UPDATE NEWS

...

Wednesday, 20 February 2019 08:00

Contoh Sedekah Jariyah di YDSF

Sedekah jariyah merupakan salah satu dari tiga jenis amalan yang pahalanya akan terus mengalir hingga orang yang bersedekah meninggal, dikarenakan pahala dari sedekah jariyah akan terus mengalir kepadanya selama orang yang hidup mengikuti atau memanfaatkannya di dunia.

Rasulullah Saw bersabda: 

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu) sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh”. (HR. Muslim no. 1631)

Hadits di atas dapat dijadikan sebuah landasan hidup untuk terus melakukan kebaikan hingga ajal menjemput. Berikut contoh sedekah jariyah yang diteladankan Nabi Muhammad Saw.

Sedekah Jariyah Membangun Prasarana Umum

Banyak hal yang dapat kita lakukan agar sedekah kita menjadi sedekah jariyah. Salah satunya dengan membangun prasarana umum, seperti: masjid, sekolah, jembatan, sumur dan tempat bermanfaat lainnya.

contoh-sedekah-jariyah-di-ydsf-bantuan-keramik

Sedekah Jariyah dengan membagikan Ilmu

Sedekah tidak harus dengan menggunakan materi atau uang. Kita bisa bersedekah dengan ilmu yang kita punya. Artinya, setelah kita diberi ilmu oleh Allah Swt, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk mengajarkan dan mengamalkannya.

Ilmu yang bermanfaat itulah yang membuat kita mendapatkan aliran pahala kebaikan ketika kita sudah meninggal dunia kelak.

Mendidik Anak untuk Hobi Melakukan Amal Kebaikan

Salah satu anugerah yang diberikan Allah Swt dalam sebuah pernikahan adalah lahirnya seorang anak. Orangtua berharap agar anak selalu mendoakannya baik saat masih hidup ataupun telah meninggal.

Tidak semua anak paham akan kewajiban kepada orangtua. Oleh karena itu, di sinilah peran orangtua sangat dibutuhkan untuk mendidik serta menanamkan akhlak dan perilaku terpuji sejak dini seperti, sopan santun, membantu orangtua, dan mendoakannya agar selalu mendapat kebaikan.

Nah, selain pembahasan di atas, sebenarnya juga masih banyak bentuk sedekah jariyah yang bisa diamalkan. Anda bisa melakukan sedekah jariyah dengan membantu kehidupan anak yatim, membangun sarana pendidikan dan membantu mendidik anak – anak yang kurang mampu dalam berjuang mencari ilmu, dan lainya.

Banyak komunitas, organisasi sosial atau lembaga-lembaga amil zakat yang dapat membantu Anda dalam mendapatkan informasi mengenai anak yatim piatu, fakir miskin, dan dhuafa. Sehingga Anda akan lebih mudah dan efesien dalam menyalurkan sedekah.

Salah satu lembaga sosial yang bergerak dalam bidang ini adalah lembaga amil zakat nasional Yayasan Dana Sosial al- Falah (YDSF). YDSF akan menerima sedekah jariyah Anda dan menyalurkannya ke beberapa mustahik yang membutuhkan, seperti membangun masjid yang layak untuk beribadah, membenahi prasarana sekolah, dan membantu siswa/siswi/mahasiswa untuk mendapat pendidikan yang baik, dan masih banyak lagi program YDSF lainnya.

Penulis : Arin Zaftikan
Editor : missayu

 

Baca: HIDUP ITU SEDEKAH | YDSF

BEASISWA YATIM YDSF SEMARAKKAN TAHUN BARU HIJRAH DI BAWEAN

YDSF SALURKAN BEASISWA YATIM SENILAI 300 JUTA

YUK BERSEDEKAH !!!

 

Share: