yang beriman’ atau ‘Wahai manusia’.

Allah memerintahkan untuk memakan makanan yang baik disandingkan dengan perintah mengerjakan kebajikan. Apa korelasinya makanan dan amal kebajikan? Disinilah pentingnya kita mentadabburi Al-Qur’an, mengambil pelajaran dari setiap ayat dalam Al-Quran. Karena sesungguhnya tidak akan pernah mampu seseorang melakukan amal kebaikan kecuali ia memastikan bahwa setiap makanan yang masuk ke dalam perutnya berasal dari makanan yang halal.

Daging yang tumbuh dari sesuatu yang halal maka ia akan mudah menyambut panggilan Allah dan rasul-Nya. Sebaliknya, daging yang tumbuh dari sesuatu yang haram maka akan sulit menyambut panggilan Allah dan rasul-Nya. Bisa jadi inilah salah satu penyebab sulitnya kita melakukan ketaatan.

Baca juga: Makna Di Balik Halal Haram | YDSF

Ketika seseorang ingin memperbaiki amal ibadahnya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah makanannya. Kehati-hatian dalam memilih makanan ini telah dipraktikkan oleh orang-orang saleh terdahulu.

Kisah Abu Bakar dan Makanan Haram

Suatu hari Abu Bakar disuguhi makanan oleh pelayannya. Makanan itu langsung ia makan tanpa bertanya asal muasal makanan tersebut. Padahal salah satu kebiasaan  Abu Bakar sebelum menyantap makanan yang dihidangkan pelayannya, ia selalu bertanya: “Bagaimana engkau dapatkan makanan ini? Dari siapakah engkau mendapatkannya?”

Kemudian pelannya ini bertanya, “Wahai Abu Bakar, bukankah engkau biasanya selalu menanyakan kepadaku asal-usul makanan itu sebelum memakannya?” Abu Bakar sadar. Ia melewatkan sesuatu yang selama ini telah menjadi kebiasaannya. “Maafkan aku. Tadi aku sangat lapar, jadi aku tak sempat bertanya. Sekarang ceritakanlah kepadaku dari mana asal-usul makanan ini?” pinta Abu Bakar.

Pelayannya pun menceritakan. “Wahai Abu Bakar. Sebelum masuk Islam, aku adalah seorang dukun (tukang sihir). Hari ini aku bertemu orang yang dulu pernah aku beri mantra, kemudian ia memberikan aku makanan ini,katanya.

Betapa kagetnya Abu Bakar mendengar cerita pelayannya itu. Menyadari ada makanan dari hasil kesyirikan yang masuk ke tubuhnya, Abu Bakar langsung memasukkan jarinya ke dalam mulutnya. Ia mencoba memuntahkan kembali apa yang baru disantapnya.

Baca juga: INI PENJELASAN HUKUM MAKAN KEPITING, HALALKAH? | YDSF

Saking kerasnya usaha Abu Bakar untuk mengeluarkan makanan itu, perawi hadits ini menggambarkan seakan-akan ruhnya juga akan keluar (mati) karena usahanya memuntahkan.

“Mengapa engkau memuntahkan kembali makanan itu, wahai Abu Bakar? Bukankah apa yang telah (tidak sengaja) termakan (sekali pun haram) itu telah dimaafkan Allah SWT?” tanya si pelayan.

“Memang benar. Tapi, aku takut karena Rasulullah SAW bersabda, “Setiap daging yang tumbuh dari yang haram, maka tempatnya (daging itu) adalah di neraka.” (HR Muslim).

Seperti itulah kehati-hatian umat terdahulu terhadap makanan haram. Karena mereka tahu dampak buruk dari makanan haram akan mempengaruhi ibadah dan kedekatan dengan Allah SWT.

Wanita salih terdahulu selalu berpesan kepada suaminya ketika hendak berangkat bekerja, “Wahai suamiku, kami sabar kalau kami lapar, tetapi kami tidak sabar kalau kami masuk neraka karena makanan yang haram”.

Saat ini mari kita perhatikan makanan kita. Pastikan apa yang kita makan sesuatu yang halal dan didapat dari harta yang halal.

 

Sumber: Majalah Al Falah Edisi Januari 2022


Sedekah Mudah Klik:


Artikel Terkait:
Hukum Gadai Barang dalam Islam | YDSF TERTULIS NO PORK BUKAN JAMINAN HALAL | YDSF
Perbedaan Alkohol dan Khamr | YDSF

Tags: Dampak makanan haram

Share:


Baca Juga

Berbagi Infaq & Sedekah lebih mudah dengan SCAN QRIS Menggunakan Aplikasi berikut: